Air Terjun Ponot: Ini 4 Rute Menuju Lokasi Wisatanya

Mencari destinasi wisata di Asahan? coba deh traveling ke Air Terjun Ponot, yang juga merupakan air terjun tertinggi di Indonesia, terletak di Kabupaten Asahan yang tepatnya berada di Kecamatan Aek Songsongan, Desa Tangga berdekatan dengan gardu listrik milik PT. Indonesia Asahan alumunium INALUM.

Air Terjun Ponot ini memiliki ketinggian hingga lebih dari 250 meter jika ditotal ketinggianya. Hal ini terkait bentuk air terjun ponot yang tidak langsung mengalir kebawah namun memiliki tiga buah undakan air terjun. Air Terjun Ponot sendiri berada di aliran Sungai Ponot yang merupakan anak Sungai Asahan di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan air laut.

Air Terjun Ponot selain tinggi juga debit airnya cukup deras dan besar sehingga jika kita berada lumayan dekat dengan air terjun ini, maka percikan air yang terbawa angin akan membasahi kita dan membuat kita merasakan segarnya percikan Air Terjun Ponot, dijamin bakal memecah kegundahan dan membuat fikiran sobat menjadi lebih fresh, dan juga susunan air terjunnya yang merupakan air terjun 3 tingkat, di bawah curahan air terjun banyak terdapat batu-batuan alam yang berukuran sangat besar sehingga menjadi daya tarik tersendiri sebagai pelengkap keindahan Air Terjun Ponot.

Tantangan Adrenalin Menuju Puncak Air Terjun Ponot

Untuk mencapai puncak jatuhnya air terjun, sobat harus berjalan kaki melewati terjal bebatuan alam kasar. Perlu berhati-hati karena ruas jalan yang tidak terlalu lebar dapat membuat sobat tergelincir bila sedang ramai. Tapi jangan khawatir sobat, di sisi kanan akan terdapat bebatauan besar untuk menjadi pegangan.

Dan sobat dapat mengunjungi tempat ini di akhir pekan maupun hari libur panjang, sebab akan lebih menyenangkan jika tempat ini sedang ramai. Air terjun ini sudah sangat di kenal oleh orang banyak, setiap hari libur tempat ini pasti ramai didatangi oleh para wisatawan Domestic maupun Mancanegara.

air terjun ponot, asahan
air terjun ponot, asahan

Untuk viewnya sendiri tentu masih sangat alami dan asri dong sobat, dengan dikelilingi rimbunnya pepohonan yang hijau dan tebing terjal yang kokoh nan memukau. Mutiara tiada tara ini, menarik sekali loooh sobat. Dari bilik kejauhan akan terlihat aliran air yang segar, mengalir bermuara membentuk pemandangan yang sedap kemudian jatuh menjadi air terjun yang indah. Dentuman air terjun yang jatuh tadi terdengar sangat merdu, menarik perhatian pendengarnya untuk mendatang’in langsung derasnya aliran Air Terjun Ponot yang eksotis ini.

Pokoknya keren banget deh sobat, apa lagi untuk tempat berfoto anak-anak jaman now. Selain menikmati air terjun, di tempat ini juga tersedia sarana arung jeram yang harus sobat coba. Dengan mengikuti derasnya arus diantara bebatuan sungai-sungai jernih dibawah air terjun. Sebuah sensasi olahraga air yang benar-benar memacu adrenalin yang dihadirkan dari aliran sungai air terjun ini. Kebayang kan sobat serunya bisa bermain air di wisata primadona yang satu ini.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun Ponot

Gimana sobat, pasti sobat sangat tertarikkan ingin berkunjung ke wisata kampung halaman saya, yaitu Air Tejun Ponot. Nah, untuk sobat yang ingin berkunjung ke wisata Air Terjun Ponot, saya akan memberitahukan rute yang bisa sobat tempuh dari beberapa kota di Sumatera Utara, yaitu:

  • Yang pertama dari Kota Medan, rute dari kota Medan menuju Air Terjun Ponot cukup jauh, dimana wisatawan yang berasal dari kota medan harus telebih dahulu menuju kota tebing tinggi dengan jarak tempuh ± 50 km, lalu wisatawan menuju Kabupaten Lima Puluh dengan jarak tempuh ± 44 km, setelah itu wisatawan akan menuju Kisaran dengan jarak tempuh ± 39 km. setelah wisatawan sampai ke Kisaran selanjutnya wisatawan akan mengikuti jalur kisaran menuju air terjun Ponot. Kebanyakan wisatawan dari Medan yang berkunjung ke air terjun Ponot menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan jasa rental mobil.
  • Yang kedua dari Kota Kisaran di Kabupaten Asahan, rute dari Kota Kisaran menuju air terjun Ponot tidak terlalu sulit, namun ada beberapa jalan yang masih berlubang, sebagian besar perjalanan akan melewati perkebunan kelapa sawit dan setelah melewati perkebunan kelapa sawit yang cukup panjang wisatawan akan sampai ke desa Marjanji Aceh, dari desa Marjanji Aceh sudah dekat dengan air terjun Ponot. Wakrtu tempuh dari Kota Kisaran menuju air terjun Ponot ±3-4 jam dengan jarak tempuh ± 100km.
  • Yang ketiga dari Kota Pematang Siantar di Kabupaten Simalungun, wisatawan yang ingin menuju Air Terjun Ponot melalui Pematang Siantar terlebih dahulu menuju Kabupaten Lima Puluh dengan jarak tempuh ± 62 km lalu dari Kabupaten Lima Puluh , selanjutnya wisatawan akan menuju Kabupaten Kisaran dengan jarak tempuh ± 39 km. Setelah wisatawan sampai ke Kisaran, wisatawan akan menuju Air Terjun Ponot melalui rute jalur Kisaran. Kebanyakan wisatawan yang berasal dari Kisaran menyewa kendaraan umum, seperti mobil pribadi, mobil mini bus, dll.
  • Yang ke empat ditempuh dari Kota Porsea di Kabupaten Tobasa, melalui akses Kota Porsea menuju air terjun Ponot jarak kota Porsea dengan Air Terjun Ponot ±35 km dengan jarak tempuh Air Terjun Ponot dari kota Porsea ±1,5 jam naik Mobil dan ± 1 jam naik sepeda motor.

Untuk fasilitas di Air Terjun Ponot ini masih cukup minim sobat, hanya ada beberapa tenda penjual makanan di sini, kemudian terdapat satu kamar mandi di dekat parkir, dan untuk yang beragama muslim tempat mushalla belum tersedia, karena Air Terjun Ponot ini benar-benar masih asli dari alam, belum ada yang membuat bangunan-bangunan seperti mushallah.

Biaya Tiket Masuk Wisata Air Terjun Ponot

Dan untuk biaya masuknya kita hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp. 10.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 20.000 untuk kendaran roda empat. Untuk hari besar kendaraan roda dua Rp. 15.000 dan kendaran roda empat Rp. 25.000. Biaya ini sudah dengan parkir dan untuk mandi atau berfoto kita tidak perlu mengeluarkan biaya lagi sobat.

Nah sobat, itu dia salah satu tempat wisata terpopuler di kampung halaman saya, gimana…… sangat menarikkan, dijamin sobat gak bakal nyesel deeeeh….

Apalagi untuk para sobat yang pencinta alam cocok banget, di tunggu kedatangan nya yah sobat traveller…

Demikian cerita wisata singkat tentang Air Terjun Ponot : Ini RuteMenuju Lokasi Wisatanya – Salam mozafir, shared by Dina A.

Add a Comment

Your email address will not be published.