Bukit Indah Simarjarunjung : Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Wisata Bukit Indah Simarjarunjung menyuguhkan panorama yang sangat sulit ditampak pesonanya. Salah satunya yakni panorama Danau Toba yang sangat indah dari atas ketinggian. 

Spot favorit  di wisata Bukit Indah Simarjarunjung

BIS Bukit Indah Simarjarunjung, Simalungun

Lokasinya sangat asyik dan asri  sebenarnya. Bisa untuk bersantai saja atau bisa untuk melihat angle Danau Toba dari ketinggian. 

BIS adalah sebutan populer objek wisata yang terbilang baru ini, Wisata Bukit Indah Simarjarunjung terletak  di Jalan Simarjarunjung, Desa Parik Sabungan, Kecamatan Dolok Perdamean, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. 

Tempat ini adalah bukti bahwa liburan ke Danau Toba tak melulu soal belajar sejarah dan budaya. Tempat rekreasi bernuansa kekinian yang memfasilitasi anak muda penggemar swafoto pun tersedia.

Spot favorit  di wisata Bukit Indah Simarjarunjung

Spot favorit  di wisata Bukit Indah Simarjarunjung

Favorit wisatawan foto di sepeda gantung dengan latar Danau Toba dan barisan perbukitan. Ada beberapa model sepeda gantung romantis diantaranya ada yang untuk berdua dengan bentuk sepeda, ada yang untuk sediri dengan bentuk sepeda, sepeda becak diatas kabel, kursi meja melayang serta lainnya. 

Yang pasti tempatnya Kamu banget buat foto-foto selfie, ngevlog apalagi point landscape fotografi maupun sinematik. Tapi terkhusus untuk wahana sepeda gantung harganya RP25.000 per orang. 

Dan kalau jalan-jalan ke Simarjarunjung boleh saja traveling sendirian, tetapi akan lebih meriah jika liburan bersama keluarga ataupun teman. 

Oh iya, jangan sampai melewatkan waktu senja, karena sunset Bukit Indah Simarjarunjung eksotis. Bila tertarik camping, malam hari melihat bintang-bintang di langit dan paginya menanti datangnya sunrise.


Fasilitas yang disediakan di Bukit Indah Simarjarunjung

Fasilitas yang disediakan di Bukit Indah Simarjarunjung 

Karena disini menjadi salah satu wisata kekinian yang paling hits di kabupaten simalungun, jadi terdapat berbagai spot yang di berikan untuk para pengunjung dan wisatawan seperti adanya rumah pohon, gardu pandang, ayunan, bulan sabit, balon terbang, meja terbang, tulisan I Love U, bunga matahari, gambar love, sarang burung, flying fox, sepeda gantung atau sky bike dan masih banyak lagi yang lainnya
Di atas bukit, juga terdapat warga yang menjual makanan dan minuman. terdapat fasilitas umum seperti kamar mandi, toilet dan camping ground. 
Jika pengunjung dan para wisatawan ingin berlama-lama di objek wisata bukit indah simarjarunjung ini terdapat berbagai akomodasi penginapan serta hotel yang berada di sekitar wisata seperti hotel tuktuk timbul bungalows, thyesza hotel, villa durian tuktuk timbul, parbaba beach hotel, penginapan murni, judita cottage, anju cottages, samosir cottages resort, parnas akomodasion, toba cats garden, lekjon cottage, pandu lakeside hotel tuktuk, bernard hotel dan toba village inn. 
Akses lokasi wisata Bukit Indah Simarjarunjung

Untuk mecapai lokasi wisata bukit indah simarjarunjung sumatera utara ini, pengunjung dapat mengakses jalan wisata satu ini dengan sangat mudah. dari kota medan bisa melewati berastagi menuju arah parapat atau bisa juga menuju arah pulau samosir. 

Kemudian perjalanan menuju simalungun dan langsung mencari jalan simarjarunjung. jika pengunjung berangkat dari kota balige dan kota kabanjahe membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. 

Dari kota parapat pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dan jika pengunjung dari pematang siantar memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dengan melewati sidamanik atau simpang raya. bagi wisatawan yang dari kota medan terdapat 2 jalur alternatif yaitu lewat beras tagih dan lewat tebing tinggi dengan lama perjalanan selama 4 jam.

Dari beras tagih pengunjung akan menuju ke kaban jahe, kemudian ke merek raya, lalu ke seribu dolok dan memasuki jalan simarjarunjung. ikuti jalan menuju parapat, kemudian nnti di tengah jalan akan ada papan bertulisan bukit indah simarjarunjung yang berada di sebelah kanan. 

Dari bawah hingga puncak bukit, pengunjung akan berjalan sepanjang 200 meter untuk sampai ke atas puncak bukit.

