Masjid Raya Sumatera Barat, Wisata Halal / Religius di Padang

Cerita lokasi wisata di Padang kali ini akan sy ceritakan. Saya tinggal di Kotapinang, Labuhan Batu Selatan Sumatera Utara, orang tua saya yang perempuan asli orang minang.

Setiap lebaran idul fitri kami selalu pulang kampung ke Padang Sumatera Barat. Kebetulan disana kami memiliki rumah yang hanya ditempati oleh kakek.

Pada saat kami telah tiba di pariaman yang mana disitulah letak rumah kakek, kami menghabiskan waktu bersama keluarga besar dirumah tersebut seharian penuh dan keluarga kami merencana untuk berkunjung ke masjid raya sumatera barat.

Karena waktu itu tepat pada hari jum’at kami pun gerak dari pariaman sekitar jam 10.30, yahhh… kami memang sengaja gerak lebih awal, karena Ayah takut terjadi macet dijalan karena perjalanan yang akan kami tempuh itu lumayan jauh sekitar 1 jam 15 menit (50 km), pada saat kami di perjalanan kami melewati RSUD Pariaman dan RS Tamar Medical Centre Pariaman.

Setiba kami sudah sampai ditujuan dan Ayah memarkirkan mobil dibagian lahan parkir mobil atau motor, disitu bebas parkir loh, jadi disana itulah salah satu kelebihan dari tempat itu.

megahnya bangunan masjid raya sumbar
megahnya bangunan masjid raya sumbar

Kami pun bergegas mencari tempat berwudhu untuk shalat jum’at dan shalat dzuhur. Dekat tempat penitipan alas kaki terdapat tangga yang akan mengantar jamaah ke bagian dalam masjid.

Selepas shalat kami pun mencari lapak untuk makan siang, kebetulan kami membawa bontot (Bekal) makanan, minuman, dan cemilan untuk dimakan. Saya melihat di dekat pintu masuknya, terdapat beberapa penjual makan dan minuman seperti bakso tusuk, sate, minuman rasa-rasa dan banyak lagi lainnya, dan InshaAllah makanan itu halal, setidaknya yang jualan itu seagama dengan kita (islam).

Enak banget suasana disitu, apalagi yang seperti kita ketahui bahwa Masjid Raya Sumatera Barat ini merupakan ikon wisata di ranah minang, yang mana seiring berjalannya waktu, pamornya akan mengalahkan pamor Jam Gadang.

Kelebihan lainnya dari masjid itu memiliki kemegahan dan keindahan dalam arsitektur, dekat dengan bandara, area selfie yang luas.

Pembangunan masjid ini bermula dari kerisauan masyarakat minang bahwa tidak adanya masjid berukuran besar yang bisa menampung jamaah dalam jumlah ribuan manusia, apalagi tuh ya, masjid ini kan sudah terkenal dan sudah menjadi tempat beribadah (shalat) bagi orang islam dan menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi orang orang setiap harinya.

Berkat perjuangan dan perdebatan yang lumayan panjang, ide pembangunan masjid raya sumatera barat akhirnya di setujui banyak pihak. Sejak itu, dimulailah pencarian lokasi yang bisa mewujudkan impian tersebut.

Sempat muncul usulan agar masjid baru dibangun di Kantor Gubernur, tepatnya di Jalan Sudirman. karena alasan nilai historis gedung tersebut, disepakatilah lokasi di Jalan Chatib Sulaiman, menempati area seluas 40.343 meter persegi.

Masjid ini dibangun pada tahun 2007 dan selesai pada tahun 2016, memiliki nama lain yaitu Masjid Mahligai Minang, yang mana terdiri dari tiga lantai. Bagian atapnya begitu unik ada ukiran khas minangnya dan khaligrafi pada dinding bagian luar.

Mendengar kabar bahwa masjid ini mampu bertahan hingga gempa berkekuatan 10 SR, sengaja dirancang tahan gempa, karena sumatera barat termasuk daerah yang rawan gempa. Di halamannya saya juga melihat ada bangku-bangku dan tanaman yang banyak.

design atap gadang masjid raya sumbar
design atap gadang masjid raya sumbar

Pada tengah hari pepohonan cukup menjadi peneduh, meski cuaca masih terasa panas. Selain warga sekitar, banyak juga jamaah dari kota luar yang datang. Kami sangat senang berkeliling di sekitar masjid raya sumatera barat, MasyaAllah Tabarakallah…macam istana kemegahannya dan keindahannya, kami menyempatkan untuk berfoto-foto disana.

Pesan saya kalau kalian sedang berada di Kota Padang, jangan lupa singgah dan sekalian menyempatkan shalat disini ya.

Oke makasih uda mau baca cerita liburan saya selama di Padang, maaf jika ada kesalahan dalam bentuk tulisan atau informasi.

Demikian semoga bermanfaat info tentang Masjid Raya Sumatera Barat, story by Sri Rahayu

Add a Comment

Your email address will not be published.