Harga Tiket Masuk Pantai Cermin Theme Park

Info Harga Tiket Masuk Pantai Cermin Theme Park dan area wisata lainnya terbaru – Assalamualaikum teman-teman, sedikit menceritakan pengalaman liburan saya bersama keluarga. Asal saya dari Pematangsiantar, dan saya rasa Pantai Cermin merupakan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

berfoto di atas pasir pinggir pantai cermin

Pantai yang memiliki lautan pasir putih dengan gulungan ombak kerap membuat siapa saja yang berkunjung akan tenang melihatnya, ditambah sahutan angin pantai dan pohon-pohon rindang di sekitaran pasir putih meninggalkan kesan pantai menjadi lebih damai.

Karena wilayahnya asri dan indah, maka tidak heran banyak pengunjung dan wisatawan yang bersinggah lalu mengambil foto terlebih dahulu.

Lokasi wisata Pantai Cermin

Letaknya di Sumatera Utara tepatnya di serdang berdagai, medan. Selain warga Medan, banyak turis juga yang berkunjung disana. Rute menuju kawasan Pantai Cermin jika dari pusat kota Medan akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga satu jam.

Tetapi saya dan keluarga akan memulai rute kesana dari Jalan Guru Patimpus. Lalu menuju ke Jalan Putri Hijau II dan belok ke arah kanan menuju Jalan Putri Merak Jingga. 1 km dari jalan ini bisa belo ke arah kiri menuju ke Jalan Perintis Kemerdekaan. Lalu, arahkan kendaraan hingga sampai di Jalan Prof. H.M Yamin dan Letda. Sujono. Lalu ke arah kanan tol belmera, dari jalan ini kita bisa menuju ke Pantai Cermin.

Disana pengunjung dapat menyewa rental mobil untuk berkendara menuju tempat wisata Pantai Cermin, atau bagi yang ingin menggunakan transportasi umum juga bisa namun kemungkinan akan sangat sulit sekali untuk mendapatkan kendaraan umum yang menuju ke sana karena mobil yang disediakan hanya ada satu atau dua mobil saja.

liburan di pinggir pantai cermin

Menurut pengetahuan saya, katanya di Pantai Cermin terdapat perkampungan nelayan dimana penduduk aslinya adalah orang Melayu asli. Sehingga wajar saja jika logat berbicara mereka sopan-sopan dan ramah terhadap wisatawan baik dalam ataupun luar negeri. Namun walaupun para pengelola Pantai ramah dan santun, bukan berarti keamanan barang terjaga ya, kita juga tetap harus menjaga barang bawakan kita sendiri untuk menghindari kejadian yang tidak kita inginkan.

Lokasi Pantai Cermin juga dirawat dan dijaga baik oleh mereka, sehingga sampah tidak terlihat sembarangan dan berserakan, itulah salah satu faktor kenapa banyak pengunjung dan wisatawan berlibur ke Pantai Cermin, karena tempatnya yang cantik dan bersih.

Uniknya lagi kenapa saya beralih liburan ke kawasan Medan Pariaman, karena disana tidak hanya ada Pantai cermin saja, tetapi juga terdapat pantai lain seperti Pantai Bali Lestari, Pantai Pondok Permai dan juga ada Waterboom di sekitaran Pantai Cermin. Jadi akan sangat puas dan menyenangkan jika bermain dan berlibur disana bersama keluarga.

Harga Tiket Masuk Area Wisata Pantai Cermin

Harga tiket masuk Pantai Cermin ini cukup 10 ribu rupiah, bagi wisatawan yang membawa kendaraan akan ditambah biaya parkir. Untuk pengguna kereta akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah dan bagi wisatawan yang membawa mobil akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah.

Kawasan Pantai Cermin juga terdapat beberapa pantai lain seperti Pantai Bali Lestari dimana harga tiket masuknya dikenakan sebesar 15 ribu rupiah per orang. Lalu ada juga Pantai Pondok Permai dengan tarif masuknya hanya seharga 10 ribu rupiah perorang. Harga tersebut biasanya berlaku untuk setiap hari, namun dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pihak pengelola.

