Wisata ke Danau Toba: Ini Biayanya dari Mulai naik kereta api dari Medan

Wisata ke Danau Toba Ini Biayanya

Ini adalah cerita singkat saya berlibur atau berwisata ke danau toba dengan estimasi biaya yang murah. Berhubung tempat tinggal saya berlokasi dekat dengan Stasiun Bandar Khalipah jadi saya berangkat dari Stasiun tersebut ke kota Siantar, tidak perlu menghabiskan uang dengan berangkat dari Stasiun Medan yang berada tepat di depan Lapangan Merdeka.

Harga tiket Kereta Api Siantar Ekspres untuk 1 orang adalah Rp. 22.000, biasa kalau masa liburan sekolah, tiket K.A kelas Ekonomi cepat habis, tapi tenang masih ada tiket K.A Eksekutif  namun harga nya cukup mahal yaitu Rp. 80.000 untuk 1 orang penumpang.

Keberangkatan dari Medan Pukul 10.13 dan Sampai di Stasiun Siantar Pukul 14.25, memakan waktu  sekitar 4 Jam 12 Menit. Setelah saya sampai di Stasiun K.A siantar saya dijemput oleh saudara saya yang tinggal di perumahan Asrama Polisi Pematang Siantar.

Sebenarnya di siantar banyak angkutan umum menuju parapat danau toba dengan biaya yang murah sangat cocok bagi anda yang backpacker sendiri ke danau toba, tapi saya memilih bersama keluarga. Jarak dari Stasiun ke rumah saudara saya kurang lebih 20 menit dengan menggunakan mobil pribadi. Esoknya saya berangkat ke Danau Toba, dari Perumahan Asrama Polisi menuju Danau toba memakan waktu sekitar 1 jam, selama perjalanan menuju danau toba terasa sekali udara segar dan sejuk yang dihirup ke hidung, berbeda sekali dengan udara di kota Medan, saya benar-benar merasakan ketenangan dan kedamaian yang begitu HQQ 😀 (bahasa anak zaman sekarang).

Setelah sampai Gerbang Danau toba banyak sekali orang jualan aneka macam buah-buahan segar mulai dari mangga udang, Apel, Jeruk, Anggur, sayur-sayuran, dll.

Harga tiket masuk ke danau toba sangat murah yaitu Rp.5.000. saya dan keluarga berenang-berenang di pinggir danau sambil membakar ikan bakar yang sudah disiapkan dari rumah.

Setelah puas berenang kami pergi ke Pasar Tomok  yang berada di Pulau samosir, untuk sampai kesana saya naik Kapal dari Pelabuhan Ajibata dan singgah di Batu Gantung, harga naik Kapal penyeberangan tersebut per orang adalah Rp.15.000.

kapal penyeberangan dari parapat ke samosir
kapal penyeberangan dari parapat ke samosir
Batu Gantung di tepian danau toba, selalu di singgahi kapal penyeberangan bagi wisatawan
Batu Gantung di tepian danau toba, selalu di singgahi kapal penyeberangan bagi wisatawan

Di pasar Tomok Anda bakalan puas berbelanja untuk oleh-oleh atau cenderamata buat keluarga di rumah, oleh-oleh khas Batak seperti ikat pinggang batak, baju rajut motif batak, sandal kulit, gantungan kunci, kaos bertulisan lake toba Syal batak, Patung khas dan lain sebagainya.

pasar tomok menjual oleh-oleh khas danau toba
pasar tomok menjual oleh-oleh khas danau toba

Harga oleh-oleh khas danau toba di pasar tomok tidak terlalu mahal, masih cukup terjangkau, saya beli perkaosnya Rp.35.000 kalau ambil lebih dapat kortingan harga jadi Rp.30.000, dan saya juga membeli aneka gelang untuk para keponakan saya dengan harga Rp.5.000 – Rp.10.000, sedangkan harga tas anyaman dan topi anyaman berkisar dari mulai Rp.30.000 hingga Rp.50.000.

Setelah puas berbelanja kami kembali pulang, sekian pengalaman dari saya semoga dapat bermanfaat buat para pembaca yang ingin berlibur wisata ke danau toba dari kota Medan terutama naik kereta api.

Sekian cerita saya yang singkat ini tentang Wisata ke Danau Toba: Ini Biayanya dari Mulai naik kereta api dari Medan semoga ada manfaatnya ya… salam mozafir, story by Nurul A.L.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.