Mancing laut medan, Dari pantai labu

strike ikan lemadang di spot tuasan andalan para nelayan pantai labu
strike ikan lemadang di spot tuasan andalan para nelayan pantai labu
strike ikan lemadang di spot tuasan andalan para nelayan pantai labu

Selepas maghrib, kami kumpul 7  orang di Tembung, kali ini saya @isyan akan mancing laut sekitaran perairan sumatera utara naiknya dari pantau labu bersama para pebisnis durian.

Ini kali pertama saya berangkat ke laut tengah mancing dari pantai labu, kalau sekitarnya di rantau panjang atau pantai cermin saya sudah pernah dan paling sering berangkat dari belawan seperti yang saya ceritakan di link :

Mancing Laut Medan : Tempat Spot Pinggir Hingga Laut Lepas
Serunya Mancing di Laut Belawan, Medan
Mancing laut medan, Dari pantai labu

Kapal Mancing yang Besar

Kapal mancing di pantai labu yang kami gunakan kali ini cukup besar dan cukup luas. Memang harganya lumayan ya, informasi yang saya dapat biaya sewa kapalnya 1,8jt itu berangkat malam dan pulang esok sorenya.

Cukup luas untuk mancing dan masih nyaman untuk 10 orang. Namun kali ini kami hanya ber7 yang pergi mancing dengan asumsi agar lebih nyaman dan puas.

Dari medan johor saya menuju tembung bersama 1 orang kawan, dan memarkir mobil di rumah kawan yang di tembung, kemudian kami naikkan semua barang-barang ke mobil pickup dan menuju lokasi sekitar jam 8 malam sambil menjemput beberapa yang serah rumahnya ke lokasi.

Sekitar jam 9.30 malam sampai di dermaga tempat kapal mancing dan kesan pertamanya “wah nyaman juga kapalnya”.

Langsung kami naikkan barang-barang dan semua peralatan mancing, sambil menyiapkan kebutuhan kapal lainnya, kawan-kawan pemancing pun rebus air panas dan menyiram mie gelas.

“Usahakan saat pergi memancing ke laut lepas agar perut terisi dan istirahat cukup, untuk menghindari resiko mabuk laut”

Perjalanan ke Spot Mancing dari Pantai Labu

Kapal pun berangkat dan kurang lebih 3 jam ke lokasi…sekitar jam 1 malam kami sampai di spot dan kapal pun di ikatkan ke kapal besar yang sedang memancing cumi dna ikan-ikan kecil lainnya…

Semalaman kawan-kawan menurunkan umpan ke dasar namun cuma beberapa sambaran ikan dan kemungkinan memang karena kita tidka berpindha lokasi dan pas di atas spot yang tidak ada ikannya, saya rasa kapten kapal pun tak ingin ambil resiko dengan lepas jangkar sambil “nganyut”, nganyut adalah istilah memancing dengan tanpa mengikuti kemana arus membawa kapal. Karena kalau amlam pemandangan terbatas sehingga menunggu pagi..alhasil sebagian kawan pun tidur sampai pagi.

Pesta Strike di Pagi Hari

ikan paling banyak kami dapat
jenis ikan yang paling banyak kami dapat

Lepas shalat subuh kemudian ngopi sejenak dan ngemil makanan ringan selepas itu jam 6 kami pun lepas umpan ke dasaran dan langsung saja strike…

Semua pemancing strike…kapal memang sudah di lepas dan nganyut di pagi hari… kalau mancing di belawan malam hari kami langsung menuju spot dan langsung mancing dan mencoba peruntungan…kalau di spot sekitaran pantai labu kata kaptennya biasanya siang dan malamnya kebanyakan nelayan pemancing istirahat..mungkin karena perjalanan jauh dan menghindari resiko terbawa arus kemana-mana.

Kebanyakan ikan yang naik adalah ikan kurisi atau ikan merah… yang juga banyak di laut belawan…

Setelah dirasa puas, kaptena berpindah spot untuk ngacara dna mancing ikan bletong

Strike ikan Lemadang atau mahi-mahi

ini waktu saya strike ikan lemadang menggunakan benang pancing PE1
ini waktu saya strike ikan lemadang menggunakan benang pancing kecil PE1

Setelah ABK ngacar dan dapat ikan umpan dencis, saya pun lalu memasang di kail dan mengambil posisi di belakang kapal lalu mengayunkan pancing dan target ikan lemadang yang orang pantai labu menyebutnya dengan ikan bletong.

Video waktu mancing ikan lemadang

Benar saja tak berapa lama, saya strike lemadang dan tarikannya tak terlalu sengit mungkin karena sizenya belum “babon” ya, tapi lumayan lah, tapi rupanya itu adalah satu-satunya lemadang yang kami dapat, kata kapten kapalnya kemungkinan karena arus yang sangat tenang sehingga ikan pemangsa top water ini kuranga resif makannya.

Memang benar sejak semalam air laut sangat tenang dan ombaknya pun sangat kecil pantas saja tak ada satupun pemancing yang mabuk laut…

Makan ikan bakar dan ikan rebus di kapal

Setelah cukup puas memancing dan pada kecapean, kemudian ABK langsung menjaamu kami dengan variasi ikan hasil mancing, ada yang di bakar dan ada yang di rebus, sedap sekali rasanya sobat…segar dan mantab.. baru di dapat langsung di olah.. tak tersentuh oleh obat pengawet atau rasa-rasa busuk lainnya..

Rekan-rekan pemancing pada lahap makannya. Lanjut siang lumayan beberapa ikan kerapu yang landed. Namun kurang sebanyak ikan kurisi, tapi Alhamdulillah masih ada rezeki yang di baw apulang, sizenya pun lumayan besar-besar. Kawan yang satupun ada strike ikan besar yang saya lupa namanya, ikannya panjang dan besar. Nampaknya rasanya nikmat kalau di olah.

si kawan mancing strike ikan besar
si kawan mancing strike ikan besar

Box  fiber kami penuh 2 box, ikan langsung di dingiinkan dan di tutup rapat. Tepat jam 5 lewat kami pulang ke daratan dan sampai suah cukup malam, ikan langsung di bagi rata dan kami pun pulang dengan hati senang.

Demikian pengalaman saya mancing laut dari dermaga pantai labu…lain kali kita sambung lagi. Buat rekan-rekan pemancing yang berminat mancing bersama saya juga boleh.. saya sering sekali bersama angler medan menuju spot mancing laut.

Pengalaman Mancing di Berbagai Spot

Boleh bantu subscribe Channel Youtube saya ya : -)

javascript:void(0)

Beberapa spot sudah saya coba tempati mancing laut seperti di painan pesisir selatan, laut aceh singkil, sekitar belawan di rig oil pengeboran minyak, spot-spot favorit lainnya yang berangkat dari titi panjang belawan medan, dan juga mencoba popping di laut sekitar pantai cermin dan menjelajah spot dasaran dari rantau panjang, juga mencoba mancing di pulau sekitar pulau salanamo dan pulau pandang.

Saya ingin sekali mencoba mancing di sekitar pulau berhala, semoga bisa kesampaian…

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

1 thought on “Mancing laut medan, Dari pantai labu

Leave a Reply

Your email address will not be published.