Wisata Danau Pamah Simelir, Langkat, Biaya & Fasilitas

Wisata Danau Pamah Simelir, Langkat – Pamah Semelir memang belum diketahui banyak orang, namun wisata alam disini memiliki daya tarik yang luar biasa indahnya. Berlokasi di Dusun Pamah Semelir, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei, kabupaten Langkat, daerah ini masih sangat alami.

Wisata Danau Pamah Simelir, Langkat

Karena berbatasan langsung dengan kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Di lokasi ini terdapat air terjun jodoh dan air terjun pelangi. Secara georafis, lokasi ini terletak pada koordinat 97’ 52” BT-98’ 45” BT,
3’ 14’ LU-4’ 13” LU, dan pada ketinggian 700 – 910 mdpl.

Disini saya akan bercerita tentang pengalaman saya menuju wisata langkat, wisata langkat sendiri memiliki banyak destinasi wisata alam yang indah dan memiliki pemandangan yang khas dengan pepohonan yang hijau dan udara yang masih asri kesejukannya. Wisata langkat sendiri memiliki beberapa destinasi, yaitu : Pamah simelir, akui puncak, rumah pohon, air terjun tero-tero, lau kulap, lau kawar, dll.

Akses Transportasi Menu Pamah Simelir Langkat dari Medan

Untuk menuju Dusun Pamah Semelir, dari Kota Medan menuju Binjai, melewati KOPM Raider menuju Desa Telagah kurang lebih 2,5 jam. Sesampainya di Dusun Pamah Semelir untuk menuju lokasi air terjun maka dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Kondisi Medan jalan yang cukup menantang ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, apalagi harus melewati hutan TNGL. Kawasan dusun umumnya lahan pertanian dan perkebunan masyarakat dengan tanaman unggulannya adalah kopi.

Masyarakat di Lokasi Wisata Pamah Simelir

Sebagian besar masyarakatnya adalah suku Karo. Umumnya masyarakat masih memegang teguh adat istiadatnya. Masih bisa menyaksikan kesenian adat Karo yang ditampilkan pada saat acara perkawinan, kematian maupun pada acara pesta tahunan, seperti Gendang guro-guro aron yang merupakan kesenian khas yang kerap ditampilkan termasuk jenis makanan tradisional.

Kondisi Alam Pamah Simelir

Pamah Semelir ini berada pada lembah atau biasa disebut dengan daerah Pamah dalam bahasa Karo. Terdapat dalam deretan bukit barisan yang akhirnya membuat cuaca di daerah ini sangat dingin. Tak hanya dingin, daerah ini juga dipenuhi dengan udara yang sangat bersih, dan memiliki panorama alam pegunungan yang luar biasa indahnya.

Setiap kita akan menuju wisata langkat tersebut kita harus membawa persediaan makanan dan membawa jaket, karena udara disana masih sangat asri, yang menggunakan sepeda motor di harapkan untuk membawa jas hujan, karena disana sering hujan.

Dari langkat kita juga bisa menuju ke kabupaten karo dengan menggunakan jalan alternative yaitu dengan tanjakan yang memiliki kelokan jalan yang sangat tajam. Kita juga membutuhkan stamina yang fit serta kendaraan yang sudah di servis dan siap dengan perjalan yang cukup ekstrim.

Terima kasih sudah membaca info singkat tentang lokasi wisata di langkat, spesial spot wisata alam pamah simelir

Tittle: Wisata Pamah simelir, Spot indah di Langkat Sumatera Utara
Shared by Indah M.R

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.