Kebun Madu Efi: Wisata Alam Anak Muda Kekinian di Kabanjahe

Kebun Madu Efi Wisata Alam Anak Muda Kekinian di Kabanjahe

Kebun Efi atau yang biasa disebut “Taman Madu Efi” ini terletak di Jl. Kabanjahe, Siosar, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Kebun atau taman bunga yang berlokasi di daerah dataran tinggi ini memiliki panorama alam yang indah di sekelilingnya.

Dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam untuk sampai ke lokasi ini apabila perjalanan dari Tanjung Morawa, pengunjung bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan hutan, bukit, gunung dan kebun-kebun milik warga sehingga perjalanan tidak terlalu terasa melelahkan walaupun terbilang jauh.

Untuk menuju ke lokasi ini, bisa melalui Jl. Jamin Ginting Medan dan bisa juga melaui Kabupaten Simalungun.

Kebun efi ini buka setiap hari, apabila hari sabtu dan hari libur lainnya, pengunjung diperbolehkan untuk camping atau berkemah di pondok-pondok atau gazebo yang telah disediakan oleh pengelola.

Disarankan pengunjung datang dipagi hari dikarenakan udara terasa lebih segar dan pengunjung lain pun belum terlalu ramai serta lebih baik berkunjung tidak pada hari-hari besar karena jumlah pengunjung pasti akan lebih banyak sehingga kurang nyaman dalam menikmati suasana di kebun ini.

Biaya masuk taman madu efi kabanjahe
Biaya masuk taman madu efi kabanjahe

Untuk tiket masuk ke kebun ini, seharga Rp. 10.000/orang, dengan lokasi parkir yang luas sehingga lebih leluasa. Di lokasi ini terdapat cafe yang menyediakan berbagai makanan dan minuman hangat yang jauh dari unsur haram, atau dapat dikatakan makanan dan minuman disini halal.

Untuk masalah sarana seperti toilet di tempat ini pun terbilang bersih dan bagus, lokasinya yang bersih sehingga kita tidak perlu takut adanya binatang melata ataupun yang lainnya ada area ini. Untuk yang beragama Muslim pun tidak perlu khawatir untuk beribadah karena pengelola kebun telah menyediakan Mushola.

Di perjalanan menuju ke lokasi ini juga terdapat Mushola yang berada di lingkungan Muslim, jadi tidak perlu khawatir apabila telah masuk waktu Shalat.

Kebun efi merupakan tempat wisata yang instagramable, cocok untuk anak-anak muda berswafoto dengan keindahan kebun ini.

wisata kebun efi kanajahe
wisata kebun efi kanajahe

Tempat wisata ini menyediakan berbagai spot menarik seperti kebun bunga warna warni, tempat berkeliling dengan kuda, kebun madu yang didalamnya terdapat lebah-lebah penghasil madu milik kebun tersebut, sekeliling terdapat bukit-bukit nan indah dan menyejukkan mata, serta pemandangan Gunung Sinabung yang dapat terlihat jelas dari kebun ini menambah ketertarikan tersendiri pada lokasi ini.

Pengunjung juga dapat melihat langsung secara dekat ternak kuda milik kebun ini, serta dapat berkeliling kebun dengan menaiki kuda.

Dengan berkunjung ke tempat ini, dapat menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran dari aktifitas-aktifitas yang super sibuk di hari-hari produktif. Tempat ini sangat indah dan cocok juga dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Kebun ini di desain dengan sangat tersusun dan bagus sehingga sangat elok dipandang mata. Ke lokasi ini juga bisa menggunakan motor karena jalan menuju kesini terbilang luas dan bagus.

Saat perjalanan menuju kesini apabila telah masuk ke daerah Siosar maka mata akan terpesona melihat keindahan dikanan kiri jalan, sejauh mata memandang akan terlihat bukit-bukit yang indah, gunung sinabung yang terlihat sangat gagah dan perkebunan-perkebunan warga seperti kebun jeruk lemon lokal, kebun sawi, kebun jeruk dan kebun-kebun lainnya.

Jalan yang dilalui pun sangat bagus, dengan naik turunnya jalan tersebut dan kelok-kelok nya yang menarik dilihat, dapat memanjakan mata kita.

Dikebun ini pun terdapat banyak bunga yang dibatasi oleh pagar kayu yang unik, sehingga pengunjung tidak bisa dengan mudah memetik bunga tersebut, dan disetiap bunga biasanya akan ada lebah-lebah jinak yang berterbangan dan hinggap dibunga-bunga itu.

Di bagian kebun bunga ini terdapat jalan-jalan setapak ditegah-tengah dengan kanan dan kirinya terdapat bunga-bunga yang beragam warnanya sehingga sangat bagus jadi spot foto terbaik. Terkadang di waktu-waktu tertentu, pengunjung juga diperbolehkan ikut memanen madu-madu dari kebun lebah tersebut.

Kebun Madu Efi Wisata Alam Anak Muda Kekinian di Kabanjahe
Kebun Madu Efi Wisata Alam Anak Muda Kekinian di Kabanjahe

Di kebun efi ini, pengunjung bisa berkemah tanpa harus susah payah membangun tenda, karena telah disediakan pondok atau gazebo yang didalamnya terdapat tenda yang dibangun dengan unik dan menarik serta nyaman.

Di area camping ini pun pengunjung dapat membuat api unggun untuk menghangatkan tubuh dari udara yang sangat dingin pada malam hari. Desain bangunan-bangunan di kebun ini sengaja dibuat menyerupai rumah adat karo sehingga tampak lebih menarik.

Gunung Sinabung adalah spot paling menarik yang dapat dinikmati dari kebun ini, apalagi bila saat Gunung Sinabung mengeluarkan asap, hal tersebut akan jauh lebih indah lagi untuk dinikmati.

Lokasinya yang berada diperbukitan membuat udara disini sangat sejuk, dan berbeda sekali dengan udara di perkotaan. Kebun ini juga bisa dijadikan tempat hangout di cafe nya yang unik dan bergaya tradisional itu.

Kebun Efi atau Taman Madu Efi merupakan tempat yang sangat recomended untuk dijadikan tempat berlibur.

Sekian cerita wisata tentang Kebun Madu Efi: Wisata Alam Anak Muda Kekinian di Kabanjahe…salam mozafir, story by Riska N.D.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.