Wisata Bukit Sipolha Simalungun, Camping di pantai sambil lihat Danau Toba

Wisata Bukit Sipolha Simalungun, pemandangan Danau Toba dari bukit ini sangat indah – Bukit sipolha berlokasi di Desa Sipolha Horisan adalah salah satu desa yang berada di pesisir danau Toba, Pematang Sidamanik, Simalungun.

Sipolha Horisan atau biasa disebut Sipolha saja, terdahulu adalah desa wisata danau Toba yang menawarkan garis pantai yang panjang dan indah.

Keseluruhan desa ini terletak di garis pantai danau Toba. Desa ini bersebelahan dengan kota wisata Parapat dan Tigaras yang juga sudah cukup terkenal dewasa ini.

Desa Sipolha Horisan pada awalnya (tahun 2000-an) cukup terkenal dikalangan wisatawan Sumatera Utara. Bahkan berdampingan dengan kota wisata Parapat, Tomok dan Tuk-Tuk sebagai destinasi danau Toba.

Keberadaan garis pantainya yang panjang dan terbilang bagus serta bersih adalah andalan desa ini.

Megahnya Pemandangan dari Atas Bukit Sipolha

pemandangan dari bukit sipolha yang mempesona
pemandangan dari bukit sipolha yang mempesona

Sebuah bukit yang menjorok ke danau yang mereka namakan Bukit Indah Sipolha (BIS) dewasa ini menjadi daya tarik baru pengunjung yang datang ke Sipolha.

Bukit yang tidak terlalu tinggi serta dapat berkemah di atasnya menawarkan pemandangan danau yang luas beserta pulau Hole dan kota Parapat di kejauhan.

Bukit indah sipolha memiliki spot foto yang menarik dan hal itulah yang membuat wisatawan berkunjung ke sipolha.

Para wisatawan bisa berfoto di atas bukit, pinggiran danau, jalan menuju bukit yang bahkan terlihat indah, para wisatawan bisa mendapatkan pemandangan hutan yang asri, pemandangan danau yang luas beserta pulau hole yang berada di tengah danau, para wisatawan juga bisa menikmati keindahan malam kota Parapat dari kejauhan.

Pada malam harinya wisatawan diperbolehkan untuk menangkap anak lobster dan yang paling penting desiran ombak yang merilekskan pikiran dan menenangkan jiwa yang membuat wisatawan lagi dan lagi memilih tempat ini jika merasa banyak pikiran atau masalah dalam kehidupannya tetapi pemikiran seperti ini hanya dilakukan pada wisatawan pencinta alam.

Bukit indah sipolha ini hanya memfasilitasi kamar mandi tempat parkir dan juga warung kecil. Bagi wisawatan yang ingin bermalam harus membawa tenda serta perlengkapan lainnya yang dibutuhkan dikarenakan tidak tersedianya penginapan atau hotel di lokasi tersebut.

Akses Menuju Lokasi Wisata Bukit Sipolha Simalungun

Wisata Bukit Sipolha Simalungun
Wisata Bukit Sipolha Simalungun
Lokasi Objek Wisata Bukit Sipolha : Desa Sipolha Horison, Kec. Pematang Sidamanik, Kab. Simalungun, Sumatera Utara. Agar pas bisa mengikuti akses dari google maps di bawah :

Biaya untuk pergi ke sipolha cukup terbilang murah. Nah, dalam perjalanan menuju sipolha banyak melewati tempat wisata lainnya dan bahkan tempat bersejarah yang bisa kalian ambil spot untuk berfoto seperti kebun teh sidamanik, hutan pinus, rumah ikan dan lainnya.

Saya menggunakan transportasi roda dua (sepeda motor) dari daerah saya. Hanya membutuhkan waktu dua jam dari derah saya untuk sampai di desa sipolha. Desa saya terletak di Limapuluh kabupdaten Batubara.

Rute ke Bukit Sipolha Simalungun
Rute ke Bukit Sipolha Simalungun

Masyarakat sekitar welcome terhadap wisatawan yang berkunjung ke tempat dan juga ramah, tidak membedakan wisata muslim maupun nonmuslim.

Tetapi  para wisatawan 90% terdiri dari anak remaja dan orang dewasa, orang tua hanya sedikit karena nuansanya yang untuk berkemah atau bahasa kekiniannya ngecamp.

Bahasa yang digunakan masyarakat sekitar untuk berkomunikasi terhadap wisatawan tetaplah bahasa Indonesia.

Keamanan di tempat ini sangat terjaga di karenakan ada penjaga yang bertanggung jawab atas barang yang dititipkan,dari pengalaman penulis sih belum ada yang pernah kehilangan barang yang dititipkan seperti sepeda motor,helm, atau bahkan handphone yang dititipkan untuk mengisi baterai.

Hari sabtu penulis berkunjung ke bukit indah sipolha dan pulang pada hari minggu. Pada saat itu hanya ada dua tenda sebelum penulis datang dan setelah nya bertambah satu tenda. Tempat ini sangat cocok buat wisatawan yang ingin refresing dan menenangkan pikiran.

Menandai Makanan Halal di daerah Sipolha

Di lokasi wisata tidak ada restoran atau rumah makan, yang ada hanya warung kecil yang menjual snack, minuman, rokok dan lain sebagainya. Buat wisatawan yang ingin berkunjung diharapkan membeli bekal makanan dalam perjalanan. Dalam perjalanan menuju lokasi wisata banyak terdapat makanan yang di haramkan dalam islam.

Nah para wisatawan bisa menandai restoran atau rumah makan itu halal atau tidak dengan adanya bacaan bismillahirrahmanirrahim dalam tulisan arab atau bisa menandainya dengan pakaian yang dikenakan penjual seperti memakai hijab.

Wisata ini tidak memfasilitasi tempat ibadah seperti masjid atau mushalla. Tetapi jangan khawatir para wisatawan tetap bisa melaksnakan ibadah sholat karena banyak air bersih yang terdapat di lokasi dan harus mempunyai niat dan kemauan untuk melaksanakan ibadah agar ibadah sholat tersebut dapat dilaksanakan.

Buat wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata tersebut takut tidak ada signal karena lokasi wisata ini melewati perkampungan, hutan-hutan dan berada di desa. jangan khawatir, untuk lokasi ini jaringan atau signal seluler penuh dan lancar.

Saran dari penulis perhatian dari pemerintah daerah maupun masyarakat untuk mengembangkan desa Sipolha sebagai destinasi wisata potensial agar tidak ditinggalkan para wisatawan danau Toba.

Akses dan fasilitas yang tidak tersokong dengan baik membuat desa ini kurang mampu bersaing dengan destinasi wisata danau Toba lainnya.

Sekian dan terimakasih sudha membaca info seputar akses, lokasi, transportasi, biaya atau harga, tentang wisata bukit sipolha di sipolha horison, Pematang Sidamanik, Simalungun. Yang merupakan pinggiran danau toba yang pemandangannya sangat indah.

Tittle: Bukit Indah Sipolha Simalungun, Desiran Ombak Yang Memanggil
Shared by Deva K.S.

Add a Comment

Your email address will not be published.