Wisata Pemandian Air Panas Goa Ergendang

pemandian air panas Goa ergendang

Indonesia adalah Negara maritim yang memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa baik laut maupun darat, Jadi disini saya sangat tertarik dengan keindahan yang ada di Indonesia terutama Sumatera Utara, sebab saya tinggal di Sumatera Utara maka alangkah baiknya saya lebih mengetahui daerah-daerah wisata yang terdapat di Sumatera Utara.

Saya juga memiliki hobi jalan-jalan dan berkeliling serta mengunjungi wisata di sekitar daerah tempat saya tinggal.

Saya pernah ke Bukit Lawang dengan teman-teman menggunakan sepeda motor untuk mengunjungi sungai Landak river yang dekat dengan lokasi goa kampret, kemudian saya juga pernah mengunjungi wisata Gundaling dengan teman seperjuangan.

Kami juga pergi menggunakan sepeda motor, disinilah saya bersyukur memiliki teman yang sangat berani untuk menjelajah dan mempunyai hobi yang sama dengan saya sehingga memudahkan saya untuk sering-sering bepergian mengunjungi serta menikmati wisata yang ada.

Kemudian kami juga pernah pergi ke Danau Linting, wisata ini terdapat di Kabupaten Deli Serdang, yang mana perjalanan kesana dari lokasi saya terbilang tidak terlalu jauh dibanding dengan Wisata Sungai Landak river yang terdapat di Bukit Lawang.

Beberapa minggu kemudian kami pun pergi menuju wisata Goa Ergendang yang mana lokasi ini juga dekat dengan Danau Linting, yang mana lokasi ini membuat saya tertarik untuk melihat wisata alam yaitu Goa.

Maka Goa Ergendang inilah wisata yang akan saya ceritakan atau jelaskan kepada bapak sebagai tugas.

Pemandian air panas Goa Ergendang terletak di Desa Penungkiran, bagian dari Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hilir di Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Jarak tempuh dari rumah saya sekitar 59 KM , yang mana saya tinggal di Medan Labuhan. Pada tanggal  09 Februari 2020  Saya dan teman-teman pergi ke wisata tersebut menggunakan sepeda motor.

Jalan menuju ke lokasi sudah terbilang bagus, tidak ada lagi tanah yang becek becek atau rusak. Di perjalanan dari lokasi awal menuju lokasi tujuan kami melewati jalan Yos Sudarso kemudian menuju jalan Sisimangaraja dan sampai di tujuan.

Waktu tempuh yang kami lalui menuju ke lokasi sekitar 1 jam 50 Menit. Perjalanan kesana pun sangat asri sehingga di perjalanan kita sangat menikmati udara serta pepohonan yang membuat jalan menjadi sejuk.

Setiba disana kami masuk dengan biaya tiket sebesar Rp. 13.000/org sudah termasuk uang parkir.

Langsung saja kami memanjakan diri untuk melihat keunggulan wisata tersebut, Goa dan pemandian air panas ini sangat menarik, yaitu adanya perpaduan dari dinding bebatuan alami yang mengelilingi seluruh area pemandian yang ada, dan ternyata info yang saya ketahui bahwa kolam atau pemandian tersebut memang sengaja di buat oleh penduduk sekitar untuk memikat wisatawan.

Goa ergendang
Goa ergendang

Air tersebut langsung bersumber dari Air Panas Penen, Deli serdang yang dialirkan dengan menggunakan pipa kecil. Air ini memiliki kandungan belerang namun tidak berbau sama sekali seperti pemandian air panas di berastagi atau sibolangit, maka sedikit menguntungkan jika kita tidak terlalu menyukai bau tersebut.

Kolam yang ada di lokasi tersebut ada sekitar 4 kolam yang mana kedalamannya masing masing berbeda. Dan ternyata makna dari Goa Ergendang ini ialah “Menabuh Gendang” yang mana pada waktu tertentu goa ini menghasilkan bunyi mirip dengan orang yang sedang bermain gendang.

Berbicara tentang fasilitas, Di lokasi wisata ini memilik tempat parkir, yang mana uniknya ialah di samping tempat parkir sepeda motor ada kandang kuda, yang menurut saya alangkah baiknya kuda tersebut juga dijadikan objek wisata untuk menambah daya tarik wisatawan ke lokasi tersebut.

pemandian air panas Goa ergendang
pemandian air panas Goa ergendang

Kemudian ketika kita hendak menuju kolam kita akan melewati mushola yang sangat sederhana serta toilet dan tempat wudhu yang kurang nyaman, padahal menurut saya wisatawan sangat terbilang banyak dan mayoritas islam.

Maka alangkah baiknya bahwa fasilitas mushola dan toilet haruslah diperbaiki agar terlihat nyaman saat menggunakannya. Kemudian kita akan melihat adanya kios-kios makanan, baik makanan ringat maupun berat.

Uniknya ialah di kios-kios tersebut pasti menjajakan buah-buahan seperti pisang, jeruk, sirsak dan alpukat yang mana buah tersebut adalah hasil dari panen masyarakat daerah tersebut, maka kita pun bisa sangat keindahan serta ke-khas-an daerah tersebut.

Berbicara tempat duduk, disana tidak disediakan khusus tempat duduk bagi pengunjung, namun disana terdapat halaman yang luas, maka para pengunjung membawa tikar atau alas duduk masing-masing dari rumah.

Nah mungkin ini sedikit lebih baik dari pada memaksa pengunjung untuk duduk di tempat yang mereka sediakan seperti wisata-wisata lain yang sengaja menyediakan namun kita tetap harus menyewa kembali yang biasa kita tau dengan uang yang relatif sedikit mahal.

Sesampai disana kami pun berfoto riya untuk menandakan atau sebuah bukti bahwa kami sudah pernah kesana hehe, yang jelas untuk kenang-kenangan masa muda.

Maka menurut saya wisata ini sungguh menarik serta sangat bagus untuk jadi salah satu wisata yang harus di kunjungi, sederhana namun sangat berkesan.

Wisata Pemandian Air Panas Goa Ergendang Story by Nurul I.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.