Harga- harga  disekitar wisata Bukit Indah Simarjarunjung

Tiket masuk ke BIS, dihitung per kendaraan. 
  • Motor Rp10 ribu dan mobil Rp20 ribu. 
  • Jika ingin berfoto, pengunjung harus membayar lagi Rp5 ribu per objek. 
  • Bisa juga memanfaatkan jasa fotografer dengan membayar Rp10 ribu untuk empat kali foto di objek yang sama. 
  • Anda bisa menginap di rumah pohon. Biayanya hanya Rp100 ribu saja per malam, per ruangan. Satu ruangan, bisa dihuni delapan orang dengan fasilitas tikar, selimut, dan bantal. 
  • Konsepnya memang seperti kemah, tetapi dalam ruangan. 
  • Harga menu makanan standart lah, bisa dibilang tidak mahal dan tidak murah, standart lah untuk para wisata.

Jarak lokasi wisata dengan akses transportasi umum

Jarak lokasi wisata dengan terminal lumayan jauh, karena lokasi wisata  Bukit Indah Simarjarunjung sangat jarang tanah dataran maka lokasi terminal  dengan wisata ini  cukup jauh. 

Apalagi jarak lokasi wisata dengan  lokasi bandara  bisa memakan waktu berjam-jam, itupun harus memakai mobil pribadi atau sepeda motor. 

Dan jarak lokasi wisata dengan  pelabuhan umum  juga memakan waktu yang cukup lama hingga berjam-jam, dan harus memakai mobil pribadi agar lebih cepat sampai kepelabuhan umum.
Sambutan masyarakat sekitar terhadap wisatawan

Menurut saya sambutan masyarakat sekitar terhadap pelancong atau wisatawan ramah dan baik intinya  menyenangkanlah, tidak ada merasa kekurangan apapun dalam hal penyambutannya. 

Dan Bahasa  yang digunakan untuk menyambut dan berkomunikasi dengan  para wisatawan adalah Bahasa Indonesia.
Lokasi wisata ini ramah keluarga atau cocok untuk sekeluarga atau tidak
Lokasi wisata ini sangat nyaman untuk keluarga karena penduduknya ramah-ramah, intinya bagus deh sambutan dari para masyarakat setempat untuk para pengunjung. 

Soalnya tempat santainya sangat  luas. Ditambah lagi  dari tempat santai tidak jauh untuk membeli makan-makanan seperti jajan-jajanaan, jika ingin membeli oleh-oleh dari sana juga dekat dan gampang untuk para pengunjung. 

Dan mudah untuk keluarga menikmati pemandangan yang ada diwisata ini, sangat bebas untuk jalan-jalan untuk semua kalangan.
Faktor keamanan dilokasi wisata

Keamanan di lokasi wisata Bukit Indah Simarjarunjung sudah bagus,  karena semua fasilitas yang ada disana sudah terjamin baik dan layak untuk digunakan.

Contohnya untuk semua spot foto yang ada di Bukit Indah Simarjarunjung layak untuk digunakan karna setiap hari dicek sebelum digunakan oleh para pengunjung, karena kalau tidak di cek akan berbahaya untuk para pengunjung karena letak semua spot foto yang ada di Bukit Indah Simarjarunjung tempatnya cukup berbahaya karana diperbukitan dan diketinggian. 

Jika keamanan untuk semua spot foto tidak dijaga dengan baik maka akan membahayakan  para pengunjung, dan bahaya nya di lokasi Bukit Indah Simarjarunjung untuk anak-anak  karena lokasinya yang cukup terjal dan tinggi maka agak sedikit berbahaya untuk anak-anak, dan terkhusus untuk orang tua yang membawa anaknya ke Bukit Indah Simarjarunjung harus berhati-hati dan lebih bagus untuk mengawasi anak-anaknya.
Seberapa ramaikah  lokasi wisata tersebut

Pada saat saya berkunjung ke Bukit Indah Simarjarunjung sangat ramai di lokasi wisata Bukit Indah Simarjarunjung bahkan sangkin ramainya dilokasi sampai-sampai saya yang ingin menaiki semua spot foto yang ada harus ngatri berjam-jam untuk semua spot foto yang ada, berhubung saya berkunjung ke Bukit Indah Simarjarunjung memang hari weekend kebetulan hari itu adalah tahun baru 2019 kemarin. 

Dan karena terlalu ramai pengunjungnya sampai agak susah untuk menikmati pemandangan yang ada karena tertutupi oleh ramainya pengunjung yang ada di lokasi wisata.
Jaminan makanan halal dilokasi wisata

Ada jaminan makanan halal di lokasi wisata Bukit Indah Simarjarunjung, contohnya rumah makan muslim, makanan khas minang, rumah makan padang dan lain-lain. 

Intinya untuk kita yang muslim cocok kok untuk berwisata kesana, karena banyak kok rumah makan muslim, dan banyak makanan disana yang halal untuk kita konsumsi walaupun disana memang mayoritas orang batak dan mandailing tapi banyak yang beragama islam. 

Tidak ada makanan yang diharamkan dalam islam dijual di sekitar tempat lokasi wisata, semua yang dijual di sekitar lokasi wisata makanan yang halal dikonsumsi untuk para pengunjung yang muslim, bertepatan pada saat saya berkunjung kebanyakan  yang berkunjung ke Bukit Indah Simarjarunjung adalah orang muslim.
Fasilitas ibadah sholat

Ada mushalla untuk sholat disekitar tempat wisata. Fasilitas untuk ibadah sholat memang belum banyak dimushalla tempat wisata dibandingkan dengan pengunjung yang datang ketempat wisata ini,  berhubung memang tempat wisata ini baru dibuat makanya semua perlengkapan untuk sholat belum terlalu banyak tapi ada lumayan banyak lah bisa untuk kita sholat tapi harus berganti-gantian karena pengunjungnya juga sangat ramai. 

