Mikie Funland, Berastagi: Ini Biaya Wisatanya

Pengalaman liburan saya di daerah Karo Sumatera Utara, awalnya saya dan teman-teman saya berencana berlibur ke salah satu tempat wisata atau tempat bermain yang terkenal di Sumatera Utara yaitu Mikie Holiday Funland.

Mikie Funland yang saya ketahui adalah salah satu tempat bermain dan rekreasi di Sumatera Utara tepatnya di Berastagi Tanah Karo, ini adalah tempat bermain dengan konsep luar ruangan dan ada juga yang berada didalam ruangan.

Banyak wahana bermain mulai dari wahana untuk anak-anak, sampai wahana yang ekstrim untuk orang dewasa, terdapat theater tetapi jarang beroperasi hanya saat atau acara tertentu saja, ada juga Gazebo Hill yang merupakan tempat melihat panorama kota berastagi dan sekitarnya dari atas ketinggian.

Banyak juga fasilitas lain didalam mikie seperti spot foto yang bagus dan instagramable, disedikan nya tempat duduk dan istirahat untuk para pengunjung, tempat makan atau snack yang dijual disekitaran tempat bermain, ada juga restoran didalam ruangan yang nampak dari luar seperti kapal didalam nya terdapat banyak penjual berbagai pilihan makanan seperti makanan Indonesia, junk food maupun makanan luar maka dari itu pihak mikie funland tidak memperbolehkan membawa makanan dari luar.

Disediakan juga Toilet umum, Mushola disekitar Mikie Funland, Taman Mikie, dan ada juga Klinik, mesin Atm, juga disedikan nya kursi roda untuk yang membutuhkan. Disediakan juga charging station untuk seluruh pengunjung Mikie Funland.

Info Biaya di Mikie Funland Berastagi

Mikie Funland Berastagi Taman
Mikie Funland Berastagi Taman

Mikie Funland menawarkan banyak permainan yang bisa dimainkan sepuasnya, dengan biaya masuk Rp. 80.000/orang yang saya beli lewat aplikasi Deal Java. Jika membeli langsung saat dimikie funland mungkin lebih mahal sekitar Rp. 100.000/orang atau bahkan lebih.

Bebas bermain apapun mau berulang kali juga bisa dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Disana saya membeli makanan junk food dengan harga kurang lebih sekitar Rp. 30.000/orang yang isinya ayam, nasi dan minum juga sudah sekalian dengan pajak makanan tersebut.

Jika membeli minuman seperti fruit tea kecil atau aqua yang dijual didalam Mikie Funland kurang lebih hampir Rp. 10.000/botol. Saya juga membeli popcorn seharga Rp. 25.000/pax.

Terdapat juga area parkir yang luas untuk pengunjung Mikie Funland dan tidak dikenakan biaya parkir atau gratis untuk para pengunjung Mikie. Lokasi Mikie Funland ini dipusat kota Berastagi, perjalanan dari kota Medan menuju berastagi kurang lebih memakan waktu 2 jam jika menggunakan kendaraan pribadi.

Pada saat itu saya dan teman-teman saya menggunakan jasa rental mobil beserta supir dari tempat rental tersebut.  Kami mendapat informasi tentang rental mobil tersebut dari internet lalu kami langsung menghubungi contact person yang tertera dan langsung memesan untuk hari yang sudah kami rencanakan.

Biaya rental mobil berkisar Rp500.000/12 jam, sudah termasuk biaya supir tetapi belum dengan biaya bensin yang sekitar Rp. 150.000 untuk pergi dari Medan menuju Mikie Funland dan kebeberapa tempat wisata lain, dan kembali pulang ke Medan.

Waktunya rental mobil hanya boleh 12 jam jika lebih dari waktu yang disepakati dikenakan denda yang dihitung tiap jam nya. Kami pergi jam pagi jam 07.00 WIB  dan harus kembali ke Medan pukul 19.00 WIB. Mikie Funland berada dipusat kota dekat dengan pasar buah Berastagi, Gundaling, Presteurisasi susu sapi beratagi, Pagoda Taman Alam Lumbini Berastagi dan tempat-tempat wisata lain.

Didekat Mikie Funland juga terdapat penginapan terdekat yaitu Mikie Holiday Resort, dan masih banyak penginapan lain di daerah Berastagi.

Sebelum saya dan teman-teman saya ke Mikie Funland, pak supir membawa kami kesalah satu tempat wisata yang bernuansa chinese yaitu Pagoda, harga tiket masuk waktu itu sekitar Rp. 5000/orang.

Didalam hanya terdapat banyak vihara serta patung-patung serta ada taman bunga, ada juga kolam yang didalam nya banyak terdapat uang koin yang mitosnya jika kita melempar uang koin kedalam kolam itu dan meminta permintaan akan dikabulkan. Juga disedikan toilet umum, dan banyak bangku untuk tempat pengunjung beristirahat.

Tersedia tempat parkir yang luas dan dipagoda kita harus membayar parkir. Setelah dari Pagoda kami langsung menuju ketujan kami Mikie Funland yang tidak jauh dari Pagoda. Sampai di Mikie Funland kami langsung ke tempat tiket untuk menscan tiket kami dan langsung masuk tetapi diperiksa barang bawaan terlebih dahulu jika membawa makanan akan disimpan ditempat penyimpanan yang sudah mereka sediakan bisa diambil saat nanti kita ingin keluar.

