Aek Sijornih, Wisata Pemandian Air Terjun di Tapanuli Selatan

foto aek sijornih - wisata air terjun di Tapanuli Selatan

Pada artikel wisata kali ini kita akan share tentang wisata andalan di Tapsel yang cukup di gemari oleh para traveller millenial baikd ari kota Medan maupun dari kota-kota lainnya…yaitu wisata pemandian air terjun Aek sijornih.

Lokasi Wisata Aek Sijornih

Pemandian air terjun ini berada di Jl. Trans Sumatera Bukittinggi – Padangsidimpuan, Tepatnya di Aek Libung, Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Cara tempuh nya yaitu dengan naik sepeda motor, kira-kira dari rumah saya di Sadabuan, Padangsidimpuan menempuh jarak selama 53 Menit / 35KM.

ini foto pemandian air terjun terindah di tapanuli selatan
ini foto pemandian air terjun terindah di tapanuli selatan

Biaya Tiket Masuk

  • Harga tiket masuknya Rp. 10.000/orang
  • Biaya parkiran Rp. 3.000/motor
  • Harga saung / sopo – sopo sebesar Rp. 20.000/saung tergantung ukuran saungnya juga, tapi rata-rata harga nya Rp. 20.000

Fasilitas Wisata Aek Sijornih

Agar rekan-rekan traveller semakin semangat berkunjung ke wisata terbaik di Tapanuli selatan ini, perlu saya sampaikan sedikit pesona yang perlu kamu ketahui di wisata Aek Sijornih, yaitu:

Air Terjun Eksotis dikelilingi pohon kelapa

Jatuhan airnya tak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter. Masalah keindahan tak perlu ditanyakan lagi.

air terjun di kelilingi pohon kelapa
air terjun di kelilingi pohon kelapa

Air Terjun yang bertingkat-tingkat

Tingkatan air terjun yang mungil serta batuan seperti bukit kecil ditempat ini akan membuat mata dan pikiran terpesona, bahkan ingin berlama-lama disini.

Angin di Aek Sijornih berhembus sepoi-sepoi, karena sekelilingnya dipenuhi dengan pohon kelapa yang menjulang.

foto aek sijornih - wisata air terjun di Tapanuli Selatan
foto aek sijornih – wisata air terjun di Tapanuli Selatan

Dua jeram yang berbeda arah

Objek wisata Aek Sijornih ini juga memiliki dua jeram yang berbeda arah. Sisi kiri dibiarkan jatuh untuk mengaliri parit-parit kecil.

Sedangkan bagian kanan dijadikan taman bermain dengan fasilitas kolam ukuran cukup besar dan bisa berenang dengan santai.

air terjun yang sangat jernih dan bertingkat
air terjun yang sangat jernih dan bertingkat

Dua kolam dewasa dan anak-anak

Aek Sijornih juga memiliki dua kolam, untuk orang dewasa dan anak-anak. Kolam dewasa memiliki kedalaman sekitar 2 meter sehingga dapat berenang sepuasnya, atau bahkan menaiki tingkatan-tingkatan air terjun. Sedangkan kolam anak-anak hanya sedalam 1 meter.

Parit kecil yang berkelok-kelok

Banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan disini. Selain berenang, kita juga bisa menjajal perosotan di parit kecil yang berkelok. Setelah seru-seruan, isi perutmu dengan berkunjung ke kedai-kedai di pinggir kolam.

Musholla

Disini juga terdapat mushola, keadaan mushola nya juga lumayan bersih, airnya untuk membasuh muka membuat pikiran tenang tidak diragukan lagi, karena air disini sangat jernih sama seperti namanya Aek Sijornih artinya Air yang jernih, dan airnya mengalir sepanjang waktu.

Warung Makan

Warung makan atau kedai-kedai disini juga banyak yang muslim, jadi kita tidak perlu khawatir jika ingin makan disini.

Kamu perlu coba liburan Kesini

Untuk wisata ini menurut saya sudah cukup baik, karena juga sudah banyak fasilitas yang diperbaiki, hanya saja jalan untuk naik ke air terjun paling atas sedikit sulit , dan yang paling tidak disukai disini masih saja ada pungli. Sebaiknya hal-hal seperti ini dihindari. Selain dari itu semuanya sudah cukup baik menurut saya.

Selamat berlibur ke wisata andalan di Tapanuli Selatan, Aek Sijornih, story by Putri R.S.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.