Lokasi Camping di Danau Laut Tawar Aceh Tengah

Ini cerita sewaktu berlibur ke objek Wisata Danau Laut Tawar Aceh Tengah, Takengon. Kota Takengon, Ibu Kota Aceh Tengah, semoga info lokasi dan harga tiket masuk wisata ini bermanfaat dan menarik perhatian anda untuk berkunjung.

Danau Laut Tawar Aceh Tengah Takengon

Destinasi andalan wisata di lokasi ini yaitu Danau Laut Tawar, Danau tersebut merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang banyak dikunjungi bila mampir ke Aceh. Kawasan perairan seluas kurang lebih 5.400 hektar persegi ini dikenal sebagai danau terbesar se-Aceh raya. Masyarakat setempat mengenalnya sebagai Danau Laut Tawar. Danau yang dipagari perbukitan cantik nan indah.

Lokasi Objek Wisata Danau Laut Tawar Aceh Tengah, Takengon

Danau Laut Tawar lokasinya terletak di Dataran Tinggi Gayo, di Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Nanggroe Aceh Darussalam. Suku Gayo menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar ataupun nama lain dari Danau Laut Tawar yang juga sering disebutkan oleh masyarakat setempat adalah Dermaga Dedalu, yang diambil dari nama desa dilokasi tersebut.

Lokasi tempat parkir berada di sisi kiri dan kanan jalan dan berada di ketinggian. Sementara, dermaga berada di bawah. Untuk ke obyek wisata Danau Laut Tawar, wisatawan harus menuruni tangga. Setiba di bawah, terdapat pondok lesehan. Di pondok itu, tempat pengunjung beristirahat sembari menikmati pemandangan.

Di sana, juga tersedia kafe yang menyediakan berbagai makanan jadi jika pengunjung  lapar dan tidak membawa makanan bisa beli dikafe tersebut harganya juga terjangkau. Bagian tengah kafe terdapat taman buatan yang berbentuk melingkar. Selain itu, juga ada kebun binatang mini walaupun hanya ada beberapa hewan tetapi bisa untuk mencuci mata bahkan sebagai spot foto.

Musholla dan toilet juga tersedia, kondisi mushollah nyaman dan menyediakan mukena bagi para akhwat dan toiletnya cukup bersih serta airnya juga melimpah sehingga membuat pengunjung nyaman. Setelah pondok dan taman ini terdapat jembatan memanjang ke bibir Danau Laut Tawar. Di ujung jembatan itulah dibangun sejenis dermaga.

Di sini, obyek paling diburu wisatawan untuk berswafoto dan foto bersama. Di lokasi itu tersedia satu kursi memanjang dan cocok berfoto dengan latar belakang gunung dan hamparan Danau Laut Tawar.

Kawasan tempat parkir kendaranaan sekaligus taman di danau laut tawar aceh tengah

Akses Transportasi ke Lokasi Danau Laut Tawar Aceh Tengah dari Kota Medan

Menyambangi danau ini, kita hanya perlu bertolak sekitar tiga jam dari kota Medan, jika mengendarai kereta, tetapi jika mengendarai mobil pribadi ataupun travel karena tidak ada bus yang mengarah kesana sekitar 4-5 jam,sementara jika naik pesawat sekitar 7 jam turun dibandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh lalu melanjutkankan perjalanan dengan mobil pribadi ataupun travel  dari Ibu kota provinsi, Banda Aceh untuk dapat menyambangi Danau Laut Tawar.

Untuk menuju obyek wisata cukup mudah Lokasinya tidak jauh dari ibu kota Aceh Tengah, Takengon. Begitu tiba di pusat Kota Takengon, Aceh Tengah, tersedia penunjuk arah yang mengarahkan ke Danau Laut Tawar. Ikuti penunjuk arah itu, Butuh waktu sekitar tiga puluh menit dari Kota Takengon menuju obyek wisata ini.

Wisatawan yang menginap di pusat kota mudah menuju lokasi itu karena penginapan hanya ada di pusat kota . Jalan menuju tempat itu pun tampak mulus sambil menikmati gugusan Danau Laut Tawar yang berada tepat disamping jalan menuju ke lokasi wisata dan juga yang dikelilingi pengunungan hijau nan sejuk.

Harga Tiket Masuk Wisata Danau Laut Tawar Aceh Tengah

Untuk masuk ke obyek wisata ini pun terbilang murah. 

  • Jika hari biasa cukup membayar tiket masuk Rp 5.000 per orang tetapi 
  • jika hari libur naik menjadi Rp 10.000 per orang dan 
  • biaya parkir Rp 5.000 per kendaraan roda dua, dan 
  • Rp 10.000 per kendaraan roda empat. 

Untuk berkeliling danau, biasanya pengunjung akan dibawa dengan sebuah perahu yang disediakan. Jika wisatawan ingin berenang di Danau tersebut.

maka ada tempat yang disediakan karena tidak semua perairan di danau tersebut bisa berenang sembarangan, maka  bagi yang berenang akan tampak terumbu karang serta ikan-ikan cantik air tawar

Pemandangan sekitarnya pun masih alami sebab belum banyak tersentuh manusia. Nah, kalau teman-teman tidak mau berenang, masih ada kegiatan lain yang tak kalah asyik yang bisa dilakukan yaitu memancing dan berperahu di sekitar danau.

