Pengalaman Camping di Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit

Inilah pengalaman kami berwisata dan mendirikan camping di Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit terletak di Desa Sikeben, Kec. Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Tempat Camping di Bumi Perkemahan Sibolangit

Jam menunjukkan pukul 06.30 aku segera bergegas untuk mandi, dan menyiapkan diri. Hari ini adalah hari dimana aku melepas semuat penat selama kurang lebih 3 bulan lamanya. Aku mengikuti sebuah Organisasi Remalis dan kami mengadakan liburan yang bertemakan tadabur alam. Berlibur sekalian belajar mengenal alam.

Titik kumpul keberangkatan berada ditanah lapangan tidak jauh dari tempat tinggalku. Akupun segera menuju ketanah lapang, dan sesampainya disana kami pun menunggu beberapa teman lainnya yang belum hadir. Kami beranggotakan 40 orang. Laki-laki 15 dan perempuan 25.

Semua sudah berkumpul kami pun segera masuk kedalam bus untuk berangkat dan tidak lupa  berdoa terlebih dahulu. Perjalanan 3jam lamanya, dan disepanjang jalan kami bernyanyi tertawa bahagia didalam bus.

Singkat cerita kami sampai di lokasi. Dan kami memilih Bumi Perkemahan Sibolangit sebagai tempat wisata berlibur kami.

Lokasi Bumi Perkemahan Sibolangit

 

Ya walaupun tempat ini hanya menyediakan lapangan untuk berkemah namun pepohon dan alam yang masih terjaga keasliannya membuat daya tarik sendiri untuk dikunjungi.

Kamipun segera turun dan menyiapkan diri untuk berjalan lagi menuju lokasi penginapan yang tidak jauh dari lokasi bus. Kami berjalan kurang lebih 20 menit dari lokasi bus dan jalanan yang kami lewati cukup baik, hanya saja masih terdapat lobang kecil disebagian jalan. 

Kami segera berjalan karena waktu sudah menunjukan pukul 17.55 dan mempercepat langkah agar dapat waktu sholat magrib berjamaah.

Setibanya kami dipenginapan, kurang dari 5 menit waktu maghrib tiba kamipun menyiapkan diri untuk sholat berjamaah. Beruntungnya kami menemukan penginapan yang nyaman dan menyediakan tempat ibadah.

Selesai sholat, kami berkumpul untuk makan malam dan sambil berbicara untuk memulai kegiatan besok pagi.

“ Sangat puas bukan dengan tempat penginapan yang ada disini, pemiliknya menyediakan tempat ibadah serta ruangan yang dibagi 2 anatara laki-laki dan permpuan dibedakan” kata ketua panita organisasi
“Ya tentu saja, lebih terasa kekeluargaannya, mereka sangat ramah dan sopan terhadap tamunya” jawab dari salah satu anggota organisasi.

“Ya sudah kalau begitu waktu sudah larut malam  sebaiknya kita istirahat terlebih dahulu agar besok pagi bangun dapat melakukan aktivitas dengan semangat, dan jangan lupa jaga barang bawaan masing-masing”
“Baik kak.” jawab kami serentak
 Keesokan paginya kami melakukan jalan santai/joging didaerah bumi perkemahan.

Suasana hutan pohon di perkemahan sibolangit
Kami berjalan sambil mengamati sekeliling hutan yang masih indah dan sangat terjaga keasliannya. Ternyata bukan hanya kami yang berada disini, banyak wisatawan yang datang ketempat ini untuk berkemah dan melakukan aktivitas lain, Namun yang saya lihat kebanyakan anak kuliahan yang menghabiskan waktu holiday nya untu kesini. 

Lokasinya sangat terjaga kebersihannya, sepanjang jalan kami tidak menemukan sampah yang berserakan. Adapun tempat pembuangan sampah yang telah disediakan oleh pemiliknya.

lapangan untuk camping
Gambar diatas salah satu mahasiswa/i yang sedang melakukan pengkaderan. Gambar itu hanya salah satu contoh yang tidak sengaja saya ambil, dan masih banyak lagi pengunjung yang tidak dapat saya potret. Sangat ramai disini apalagi diwaktu akhir pekan.

Setelah selesai dari lari santai kami pun istirahat sejenak, dan mengambil poto untuk dokumentasi. 

indahnya alam di Bumi perkemahan pramuka sibolangit
Kamipun melanjutkan jalan santai, pagi itu yang sangat indah dengan kicauan burung, hembusan udara pagi hingga para penduduk yang ramah terhadap pengunjung.

Setibanya dipenginapan kami duduk sebentar dan bersiap untuk sarapan pagi. Oh ya, sebelumnya tempat penginapan kami menyediakan dapur juga. Karena tidak semua penginapan yang ada disini tersedia fasilitas yang lengkap seperti kami.

Dilokasi Bumi Perkemahan Sibolangit sebenarnya ada rumah makan, namun menurut saya sebagian penduduk tidak semua muslim ada juga yang terdapat non muslim.

Jadi saran saya lebih baik membawa bekal sendiri, atau masak seperti kami ini ya agar untuk menjaga-jaga yang tidak diinginkan dan juga untuk menghemat pengeluaran.

Dan selesai sarapan kami menlanjutkan untuk bermain games, kami bermain games dengan menggunakan Handhpone dan memanfaatkan jaringan seluler yang ada disini sanagt lancar dan bagus. 

Kami bermain game tebak kata dengan bentuk lingkaran dan suara yang keluar dari handhpone itulah yang harus kita tebak. Seperti ini suasana saat bermain games.

Jalan santai mengelilingi lokasi sudah, sarapan sudah, bermain games sudah. Saatnya kami bersiap-siap untuk kembali.

Walau hanya 1 hari 1 malam kami tinggal dibumi perkemahan ini namun sangat berkesan dan banyak pengalaman yang bisa diambil. Salah satunya bahwa dimanapun kita berada kebersihaan adalah salah satu kunci yang harus dipegang oleh diri kita. 

Karena tanpa kita sadari ketika kita membuang satu sampah saja kejalanan atau tidak pada tempatnya kita akan merusak ekosistem alam yang ada. Ini baru contoh kecil atau hal yang kita anggap spele bagaimana jika orang-orang diluaran sana yang menebang hutan sembarangan tanpa berpikir panjang?
Sungguh besar manfaat Hutan dan alam bagi kita. Bayangkan saja jika kita berada dilingkungan yang gersang atau missal kita berada digurun pasir yang tandus dan tidak ada satupun pohon atau tumbuhan disana. 

Apa yang terjadi? Tentu saja kita akan merasa panas gerah, walaupun kita masih bisa merasakan udara, namun udara yang kita rasakan tidaklah senikmat dan sefresh/sesegar jika kita berada dilingkungan yang ada tumbuhan dan pepohonan. 

Kita butuh alam, apapun yang kita butuhkan ada di alam. Mulai dari obat-obatan,makanan, dan kebutuhan lainnya sudah tersedia dialam. Oleh karena itu kita sebagai manusia marilah menjaga dan melestarikan alam dimulai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Sangking pentingnya kebersihan, didalam agama juga memposisikannya separuh dari iman. Kebersihan merupakan asas terwujudnya kesehatan, salah satu nikmat terbesar dari Allah SWT yang dianugerahkan kepada manusia.  Adapun hadisnya berbunyi : “Kebersihan sebagian dari iman” (H.R Al-Tarmidzi)

Demikianlah cerita mengenai Pengalaman Camping di Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit semoga bermanfaat.

Shared by Ricky P.

Add a Comment

Your email address will not be published.