Sedangkan untuk harga tiket masuk theme park yaitu taman bermain air atau waterboom Pantai Cermin dikenakan harga 55 ribu rupiah pada hari weekdays biasa, namun jika hari libur atau hari-hari besar harga tiket bisa melonjak hingga 80 ribu rupiah tetapi sudah termasuk tambahan snack dan minuman.

waterboom Pantai Cermin theme park

Fasilitas yang Ada di Sekitar Area Wisata Pantai Cermin

Nah, yang membedakan Pantai Cermin dengan Pantai lainnya itu, di Pantai cermin terdapat Theme Park berupa tempat wahana bermain keluarga seperti perosotan, ember tumpah, jungkat-jungkit. Pengunjung dibawah umur dapat bermain sepuasnya di sebuah wahana taman bermain air ditambah pemandangan laut dari kejauhan.

Disana juga tersedia penyewaan ban dan beberapa Gazebo untuk tempat bersantai dan beristirahat. Akan sangat sekali jika wahana Theme Park ini dilewatkan.

Di Pantai Cermin juga ada Resort dan Kebun Binatang Mini, Resort disana tidak hanya berfungsi sebagai penginapan saja tetapi tersedia juga wahana water sport seperti banana boat, speed boad, dan jetski, tersedia juga arena fisihing boad.

Untuk kebun binatang mini kita akan melihat beberapa hewan lucu disana seperti hamster, iguana, kura-kura, kelinci, dan ikan-ikan kecil. Ada juga taman burung yang bisa diajak selfi. Seru sekali bukan?

Hadirnya beberapa warung tradisional dengan menu khas medan menjadi salah satu icon penting di pantai cermin. Bagaimana tidak, rasa yang ada pada setiap makanan memiliki ciri khas tersendiri membuat wisatawan ingin nambah lagi dan lagi. Dengan pemandangan Pantai didepan mata membuat wisatawan tidak bosan-bosan menikmatinya.

Untuk makanan di sekitar Pantai Cermin makanannya halal kok, terjamin kebersihannya. Selain itu, wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh yang menarik disana. Ada beberapa souvenir dengan harga yang cocok dikantong dan tidak murahan jika dilihat.

Dari semua fasilitas dan jenis-jenis makanan yang saya sebut, ada sedikit saran untuk destinasi wisata yang satu ini, menurut saya kamar mandi yang disediakan oleh pihak pantai cermin seharusnya ditambah lagi berkenan dengan banyaknya pengunjung dan wisatawan  yang hadir.

Akan sangat membosankan jika begitu banyak pengunjung tetapi hanya memiliki beberapa kamar mandi. Dan juga ketiadaan mushollah juga kerap membuat pengunjung muslim kebingungan mencari tempat beribadah. Sinyal disana juga menurut saya kurang bagus bahkan tidak ada sinyal sama sekali, tetapi untuk daerah penginapan masih ada sinyal dan wifi.

Menurut saya destinasi wisata Pantai Cermin, kurang cocok jika dinobatkan sebagai wisata halal dikarenakan tidak adanya tempat ibadah baik muslim atau non muslim disekitaran pantai. Jika Pengunjung hendak beribadah, pengunjung akan mencari lebih dulu tempat sholat diluar Pantai.

Walaupun disana keamanan terjaga, semua makanan halal dan para penduduk Pantai Cermin sopan-sopan tetapi tidak memiliki tempat beribadah saya rasa akan kurang cocok.

Sekianlah cerita saya selama di Pantai Cermin, setiap ciptaan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Dan walaupun Pantai Cermin memiliki kekurangan dalam pengelolaannya Pantai tersebut tetaplah harus kita jaga, terutama jangan buang sampah sembarangan disekitaran pantai karena itulah salah satu tugas kita sebagai manusia.

Seperti yang sudah disebutkan dalam Al-quran, Q.s Al-Araf  56 yang artinya  :“Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdo’alah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.”

Semoga kita tetap menjadi manusia yang mampu bersyukur atas segala keindahan alam yang sudah Allah beri, serta menjadi manusia yang mampu menjaga alam dengan benar, Aamiin..Terimakasih sudah membaca cerita saya ya 🙂

Tittle: Wisata Pantai Cermin Medan, Sumatera Utara
Shared by Ridha M.

Add a Comment

Your email address will not be published.