Candi Bahal Portibi, Lokasi, fasilitas dan biaya masuk

Candi Bahal, Biaro Bahal, atau Candi Portibi adalah kompleks candi Buddha aliran Vajrayana yang  berada di Provinsi Sumatera Utara, sebagaimana yang kami kutip dari  Wikipedia

Lihat Cepat

Pengalaman Mengunjungi Candi Bahal

Setelah sholat zhuhur kira kira pukul 13.00 WIB kami memutuskan untuk memulai perjalanaan yang cukup jauh. Sebelum mengunjungi tempat wisata alam ini, kami juga sudah banyak bertanya tentang wisata ini. Kali ini kami akan memperkenalkan salah satu tempat wisata yang saat cocok untuk keluarga atau teman teman kunjungi pada hari liburnya yaitu candi bahal.

Candi bahal teletak di Desa Bahal, kecamataan Padang Bolak, Portibi, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera utara, yaitu sekitar 3 jam perjalanan dari padangsidempuan atau berjarak sekitar400 km dari kota Medan.

Untuk mengondusifkan waktu selama perjalanan, kami memilih jalur alternative yang dapat memercepat sampainya ke tempat tujuan, jalur alternatif itu berada didalam perkebunan tempat kami PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang menghubungkan dengan cabang perkebunan yang beralamat di Portibi.

Cuaca panas dan jalan yag kami lewati itu cukup jelek membuat kami kewalahan, tetapi tak menghalangi kami untuk melanjutkan perjalanan. Karena walaupun saya kampungnya asli orang Padang Bolak dan jarak rumah saya ketempat wisata ini tidak jauh, tetapi saya tidak pernah mengunjungi wisata ini. Daerah Padang Bolak yang terkenal dengan cuaca panasnya, tetapi udara ditempat wisata ini sangat sejuk dan damai .

Hamparan ladang sawit, sawah, hewan ternak sapi, kerbau yang menghiasi pandangan mata kami dalam perjalanan. Dalam perjalanan itu kami juga melihat ada kerbau yang lagi membajak sawah dan sangat menarik perhatian. Melihat hari yang cukup panas, kami memutuskan untuk beristirahat sejenak dibawah pohon sawit yang berdekaatan dengan sawah itu untuk sekedar menikmati keindahan alam yang tuhan ciptakan.

Tak mau berlama lama karena melihat waktu yang semakin sore kamipun kembali menaikkan gas kenderaan kami.
Pamplet besi yang bertuliskan Candi Bahal yang berwarna putih itu menyambut kedatangan kami. Nah sobat kampus, tempat wisata ini dapat dikatakan sangat murah karena mengeluarkan uang sebesar lima ribu rupiah saja sobat kampus sudah bisa memasuki tempat wisata ini.

Candi Bahal Portibi

Setelah memberi uang kepada petugas kami pun mencari parkir untuk kenderaan dengan bantuan petugas. Sobat kampus tak perlu khawatir dengan keamanan disini, petugas akan menjaga parkiran yang telah disediakan. Tetapi hanya saja ditempat wisata ini tidak disediakan tempat ibadah baik untuk islam maupun non islam.

Jadi jika ingin sholat kita bisa saja sholat dimesjid kompleks perumahan masyarakat sekitar tempat wisata ini.
Bagi pecinta wisata sejarah, tentu tidak akan melewatkan kunjungannya kecandi Bahal saat melakukan trip kesumatera utara, karena candi ini adalah peninggalan kerajaan sriwijaya satu satunya yang ada disumatera utara.

Masih belum diketahui secara pasti, tahun berapa candi ini didirikan, namun yang pasti candi Bahal telah berumur ribuan tahun. Kompleks candi Bahal yang lokasinya ditepi Batang Pane konon sebenarnya terdiri atas 26 kompleks candi. Hanya saja yang telah ditemukan dan saat ini dapat dilihat adalah tiga kompleks candi yang jarak masing masing sekitar 500 meter.

Kompleks candi tersebut dikelilingi oleh tembok dari batu bata dengan ketebalan 1 meter dan setinggi 1 meter. Sementara pada bagian pintu gerbang yang berada disebelah timur, kedua sisinya dikeliligi dinding setinggi 60 cm.

Pada bagian tengah masing masing kompleks candi, berdiri candi utama yang pintu masuknya menghadap kearah gerbang. Untuk menjelajahi kompleks candi Bahal maka harus menyusuri area yang melingkupi kompleks candi Bahal I,II,III yang luas keseluruhannya sekitar 7500 meter.

Candi Bahal I

candi bahal 1

Terhampar dilahan luas 3000 meter candi Bahal I dikelilingi pagar dari batu bata merah dengan ketebalan 1 meter setinggi 60 cm. Bangunan utama terbentuk tatakan atau susunan alas yang terdiri dari kaki setinggi 75 cm, tubuh dan atap candi.

Candi yang menghadap kearah timur ini dihiasi dengan sejumlah pahatan berbentuk manusia dengan beragam posisi. Terdapat pula pahatan berbentuk raksasa duduk pada sisi timur candi.

Candi Bahal II

candi bahal II
Jarak candi Bahal dengan candi bahal I sekitar 300 meter. Ukuran utama candi Bahal II lebih kecil dengan dinding halaman membentuk lantai dan menjorok kearah luar halaman sekitar 4 meter.

Candi Bahal II memiliki bangunan utama tersusun atas tatakan berbentuk bujur sangkar seluas 6 meter, kaki candi setinggi 75 cm, tuuh dan atap candi.

Pada bagian dasar tangga bangunan utama dihiasi dengan arca sepasang kepala makara dengan posisi mulut terbuka.

Candi Bahal III

candi bahal III
Kompleks candi bahal III ini lokasinya agak terpisah dengan kedua candi yang lain dan untuk mencapainya harus melewati jalan setapak diarea perumahan penduduk dan pematang.

Perbedaannya adalah dinding tatakannya yang berhias pahatan motif menyerupai bunga. Sedang bagian atapnya sama persis dengan bagian puncak berbentuk empat persegi.

Setelah mengelilingi tempat wisata ini, tak terasa waktu sudah menunjukkan jam 17.00 wib dan tempat wisata ini tidak beroperasi pada malam hari.

Kami un memutuskan untuk mengakhiri perjalanan engan eksperesi wajah yang ceria bercampur tawa dan sudah siap dibagikan unutk teman teman maupun sobat kampus ! Selamat Liuran! Jangan sampai tak mengunjungi Candi Bahal Portibi ya sobat semua, ya!

Sekian pengalaman berkunjung ke salah satu tempat wisata di portibi, candi bahal, shared by Dina S.

Add a Comment

Your email address will not be published.