Masalah kebersihan di mushalla juga sudah bersih, hanya saja airnya yang  kurang bersih. Dan untuk masalah kelapangan tempat ibadah kurang lapang karena mushalla yang tersedia tidak terlalu besar, jadi harus berganti-gantian jika ingin sholat.
Penginapan berlabel syariah atau islam di lokasi wisata

Penginapan  di daerah wisata memang tidak ada yang berlabel syariah atau islam tapi menurut saya  penginapan yang ada diwisata ini baik dan bagus juga digunakan untuk orang muslim, karena  yang banyak  menginap di penginapan disekitar tempat wisata juga orang muslim, dan khusus untuk makanan semua makanan yang dijual didaerah wisata  adalah makanan halal.
Kondisi kemudahan komunikasi di lokasi wisata

Kondisi kemudahan komunikasi di lokasi wisata  bagus , seperti signal selular disana signalnya 4G terkhusus untuk kartu telkomsel, kalau untuk kartu yang lain saya rasa juga sama aja, menurut saya memang kalau untuk komunikasi didaerah tempat wisata memang cukup mudah walaupun tempat wisata nya memang bisa dibilang perkampungan tapi sinyalnya bagus kok. 

Kuy guys tunggu apalagi kesana yuks seruloh jalan-jalan kesana . Komunikasi  juga tidak akan terganggu karena signalnya bagus  disana.
Saran atau masukan mengenai lokasi wisata

Saran dari saya untuk lokasi wisata  agar untuk para  penjaga di sekitar wisata dapat memperbesar mushallla yang ada dan memperbanyak fasilitas untuk sholat di mushalla agar sholatnya bias berjamaah  dan tepat waktu, Karena dalam islam seluruh umat muslim diwajibkan sholat tepat waktu dan terkhusus yang laki-laki diwajibkan sholat berjamaah. 

Dan  membuat sumber air yang lancar agar para wisata juga gampang jika ingin mengambil wudhu ataupun ketoilet dan diharapkan perbanyak toilet yang ada berhubung terlalu banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini. 

Sepertinya wisata Bukit Indah Simarjarunjung untuk mempersiapkan kumpulan pemuda seperti karang taruna, seperti ditempat wisata lain ranger,pokoknya persatuan untuk membantu kenyamanan wisata Bukit Indah Simarjarunjung soalnya pengunjung banyak yang membawa anak-anak sepertinya perlu diperbantukan untuk menyamankan pengunjung yang berkunjung ke Bukit Indah Simarjarunjung.
Fasilitas apa saja yang perlu diadakan dan diperbaiki dilokasi wisata

Fasilitas yang perlu diadakan dan diperbaiki dilokasi wisata adalah  mushalla diperbesar, fasilitas untuk sholat diperbanyak, perbanyak al-qur’an,perbanyak toilet, percantik jalan menuju lokasi wisata  dan buat sumber air yang bersih dan lancar agar para pengunjung  tidak kesusahan air jika ingin ke toilet dan ditingkatkan kebersihan yang ada dilokasi wisata agar bersih.
Saran yang perlu ditingkatkan oleh pemerintah daerah setempat

Saran dari saya untuk pemerintah daerah setempat agar  lebih memprihatikan masalah jalan, soalnya pengunjung makin ramai sepertinya jalan masih terlalu sempit maka kepada pemerintah setempat agar kiranya lebih memprihatikan jalan dan meperlebar jalan menuju wisata Bukit Indah Simarjarunjung. 

Dan tolong diprihatikan sepertinya daerahg Bukit Indah Simarjarunjung ssepertinya kekurangan sumber air bersih,Dan menertibkan masalah kebrersihannya.
Tepatkah bila  wisata tersebut sebagai wisata halal di provinsi tersebut

Menurut saya wisata ini bisa dinobatkan sebagai salah satu wisata halal di Provinsi Sumatera Utara karena ditempat wisata tersedia mushalla dan fasilitas untuk sholat walaupun belum terlalu banyak, dan tersedia makanan-makanan halal untuk para pengunjung yang muslim. 

Dan saya perhatikan didaerah tempat wisata tidaka ada ternak yang haram seperrti babi dan anjing. Dan makan-amakanan haram pun tidak ada yang dijual disitu. 

Sekian pengalaman saya berkunjung Bukit Indah Simarjarunjung tentang Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk Objek Wisatanya bisa bermanfaat buat anda.

Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Pandanglah orang yang berada dibawah kalian, jangan memandang yang ada di atas kalian, itu lebih laik membuat kalian tidak mengkufuri nikmat Allah” (HR. Muslim). 

Salam mozafir…. shared by Cantika F.B. 

Add a Comment

Your email address will not be published.