Istano Basa Pagaruyung: Fasilitas Wisata dan Biaya Tiket Masuk

Biaya Tiket Masuk Istano Basa Pagaruyung

Alhamdulillah, pada tanggal 12 Agustus 2019 lalu saya bersama teman-teman saya pergi ke istana basa pagaruyuang, hal menarik yang membuat kami ke sana itu merupakan istana kerjaan melayu bernuansa minang, selain bentuk bangunan yang berciri khas minang posisi gedung ini di daerah perbukitan.

Sungguh pengalaman yang luar biasa untuk saya dan teman saya bisa menginjakkan kaki di istana pagaruyuang ini, ketika kami setiba nya disana hal yang lucu itu ketika ada badut yang menawarkan jasa foto kepada kami, saya tidak ikut berfoto karena saya kurang tertarik berfoto bersama badut-badut itu.

Akhirnya teman saya saja yang berfoto bersama mereka, hal unik nya ketika satu badut yang menawarkan malah beberpa badut juga menghampiri teman saya, setelah berfoto akhrinya semua badut-badut itu meminta upah se ikhlas hati kepada teman saya. Sepintar itu badut-badut nya.

Istana pagaruyuang ini memiliki 3 lantai, banyak peninggalan-peninggalan sejarah didalamnya. Tetapi istana pagaruyuang ini merupakan bangunan replikasi dari aslinya. Karena bangunan ini pernah mengalami kebakaran. Banyak wisatawan yang datang ke istana ini untuk melihat sejarah mengenai kota minang.

 

Selain itu banyak pula anak muda yang melakukan foto preweding di lokasi tersebut.

Istano Basa Pagaruyung
Istano Basa Pagaruyung

Ketika hendak memsauki istana tersebut maka para pengunjung akan disambut oleh gapura. Gapura tersebut tertulis “Istano Basa Pagaruyuang” selain itu disambut juga oleh badut-badut yang saya ceritakan diatas. Lokasi istana pagaruyuang ini 5 KM dari pusat kota batu sangkar, sumatera barat.

Lokasi : Jl. Sutan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Tj. Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat

Buat kalian bisa menggunakan kenadaraan pribadi, jika kalian dari luar provinsi bisa menggunakan rental mocil atau travelling.

Fasilitas Wisata Istano Basa Pagaruyung

Biaya Tiket Masuk Istano Basa Pagaruyung
Spot populer berfoto di Istano Basa Pagaruyung

Ada banyak sekali fasilitas di sana, Pertama kalian bisa menjumpai fotografer, kalian bisa menyewa jasa fotografer disana dengan mengeluarkan kurang lebih Rp. 30.000, maka kalian bisa mendapatkan foto yang telah di cetak.

Kedua, Persewaan baju adat, disana ada tempat penyewaan baju adat untutk para pengunjung, akan menarik lagi jika kita berfoto dengan mengenakan baju adat minang.

Ketiga Tempat parkir, Tempat parkir yang sudah disediain agar memudahkan para pengunjung untuk parkir kendaraannya.

Keempat, Mobil Wisata dan kotak Amal, para pengunjung juga bisa berkeliling dengan menyewa mobil wisata, untuk memudakan paa pengunjung menjelajahi seluruh halaman isatana tersebut. Kotak Amal, selain berwisata, para pengunjung juga dapat beramal dan berbagi rezeki.

Peninggalan sejarah di Istano Basa Pagaruyung
Peninggalan sejarah di Istano Basa Pagaruyung

Makanan Halal di sekitar Istano Basa Pagaruyung

Tidak perlu takut akan kehalalal makanan diasana, karena daerah tersebut merupakan mayoritas muslim, jadi para pedagangnya juga seorang muslim. Banyak makanan yang bisa anda nikmati di sana, makanan kecil untuk anak-anak juga banyak di jual disana.

Selain itu banyak juga yang menjual mainan-mainan untuk anak-anak seperti burung terbang, balon, dll. Yang paling menarik makanan khas minang disana ialah opak di taburi mi putih dan kuah sate padang, dengan harga berkisaran RP.5.000.

Biaya Tiket Masuk Istano Basa Pagaruyung

Biaya untuk masuk ke istana ini tidak teralalu mahal, cukup buat kantong siswa/mahasiswa. Pengunjung dewasa dibebankan dengan harga tiket nya Rp.15.000/orang, sedangkan anak-anak dikenakan biaya sebesar Rp. 7.500/orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000/orang.

Demikian info singkat cerita holiday saya ke Istana Rajo Basa Pagaruyuang tentang Fasilitas Wisata dan Biaya Tiket Masuk, salam mozafir, shared by M. Fahmi R.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.