Isi Istana Maimun, Koleksi Budaya Kesultanan Deli

Bagi para pengunjung yang datang ke istana, mereka masih bisa melihat-lihat koleksi yang dipajang di ruang pertemuan, seperti foto-foto keluarga sultan, perabot rumah tangga Belanda kuno, dan berbagai jenis senjata.

Istana Maimun

Desain istana dengan gaya Tradisional Istana-istana melayu dan pola India Islam (Moghul) yang terlihat dari bentuk lengkungan atap.

Desainer Istana Maimun oleh Arsitek Italia, dan ada versi lain menyebutkan desainer Istana seorang belanda bernama T.H. Van Erp.

Jika kita melihat kedalam istana ada perpaduan budaya Belanda yang terlihat dari perabotan istana seperti kursi, meja, toilet lemari dan pintu, pengaruh budaya Belanda juga terlihat di marmer prasati di depan tangga yang ditulis dengan bahaa Belanda.

Arsitektur bangunan merupakan perpaduan antara ciri arsitektur Moghul, Timur Tengah, Spanyol, India, Belanda dan Melayu. Pengaruh arsitektur Belanda tampak pada bentuk pintu dan jendela yang lebar dan tinggi.

Tapi, terdapat beberapa pintu yang menunjukkan pengaruh Spanyol. Pengaruh Islam tampak pada keberadaaan lengkungan pada atap. Bentuk lengkungan ini amat populer di kawasan Timur Tengah, India dan Turki.

Semoga sekilas info istana maimun dan koleksi budayanya bermanfaat…
Salam mozafir….shared by Ariesti S.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.