Danau Siais, Pesona Wisata Alam Tapanuli Selatan

Banyak objek lokasi wisata alam di Tapanuli Selatan, salah satunya danau siais yang menjadi primadona utama disini adalah legenda ikan “keramat”.

Lokasi danau siais tepat berada di desa Rianiate, Angkola Barat, Tapanuli Selatan. Jarak tempuh dari kota Padangsidempuan sekitar 40 km bila menggunakan kenderaan pribadi melewati Batang Toru.

Selama diperjalanan menuju Danau Siais ini para wisatawan sudah tidak perlu khawatir lagi mengenai jalan yang akan dilewati, dulunya memang masih sangat jelek dan banyak lubang dimana-mana.

Tetapi,sekarang pemerintah sudah memperbaiki nya dan jalanannya sudah jauh lebih bagus daripada yang dulu. Karena memang masih terdengar asing bagi masyarakat yang berada diluar daerah Tapanuli Selatan, daerah wisata ini bisa dikatakan masih sepi pengunjung, terlebih lagi untuk penginapan masih jarang dapat ditemukan.

Pada akhir tahun 2018 kemarin saya dan keluarga berkunjung ke Danau Siais,dan menginap hanya ditempat warung milik penduduk setempat saja. Tapi,walaupun seperti itu rasanya kita tidak menyesal mengunjungi tempat ini.

Untuk biaya wisata masuk ke Danau Siais itu gratis, tetapi karena kami menginap disalah satu warung yang terdapat di pinggir danau jadi kami membayar seikhlasnya saja. Dan perlu diketahui sinyal didaerah ini masih sangat susah.

Danau yang ada disini cukup luas,air yang bersih dan memiliki banyak ikan. Oh iya,mengenai ikan menurut kepercayaan dan tradisi,masyarakat setempat ataupun para wisatawan yang berkunjung kedanau ini dilarang untuk menangkap ikan yang berada di sekitar danau, jika tetap ingin menangkapnya maka dipercayai orang tersebut akan mendapat sial ataupun musibah.

Di Danau Siais ini tidak hanya terdapat sebuah danau saja,tetapi kita juga bisa menemukan panorama alam disepanjang jalanan kalau kita hendak lanjut kedaerah Pantai Barat di Mandailing.

Disepanjang perjalanan,kita juga bisa menemukan beberapa air terjun yang berada di pinggir jalan, tebing-tebing yang indah, aliran sungainya yang bersih dan memiliki pasir yang putih,udara yang segar karena disekeliling nya masih terdapat pepohonan yang tinggi dan segar.

Oh,iya saat itu saya juga sempat melihat pemandangan alam seperti raja ampat yang berada di papua. Untuk fasilitas, seperti yang saya bilang tadi daerahnya masih dibilang cukup sepi.

Jadi,kita hanya bisa menemukan musholah yang tidak begitu besar apabila sampai didaerah perkampungan saja. Rumah makan pun masih jarang ditemukan,apalagi hotel/penginapan.

Menurut saya pemerintah seharusnya sudah mengembangkan pembangunan fasilitas yang dibutuhkan didaerah ini,karena memang Danau siais sudah sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga.Terakhir,saya fikir tempat wisata ini belum bisa dijadikan wisata halal.

Karena, disepanjang jalanan saya masih menemukan beberapa penjual minuman keras. Demikianlah pengalaman cerita berwisata ke Danau Siais, Pesona Wisata Alam Tapanuli Selatan

Salam mozafir…shared by Saantryy

Add a Comment

Your email address will not be published.