Tempat Mancing Laut Medan, Spot Pinggiran Hingga Laut Lepas

hasil ikan mancing saat musim senangin tiba di laut belawan Medan

Halo mancing mania medan, kali ini saya mau share info pengalaman saya mancing di laut di Medan Belawan yang menjadi tempat favorit para maniak mancing laut.

Yang namanya hobi memang agak sulit jika tak di turuti, dan biasanya berbagai cara akan di lakukan demi terwujudnya hobi itu, seperti mancing di laut, meskipun biaya sewa kapal mancing di laut mahal, namun bisa di siasati dengan bergroup agar bisa saweran dan biaya jadi kecil dan hobi pun tersalurkan.

Berikut adalah info lokasi yang biasa di tempati oleh para pemancing laut medan :

Mancing Laut Belawan Medan

hasil ikan mancing saat musim senangin tiba di laut belawan Medan
hasil ikan mancing saat musim senangin tiba di laut belawan Medan

Di lokasi ini naik kapal mancingnya dari Titi Panjang pas di samping Lantamal Belawan dan Pelindo, ini adalah lokasi paling favorit dan paling ramai karena memang orang-orang Medan kalau lagi libur apalagi kalau sabtu-minggu maka spot-spot mancing di laut lepas sekitaran Belawan ke tengah sekitar 1 jam cukup ramai sehingga populasi ikan yang di dapatpun hampir merata ukurannya sama kalau mancing di sekitar sini.

Mancing disini bisa di sekitaran pelabuhan berkeliling di spot-spot pinggiran laut atau bisa juga langsung ke laut lepas yang dimana kebanyakan spot-spot kapten kapal mancing di belawan itu jaraknya kurang lebih 1 jam an dari pinggir, kapal berangkat dari jam 6 pagi dan balik ke pinggir sekitar jam 5 sore.

titi panjang - dermaga kecil di belawan yang biasa sewa kapal mancing dan menyeberang ke kampung nelayan
titi panjang – dermaga kecil di belawan yang biasa sewa kapal mancing dan menyeberang ke kampung nelayan

Beberapa spot laut sekitar Belawan yang pernah saya tempati mancing seperti di spot isa belawan, kapal labuh, KD, kapal barat, spot nganyut dan dan pernah juga 5 kali ke eks Rig oil atau pengeboran minyak naik kapalnya dari titi panjang belawan ke pangkalan susu dimana dari ke5 kali berangkat itu 2 x nyasar alias tak sampai ke spot biasanya dari titi panjang ke spot pengeboran minyak ini kurang lebih 4 jam lamanya.

Video Waktu mancing Laut di Medan Belawan

Mancing Laut dari Pantai Cermin

Selain spot di sekitaran Belawan, para pemancing Medan juga sering ke Pantai Cermin, naiknya dari luar waterpark dan terkadang naik kapal mancing dari spot ini mesti berjalan kaki ke lokasi kapal karena airnya surut dan kapal tak sampai ke pinggiran, pernah saya sekali mancing dari lokasi ini, dimana lokasi ini terkenal dengan spot mancing teknik poppingnya.

Namun kapal mancing di sini sedikit berbeda dengan kapal di Belawan, biar lebih pas coba rasakan sendiri ya….selain spot popping dengan target ikan GT nya juga ada beberapa spot dasaran walaupun tidak terlalu menjadi andalan di lokasi ini, karena biasanya lama perjalanan dari pinggir ke spot poppingnya kurang lebih 40 menit.

Mancing disini banyak menggunakan piranti dan umpan sport fishing seperti joran dan reel besar dan panjang serta umpan tiruan, berbeda dengan di Belawan kebanyakan menggunakan umpan alami untuk target ikan-ikan dasaran.

Mancing Laut dari Rantau Panjang

Kalau mau memancing dari sini, saran saya lengkapilah semua bekal-bekal peralatan mancing terutama terkait dengan safety atau keselamatan seperti life fest atau pelampung, mantel hujan, dll.

Saya pernah 1 x mancing dari sini, spotnya cukup jauh ke tengah sekitaran pulau berhala dan selat malaka perbatasan, memang ikan hasil tangkapan cukup menjanjikan, jika berangkat dari sini biasanya ke spot cukup lama dan membosankan sekitar 4 sd 5 jam. Kedalaman laut hampir merata 35 sampai 60 meter. Jadi pastikan benang pancing dan timah sudah tersedia.