Banyak juga para traveler yang hobi memancing melakukan aksinya di danau tersebut. Jadi di danau tersebut banyak yang bisa kita lakukan selain pemandangannya yang indah yang menyejukkan kita juga bisa berenang, berperahu dan juga memancing.

Bibir danau yang dijadikan tempat berenang bagi wisatawan

Wisata ini cocok untuk tempat liburan keluarga karena bisa dinikmati dari anak kecil sampai orang tua. Mungkin sebagian dari orang tua bisa menikmati keindahan alamnya dan bagi anak muda bisa mengapresiasikan dirinya baik dengan berfoto, berenang ataupun memancing, serta bagi anak kecil bisa bermain-main ditaman maupun kebun binatang mininya.

Sambutan masyarakat setempat sangat baik bahkan mereka senang karena banyak orang yang berkunjung ke daerah mereka dan menjadikan desa mereka sebagai tempat wisata favorit. Mengenai makanan yang ada di sana insya allah dijamin halal karena mayoritas masyarakat aceh menganut agama islam jadi tidak perlu ragu ataupun takut untuk membeli makanan yang sudah dijamin halal disana.

Adapun penginapan hanya ada di pusat kota tidak ada disekitar lokasi wisata dan juga lokasi wisata jarang dari pemukiman penduduk karena memang disekitaran jalan menuju lokasi dikelilingi oleh danau dan juga gunung. Maka dari itu keadaan sinyal di sekitar lokasi wisata buruk jadi susah untuk yang mau mengakses internet.

Ketika saya dan keluarga berkunjung ke sana setahun yang lalu, dihari rabu dan juga bukan waktu liburan serta sudah menjelang sore jadi keadaannya sepi, tetapi kata petugas disana jika tiba waktu liburan pengunjung membludak karena Danau Laut Tawar merupakan salah satu icon terkenal di Aceh khususnya di kota Takengon.

Justru saya lebih suka jika berkunjung ke tempat wisata sepi karena bisa bebas berfoto ataupun berswafoto jadi hasil foto yang kita ambil lebih bagus karena tidak terhalang oleh orang banyak yang bisa mengganggu pemandangan.

Karena memang spot foto di lokasi Danau tesebut bagus.  Yang menjadi spot foto favorit wisatawan adalah dibibir danau yang dipagari pegununungan dan juga pondok yang  berada di atas air jadi seakan-akan berada ditengah danau.

Selain dikenal dengan panorama alamnya nya nan memesona, Danau Laut Tawar juga digelayuti sederet mitos yang turun temurun tumbuh di masyarakat setempat. Antara lain mitos menyoal keberadaan Putri Ijo, si penunggu danau dan Lembide, mahluk mitologi penghisap darah dalam kepercayaan masyarakat Aceh.

Spot foto di pinggir Jalan yang mengelilingi Danau Laut Tawar Takengon

Dari Danau Laut Tawar, teman-teman bisa menikmati pemandangan yang indah dengan pegunungan yang hijau dan danau berwarna kebiru-biruan, dan luasnya yang menyerupai laut. Seperti namanya, Danau Laut Tawar, Danau yang seperti laut tetapi airnya tidak asin melainkan tawar.

Di sekeliling Danau Laut Tawar juga ada tempat wisata lain yang bisa dikunjungi sekaligus. Tak jauh dari danau misalnya, ada sebuah gua bernama Gua Loyang Putri Pukes. Alkisah, di gua ini terdapat sebuah batu Putri Pukes. Legenda bermula ketika seorang perempuan bernama Putri Pukes menikah dengan pria di desa tetangga.

Ketika Putri Pukes akan pindah ke desa suaminya, ia dilarang oleh sang ibu agar jangan menoleh kembali ke rumah. Namun, sang anak tidak mengikuti peringatan tersebut sehingga ia berubah menjadi batu. Selain itu sejumlah destinasi wisata juga ada di Aceh Tengah seperti pesona Burn Telege, Pantan Terong, dan yang lebih menarik lagi kebun kopi Gayo, jadi sambil berwisata bisa mencicipi nikmatnya seduhan kopi asli Gayo, dengan cuaca yang dingin didaerah sana yang mendukung.

Danau Laut Tawar ini pantas untuk dinobatkan sebagai destinasi wisata halal di Aceh. Bahkan sudah dinobatkatkan sebagai wisata halal favorit di Aceh khusunya kota takengon. Karena keberadaan wisata ini letaknya di kota Serambi Mekkah, Nanggroe Aceh Darussalam.

Yang perlu ditingkatkan di lokasi wisata Danau Laut Tawar ini ialah untuk lebih diperbanyak lagi pohon biar rindang terutama di spot foto jadi ketika ingin foto lebih teduh dan tidak langsung terkena panasnya terik matahari di siang hari.

Dan satu lagi untuk lebih tingkatkan lagi kebersihan kalau perlu kenakan denda bagi yang membuang sampah sembarangan agar lokasi wisata tersebut tetap asri.

Demikianlah pengalaman berkunjung ke Lokasi Wisata Danau Laut Tawar Aceh Tengah Takengon yang sungguh indah dan selalu teringat…Semoga menginspirasi anda semua untuk mengunjungi objek wisata di Takengon ini.
Salam mozafir, shared by Dewi C.

Add a Comment

Your email address will not be published.