Air Terjun Bah Biak, Liburan bersama keluarga

tempat wisata air terjun bah biak
berfoto didepan air terjun bah biak

Disetiap Hari Lebaran ke tiga ataupun keempat kami sekeluarga dan saudara yang lainnya selalu menyempatkan diri untuk berlibur ke tampat wisata untuk menikmati pemandangan alam sekaligus mengajak kakek nenek buat liburan. Dan di lebaran tahun semalam kami berlibur ke Air Terjun Bah Biak Simalungun Sumatera Utara.

Lokasi Air Terjun Bah Biak
Sidamanik, Simalungun Regency, North Sumatra 21171

Berangkat dari Tebing Tinggi

Kami berangkat dari Kota Tebing Tinggi sekitar jam 7 pagi dengan mengendarai mobil pribadi dan sebagian lagi membawa sepeda motor sebagai penunjuk jalan maklum kami engga orang sana. Jalan nya sama kalo kita mau ke kebun teh sidamanik tapi ini terus lagi dan nanti ada persimpangan belok kiri.

Kami tidak langsumg ke Air Terjun itu tapi kami singgah lagi kerumah mertuanya istri om. Capek juga soalnya 3 jam lebih diperjalanan jadi kami istirahat disitu sejenak.

Dan kami sampai disitu sekitar jam 11 lewat hampir ke jam 12 siang. Dan udara disitu bener-bener enak banget ya Allah.

Sejuk,meskipun cuacanya saat itu bisa dibilang terik tapi udaranya itu tetap sejuk dan dingin.

Sekitar 1 jam lebih disitu. Kami melanjutkan lagi perjalanan ke tujuan awal kami. Jalannya lika liku jadi mobil harus pelan pelan gabisa ngebut tapi kalo naik sepeda motor bisa bahkan lebih enak kalo kesini itu naik sepada motor.

Jalannya naik turun, belok, tapi disepanjang jalan kita disuguhi pemandangan kebun teh sidamanik jadi gakan bosen walaupun jalannya kayak gitu.

Setelah kurang lebih setengah jam perjalanan akhirnya kami nyampe ke Air Terjun Bah Biak. Eits tapi butuh perjalanan lagi buat masuknya.

Mobil ataupun sepeda motor gabisa masuk,jadi buat menuju ke Air Terjun itu sendiri kita mesti berjalan kaki lagi yang lumayan jauh.

Dan biaya buat parkir mobil ataupun sepeda motor sebesar Rp.10.000.

Oke disini dimulai perjalanan buat menuju ke Air Terjun Bah Biak ini. Dan butuh perjuangan banget buat sampai ke air terjun itu. Jalannya itu Luar biasa ekstrim.

Perjalanan ke Lokasi Cukup menguras tenaga

Dan buat kalian yg mau kemari harus hati hati karena jalannya lumayan curam dan memang ada tangganya, tapi jarak antara tangga yang satu dengan yang satunya lagi itu lumayan jauh dan ada sebagian uda ditutupi lumut ataupun mulai hancur jadi harus ekstra hati hati.

Apalagi kami bawa kakek sama nenek jadi harus bener-bener ekstra hati hati dan pelan pelan. Tau sendirikan orang tua uda gasekuat dulu dan engga bisa dipaksain terus buat jalan jadi harus dibarengin dengan istirahat.

Jalannya itu seperti kita lagi ngecamp kegunung gitu luar biasa banget.

Setelah kita melewati tangga yang disitu udah nguras energi . Setelah itu kita ngelewati sungai kecil yang titinya itu terbuat dari bambu dan airnya itu ya Allah luar biasa jernih pengen rasanya uda disitu aja engga usah jauh jauh kesana lagi.

Dan memulai perjalanan lagi sekitar 50 m kurang lebih. Dan setelah kita akan dimintai uang masuk.

Uang masuk itu sendiri Rp. 5000/kepala dan kami totalnya ada 18 kepala.

Dan dari tempat pembayaran kita mesti jalan lagi tapi itu sudah dekat dengan air terjun.

Keindahan Air Terjun Bah Biak Mengalahkan Lelahnya Perjalanan

Dan tadaaaaaaa nyampe, alhamdulillah. Ya Allah kebayar mah capeknya ini. Bener-bener tempatnya itu masih asri banget masih kejaga keindahan alamnya. Walaupun enggga mandi tapi udara sejuknya dari air terjun itu sendiri bisa kita rasain.

Dan air terjunnya itu ada 2, yang bawah dan yg diatas. Kalo mau ke air terjun yg diatas kita mesti menaiki 100 anak tangga. Dan kami memilih yang dibawah karena kasian kakek sama nenek kalo mesti naikin 100 tangga itu lagi.
Dan semua bepencar menikmati keindahan air terjun ini.