Didalam kami bermain beberapa wahana dari wahana biasa sampai wahana yang ekstrim yang memicu adrenalin, ada juga wahan rumah hantu, wahana bermain air, dan banyak wahana seru lainnya. Kami makan disalah satu tempat makanan junk food, juga tidak lupa berfoto untuk kenang-kenangan.

Mikie Funland Berastagi
Mikie Funland Berastagi

Setelah puas bermain di Mikie Funland kami kembali keparkiran dan ada yang bersih-bersih serta ganti baju juga istirahat sebentar dan akan melanjutkan perjalanan kembali ke Medan karena waktu juga sudah mulai sore.

Jabu Berastagi

Saat perjalanan pulang kami singgah sebentar di tempat ngopi anak muda sekarang yaitu Jabu didaerah Berastagi juga disana kami hanya menikmati pemandangan dan bersantai sambil foto-foto juga ngopi. Saya pesan caramel macchiato dengan harga Rp. 30.000/gelas. Kami melanjutkan perjalanan pulang ke Medan, disetiap perjalanan turun melewati jalan yang berkelok-kelok terdapat banyak monyet dipinggir jalan, kami pun berhenti untuk memberi makanan seperti kacang, banyak juga orang lain yang berhenti untuk memberi makanan.

Penatapan Berastagi

Kami juga singgah sebentar untuk makan di Penatapan yang lokasi nya berada dipinggir jalan saat kami turun dari Berastagi menuju Sibolangit. Dipenatapan ini juga rame sekali pengunjung dikarenakan tempatnya yang terbuka untuk melihat pemandagan, juga makanan yang murah.

Disana menjual jagung bakar, jagung rebus, indomie, dan masih banyak yang lain. Disini harga makanan relatif terjangkau saya pesan indomie kuah dengan harga Rp.10.000/porsi dan teh manis panas dengan harga Rp. 5000/gelas. Setelah selesai kami makan kami langsung beranjak untuk melanjutkan perjalanan karena sudah sore dan pastinya akan macat.

Karena hari libur dan banyak yang berwisata ke daerah Berastagi jadi kami sempat terjebak macat dan dimedan pun saat sore juga macat jadi kami sampai sekitar pukul 19.20 wib dan masih belum terkena denda sewa mobil.

Itulah cerita singkat liburan saya dengan teman-teman saya semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca, jika ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan ini murni dari cerita pengalaman liburan saya.

Saran Pengembangan Area Wisata

Untuk pengalaman liburan di Mikie Funland saya tidak banyak kritik karena mereka sudah membuat pelayanan dan fasilitas yang sangat baik, hanya saja ada beberapa wahana yang belum beroperasi, sebaiknya lebih ditingkatkan untuk wahana nya dapat beroperasi dengan baik, dan untuk toilet di parkiran lebih sering dibersihkan maupun toilet umum didalam Mikie Funland.

Mungkin juga untuk permainan yang ekstrim dan memicu adrenalin pekerja harus selalu memperhatikan keselamatan pengunjung serta alat keselamatan yang lengkap juga sering membersihkan wahana-wahana yang ada dimikie funland. Pelayanan sangat baik jadi tidak ada kritik dari saya, mungkin untuk mushola bisa ditambahkan lagi. Tetapi semuanya sudah cukup baik pelayanan nya juga sangat baik.

Saran dan kritik untuk Pagoda Taman Alam Lumbini sebaiknya lebih sering dibersihkan karena itu merupakan tempat ibadah, karena waktu saya kesana itu cukup kotor apalagi toiltnya atau mungkin karena banyaknya pengunjung tetapi lebih ditingkatkan lagi untuk kebersihannya, dan banyak sekali patung-patung yang sudah rusak harusnya diperbaiki.

Untuk di Jabu tempatnya sangat bagus bersih juga sangat kekinian apalagi untuk anak muda sekarang yang hobi foto untuk di instagram, hanya saja untuk makanan dan minuman yang diwarkan harganya relatif mahal jika untuk anak sekolah atau mahasiswa, untuk rasa dan kualitas yang ditawarkan sama saja dengan cafe-cafe pada umumnya. Pelayanan dicafe Jabu ini juga kurang, seharusnya lebih ditingkatkan lagi untuk pelayanan, serta harga makanan dan minuman yang lebih bisa terjangkau lagi.

Di Penatapan mungkin untuk kebersihan yang masih kurang bersih dan rapi juga banyak monyet liar yang berdatangan saat pengunjung sedang makan, mungkin untuk para pemilik tempat makan bisa lebih diperhatikan kebersihan serta keselamatan pengunjung dengan membuat jerjak agar monyet susah untuk menjangkau langsung kepengunjung agar para pengunjung lebih merasa nyaman saat sedang makan dan menikmati pemandangan, untuk makanan termasuk murah dan masih bisa dijangkau.

Sekian cerita singkat berwisata di Mikie Funland, Berastagi…salam mozafir..shared by Endayani

Add a Comment

Your email address will not be published.