Komunitas Bugis di Perantauan

Salamaki sampu….kata-kata ini sering sekali saya dengar “dulu” ketika saya masih berada di palopo, sulawesi selatan.

Kebiasaan-kebiasaan serta kultur yang yang pernah kita rasakan di waktu itu akan teringat dan seringkali menjadi perbandingan ketika kita berada jauh dari kampung halaman.

Istana Luwu

Contohnya  saya yang saat ini berada jauh dari Sulawesi Selatan yang berada di Sumatera Utara, kata-kata Seperti di atas Tak Pernah saya dengar lagi. Itu hanya sebatas kata, apalagi makanannya seperti kapurung, dan sebagainya he he.

Bergabung dengan orang Keturunan Bugis

Sebelum Saya pindah ke Sumatera Utara Saya pernah menetap lama di Depok dan di masa itu saya pernah bergabung ke komunitas perantau Bugis dalam wadah kerukunan keluarga Sulawesi Selatan atau KKSS.

Di awal-awal Saya pindah ke ke Medan pernah saya mengontak ketua kkss Medan dan dikabari akan diinfo bila ada kegiatan. Beberapa waktu saya kehilangan kontak dan  beliaupun mungkin lupa mengontak Saya hingga kini.

Tak apalah, Kerinduan akan akan kampung halaman sedikit dapat terobati dengan menonton video atau mendengar lagu-lagu Bugis di YouTube.

Banyaknya Perantau dari Tanah Bugis

Saya rasa di Sumatera Utara ini banyak juga orang-orangnya kelahiran Tanah Bugis yang kini bermukim Sumatera Utara. Karena jiwa perantau dari masyarakat Bugis, maka orang-orang Bugis sangat banyak yang pergi merantau ke mancanegara.

Meski demikian untuk mengakses  wadah perkumpulan komunitas Bugis Seperti kkss kita sebagai warga yang harus aktif untuk menghubungi pengurus Komunitas agar kita dapat bergabung.

Dengan mengakses atau berkumpul bersama komunitas Bugis terutama yang berasal dari daerah LUWU, seperti Belopa, Palopo, Masamba dan sekitarnya…setidaknya  kita bisa bersama bercanda tawa berbahasa daerah, tolong menolong, saling  mengadvokasi dan bisa makan makanan khas daerah masing-masing  seperti kalau di daerah Luwu Ada Kapurung…. “mammi tongan rasana, sampu…”

Rindu Pulang Kampung Tanah Kelahiran

Saya sering mengartikan bahwa yang kita sebut sebagai kampung halaman adalah tanah tempat kelahiran atau tanah dimana kita dibesarkan, bermain bersama kawan-kawan dari kecil hingga masa remaja.

Seperti saya misalnya, saya lahir di palopo, kemudian sekolah SD, SMP, HIngga SMA semuanya di Palopo, tentu yang saya sebut kampung halaman adalah Palopo.

Palopo adalah salah satu kota di sul-sel yang juga merupakan tanah tempat orang-orang bersuku bugis tumbuh besar.

Namun pada akhirnya walaupun kita tidak berkumpul bersama komunitas sesama Bugis kita sebagai masyarakat Indonesia sebenarnya memiliki kesamaan yaitu kerinduan akan kampung halaman dengan keunikannnya masing-masing…dan kerinduan ini dapat terobati dengan menjaga hubungan baik dengan tetangga dan lingkungan di manapun kita menetap…

Kesamaan Suku Bugis dengan suku lainnya di Indonesia

Karena saya banyak berkeliling ke hampir berbagai daerah di Indonesia, pada dasarnya semua baik-baik dan welcome dengan “pendatang” meskipun sebenarnya kita semua adalah pendatang di tanah yang kita tempati sekarang ini….

Semoga kerinduan ini untuk berjumpa dengan “sekappong”  (baca:sekampung) kita yang berasal dari tanah bugis luwu dapat terobati dengan selalu menjaga nama baik dalam artian tidak arogan dan menjaga diri dimanapun kita berada….

Dengan begitu kerinduan kita betul-betul kerinduan yang baik dan pada akhirnya jika ada rezeki nanti kita dapat pulang kampung ke kampung halaman kita di Tanah bugis luwu.

Lagu Daerah Bugis Palopo

Semoga lirik lagu berikut ini bisa memberi penyemangat bagi anda yang kini jauh dari kampung halaman luwu…

Judul: Pande Tongantu Nene’ta
Cipt. H.B. Sibenteng
Voc. Wahyu P. Sibenteng

Pande tongantu nene’ta sawerigading
Sukku tongan paissenna toriolota
Pande untandai tana tana marongko
Unnissen padang marua tana masakke

Natandai lana lipu lipu wara
Naganta lana pa’lewon Palopo e
Pa’lewon ri belo belo salassa’na
Lipu dilonga longai banuanna

Surugana tongan lino tana Luwu
Belo belona lempangan Palopo e
Napobelo belo mata sininna tau
Napomarannu mario sang lino e

Natandai lana lipu lipu wara
Naganta lana pa’lewon Palopo e
Pa’lewon ri belo belo salassa’na
Lipu dilonga longai banuanna

Surugana tongan lino tana Luwu
Belo belona lempangan Palopo e
Napobelo belo mata sininna tau
Napomarannu mario sang lino e

Salamakki Tapada Salama, isyan founder mozafir.com perantau dari tana luwu… to ugi sidi

Add a Comment

Your email address will not be published.