Ada yg berenang…

Karena bukan hanya disuguhi air terjun aja tapi kita juga disuguhi kolam buat berenang juga tapi engga terlalu dalam karna buat anak anak. Kalo saya sendiri menikmati dengan masukin kaki di pinggir air terjun itu dan ya alah segernya, segala beban pikiran hilang seketika, gaya amat ya Allah hehe. Dan pastinya ga lupa foto dong.

Dan kami ketemu dong sama tetangga kami yang di Rantau Prapat, sesempit itu dunia ini bisa ketemu mereka disini. Dan di jam 4 kami beres beres dan siap siap buat pulang. Dan tadaa yang buat malas gerak itu karena kita meski ngelewati jalan yang tadi.

Dikuras lagi tenaga disini. Dan yang mau kurus bisa coba kesini karena bener-bener seperti olahraga. Dan dipertengahan jalan kami berhenti istirahat. Dan tetap banyak pengunjung yang baru datang padahal uda jam segitu tapi tetap banyak aja yang berdatangan.

tempat wisata air terjun bah biak

Kami nerusin jalan lagi dan akhirnya nyampe di pintu masuk, dan disini istirahat lagi, mamak beli manisan jambu yang gedek gedek itu gatau jambu apa dan rasanya seger banget dan saya sendiri uda habis 3 bungkus hehe, gatau itu doyan apa rakus.

Nah jadi buat kalian yang orang Sumatera Utara wajib banget liburan ke Air Terjun Bah Biak Simalungun ini.

Destinasi wisata yang murah meriah dan kita disuguhi pemandangan yang indah,asri ,sejuk dan keindahan alamnya masih terjaga sangat baik.

Dan setelah itu kami siap siap buat pulang melewati jalan yang sama. Tapi dipertengahan jalan ini kami berhenti. Mau tau engga kenapa berhenti? Kami berhenti hanya untuk foto.

Ibu saya itu orangnya eksis jadi setiap spot foto yg cantik pasti berhenti buat foto. Jadi kami berhenti foto sejenak setelah itu melanjutkan perjalanan kembali.

Dan kami singgah kemblagi dirumah yang tadi untuk istirahat sebentar. Setelah setengah jam kami pamit dan melanjutkan perjalanan kembali. Setelah keluar dari simpang Air Terjun Bah Biak ini maka kita disepanjang jalan disuguhi pemandangan kebun teh sidamanik.

Hamparan kebun Teh Sidamanik Yang Mempesona

hamparan kebun teh sidamanik

Di kebun teh Sidamanik ini kami berhenti lagi. Karena anak tetangga yang kami bawa minta singgah karena ngelihat badut doraemon. Jadi kami berhenti di kebun teh yang disebelah kiri.

Kami masuk dan harus membayar Rp.5000/kepala, tapi dari yang kita bayarkan tadi, kita bisa memakai barang barang yg mereka sediakan dan bebas berfoto disitu.

Barang barangnya itu topi pantai itu, topi kayak yg buat bertani tas bakul yang buat ngumpulin daun teh dan ada yg lainnya. Nah disini saya ngambil topi pantai.

Lalu kita masuk aksi berfoto ria. Tugas saya fotoin emak sama bapak berasa kayak orang pacaran lagi padahal anak uda 3. Fotohin kakak Fotohin bocil bocil dan pasti saya juga foto hehe.

bersama keluarga melalui kebun teh wisata sidamanik

Dan setelah itu kami lanjut perjalanan. Dan diperjalan pulang ini saya tidur menikmati mimpi yang indah. Dan setelah bangun tmalah sudah disiantar engga tau kenapa bisa disini.

Dan tadaaa mereka nyasar dong karena salah belok simpang. Akhirnya malah muter-muter disiantar. Penuh drama banget buat balik pulang ketebing ini. Berasa jalan-jalan lagi padahal mah nyasar.

Setelah bertkutat dengan belok sana belok sini gaboleh belok sini itu satu jalur jangan kesana kesimpang ini aja engga bukan yang itu tapi yang ini semua berubah profesi jadi google maps.

Melihat maps akhirnya berada dijalan yang lurus dan benar. Yaelah berasa kayak orang taubat wkwkwk. Dan akhirnya nyampe. dan nyanpenya jadi malam karena pake acara nyasar segala.

Kami nyampe sekitar mau isya.Dam setelah itu melanjutkan kegiatan masing-masing.

Selesailah cerita liburan saya bersama keluarga ke Air Terjun Bah Biak. Sekian cerita dari saya Wassalammualaikum wr.wb

Written by

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).