Lokasi Wisata Pantai Air Manis Kota Padang (Air Manih)

Lokasi Wisata Pantai Air Manis / aie manih / aih manih dekat dari Kota Padang tepatnya berada di Padang selatan.

Pantai aie manih (bahasa minang) atau pantai air manis (bahasa indonesia). Pantai air manis bukan berarti air nya manis yaaa, air dipantai ini tetap sama seperti air yang ada di pantai lain pada umumnya.

Lokasi Wisata Pantai Air Manih, Padang, Sumatera Barat

Lokasi Wisata Pantai Air Manis / aie manih / aih manih dekat dari Kota Padang tepatnya berada di Padang selatan.

Ini nih pantai nya, luas dan bersih bukan. Ya pantai ini cukup bersih dan terhindar dari sampah, baik sampah organik maupun non organik. Pantai inilah yang disebut pantai air manis. Seperti nama nya pantai ini sangat manis untuk dipandang dan juga ombak kecil yang membuat pantai ini semakin indah.

Dipantai ini kita juga dapat berkeliling menggunakan ATV atau kendaraan roda empat yang disewakan oleh masyarakat pengurus pantai disana. Wah jadi makin betah bukan bersantai di pantai ini.

Akses yang bisa digunakan untuk menuju lokasi wisata pantai air manis adalah Tranportasi darat. Untuk wisatawan asing atau untuk wisatawan lokal di sarankan agar lebing menggunakan transportasi darat, dikarenakan jalan untuk menuju pantai air manis hanya ada jalur darat. Untuk wisatawan yang sudah berkeluarga lebih diasarankan agar menggunakan mobil sebagai transportasi untuk menuju lokasi.

Jarak yang dapat ditempuh untuk menuju pantai hanya 11 km dari kota padang dan dapat ditempuh hanya dengan waktu 30 menit saja. Jarak ini sangat dekat bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke kota padang sumatera barat.

Di Air Manis ada Monumen Patung Batu Malin Kundang


Patung batu malin kundang, yaps tidak salah lagi ini dia patung batu malin kundang yang konon katanya adalah seorang manusia yang menjadi batu setelah durhaka kepada ibu kandung nya. Patung ini cukup populer dikalang masyarakat indonesia dan mancanegara, patung ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang paling menarik perhatian dunia

Fasilitas yang ada di Lokasi wisata Pantai Air Manis Padang

Dipantai air manis ini terdapat fasilitas yang cukup lengkap baik dari tempat ibadah, tempat mandi,parkir,baik kenderaan kecil yang bisa digunakan untuk berkeliling dipantai. Hanya saja pantai air tidak terdapat penginapan dikarena air laut sering naik pasang, nah akan beresiko besar bagi pengunjung yang berwisata di pantai air manis.

Harga-harga yang terdapat pada pantai air manis seperti makan, harga makanan disini sangat bersahabat dan tidak terlalu mahal, harga untuk fasilatas lain seperti ATV itu hanya 30 ribuan per setengah jam nya. Menurut saya ini tidak terlalu mahal dibandaingkan keindahan yang kita nikmatai selama berada dipantai tersebut.

Nah para penduduk disana sangat ramah untuk menyambut para wisatawan yang datang, baik wisatawan lokal maupun luar negeri. Bahasa yang digunakan ada dua macam yakni bahasa indonesia dan bahasa minang mengingat bahwasanya daerah tersebut adalah daerang minang.

Wisata ini sangat cocok untuk semua kalangan, baik itu anak-anak, orang dewasa maupun orang tau. Pada saata saya berkunjung kesana kebetulan sedang libur sekolah, jadi wisatawan yang datang kesana cukup banyak dan hampir memenuhi pantai.

Makanan disana cukup terjamin kualitas halal nya dikarenakan mayoritas disana adalah orang muslim. Walaupun begitu kita juga harus teliti untuk menentukan makanan yang halal dan dapat dikonsumsi disana dengan cara bertanya bertanya kepada penjual apakah makanan ini diolah oleh orang muslim atau tidak, dan melihat sekitar jualan adakah ayat alquran maupun lafaz Allah diarea jualan tersebut.

Bagi para wisatawan sangat penting untuk menjamin keamanan barang perlengkapan yang dibawa ketika berwisata, dan pantai air manis ini alhamdulillah keamanan cukup baik seperti emenydiakan tempat penitipan barang dll. Mengingat wisata pantai air manis ini adalah salah satu sumber penghasilan masyarakat disana.

Bagi masayarakat menjaga keamanan wisata adalah hal sangat penting demi kenyamanan para wisatawan yang datang. Walaupun begitu sebagai wisatawan yang bijaksana haruslah menjaga dan memperhatikan barang bawaan yang dibawa.

Dipantai air manis signal selular cukup bai, walaupun terkadang ada gangguan terhadap jaringan, dikarenakan suasana pantai yang cukup berangin ketika malam dan area perbukitan yang membuat jaringan sedikit terganggu.

Menurut saya, wisata ini sangat baik untuk wisatawan muslim dan dapat dinobat kan sebagai wisata halal provinsi, Mengingat mayoritas disana adalah muslim. Dan saran saya kepada para pembaca, dan saran saya adalah agar kiranya masyarakat lebih memastikan kondisi makanan dan fasilitas yang lain itu halal.

Menurut saya pribadi yang perlu ditingkatan oleh pemerintah dari segi infrastruktur yakni, menyediakan hotel atau penginapan berbasis syariah, menjamin agar kualitas makanan di lokasi wisata tersebut halal dan diakui oleh pemerintah, dan menyediakan tower atau tiang untuk menstabilkan jaringan.

Sebagi penutup dari saya, wisata ini merupakan nikmat dari Allah yang maha besar. Sebagai ummat-Nya patut lah kita bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Seperti firman Allah di Q.S. ar-rahman ayat 16: maka, nikmat tuhan mu yang makan kah yang kamu dustakan.

Tittle: Wisata Pantai Aia Manih / Air Manis Padang Sumatera Barat, Pantainya Indah Banget
shared by Banjirul A.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.