Bawa bekal dan makanan, karena mancing disini rata-rata 2 harian karena memang cukup jauh…

Mancing Laut dari Pantai Labu

Mancing laut dari pantai labu ke laut lepas hampir sama dengan di rantau panjang, spot jauh dan bermalam serta pastikan bersama dengan kapten kapal yang sudah berpengalaman karena mereka biasanya tau spot-spot mantab yang penuh dengan ikan apalagi kalau anda mancingnya teknik jigging atau dasaran…. saya sendiri belum pernah mancing dari lokasi pantai labu…

Saya ada kawan yang biasa mancing dari sini hasilnya cukup banyak dan memang lama baru balik lagi ke daratan sekitar 2 harian juga…

Mancing Laut dari Langkat

Kalau dari lokasi ini biasanya spot andalan adalah di pinggiran sekitar bakau dan biasanya pakai kapal kecil yang pas mancing 2 atau 3 orang satu perahunya…

Kata kawan yang biasa mancing di area langkat ini bahwa spot andalan biasanya di selotong, secanggang, dll, saya sendiri belum pernah ikut mancing laut disini, namun demikian lokasi ini juga menjadi favorit para pemancing dari kita Medan mesk tak seramai di Belawan. Mungkin karena jaraknya yang cukup jauh dari kota Medan.

Itulah beberapa spot yang biasanya di tempati oleh para mancing mania dari kota Medan, tentunya selain spot-spot di atas masih ada spot-spot jauh lainnya seperti mancing ke Sibolga, Aceh singkil, lhokseumawe dan ke Banda Aceh.

Mancing Laut dari Tanjung Tiram Batubara

Paara maniak mancing dari kota Medan juga terkadang mancing di sekitaran laut Batubara, saya sendiri sudah 2 x mancing dari sini, spot sekitaran pulau pandang dan pulau salahnamo. Selain 2 spot di atas, mancing di laut lepas dari Batubara juga terkadang ke Pulau Berhala. Namun sayangnya waktu itu kami melihat ada kapal pukat harimau di laut sana.

Biaya Trip Mancing Laut Belawan Medan

kapal mancing ke laut di titi panjang belawan, Medan
kapal mancing ke laut di titi panjang belawan, Medan

Kurang lebih seperti inilah gambaran biaya jika ingin mancing di laut sekitaran Belawan, Medan :

  • Sewa kapal mancing ke laut spot sekitar 1 jam dari pinggir biasanya 500rb (biasa muat mancing 4 sampai 6 orang), Kalau di spot-spot tertentu atau semakin jauh biasanya berbeda dan terkadnag ada juga tekong atau kapten kapal yang harganya beda sendiri…
  • Harga umpan udang bisa beli 100rb
  • Konsumsi atau makan selama di kapal, biasa 2 kali makan pagi dan siang dan tekong atau kapten kapal kita tanggung juga makannya, kemudian bisa juga bawa kompor dan bumbu untuk masak hasil ikan mancing di kapal, terkadang kapten kapal juga sudah sedia peralatan masaknya..

Sayangnya di medan, pilihan kapal seperti speedboat agak sulit di dapatkan, jadi pilihan yang tersedia yang biasanya kapal mancing di dermaga kecil di titi panjang Belawan.

Udang Segar untuk Umpan Mancing di Laut

udang segar untuk mancing di laut
udang segar untuk mancing di laut

Biasanya para mancing mania untuk membeli udang di sekitaran titi pahlawan di medan labuhan yang tak jauh dari lapas, kalau subuh biasa saya sholat subuh di masjid sebelum jembatan dan di sini cukup banyak penjual udang segar kalau subuh hari, pastikan anda tak kehabisan udang apalagi kalau sabtu dan minggu cukup ramai pemancing… dan pandai-pandalah tawar menawar udang…

Jika Mau Mencoba Ikut Mancing di Laut

Nah bila sobat mancing yang sedang tugas di Medan dan ingin mencoba trip mancing laut sekitar Medan belawan boleh hubungi saya ya biar kita mancing di laut nanti saya temani mancing dan saya coba bantu pengurusan kapal mancingnya, umpan dan mencarikan piranti mancing bila anda tak bawa alat pancingnya.

Lama mancing tergantung rekan-rekan, biasanya untuk harga sewa kapal diatas dari pagi sekitar jam 6 pagi sampai jam 6 sore…

waktu saya pergi memancing ke pulau banyak di aceh singkil
waktu saya pergi memancing ke pulau banyak di aceh singkil

Bila ingin mencoba trip mancing laut di daerah lainnya bisa juga info ke saya biar kita jelajahi bersama seperti spot di laut aceh singkil pulau banyak sekitar, Banda aceh di pulau sabang sekitar dan pulau pulau lainnya. Atau di spot sekitar Pesisir Selatan Painan di Sumatera Barat juga beberapa kali saya jelajahi spot.

waktu saya memancing laut di painan pesisir selatan sumatera barat
waktu saya memancing laut (teknik landbase casting) di painan pesisir selatan sumatera barat

Buat sobat mancing sekitar Medan, dan ingin mancing bersama saya juga boleh sekedar mencari rezeki ikan di laut…

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.