Pantai Air Manis, Wisata Pantai yang indah di Padang

Naik motor ATV di pinggir pantai air manis padang

Pada liburan idul fitri tahun 2019 saya dan keluarga saya berlibur ke kota Padang. Kami menggunakan kendaraan pribadi.

Perjalanan yang kami lalui pun terbilang cukup lama yaitu sekitaran 48 jam dari kota Medan, dimana waktu itu sudah termasuk waktu istirahat kami. Jalanan yang macet menjadi kendala perjalanan kami, karena wajar saja kami berlibur pada saat liburan Idul Fitri.

Keindahan Alam sekitar Sumatera Barat

Bagi saya perjalanan menuju kota Padang sangat menyenangkan karena mata tidak ada hentinya disajikan dengan pemandangan alam yang alami.

Setelah sampai di kota Padang, kitapun tetap disajikan dengan pemandangan yang alami karena disana ada gunung yang terletak di kota Padang yaitu Gunung Padang. Jadi, suasana terasa lebih sejuk.

Kota padang sendiri terkenal dengan banyak nya pantai yang dijadikan pusat pariwisata bagi para wisatasawan, salah satunya adalah pantai Air Manis.

Pantai Air Manis juga dikenal sebagai pantai legenda, karena disana terdapat batu malin kundang. Seperti yang kita ketahui, batu malin kundang identik dengan legenda zaman dahulu yaitu legenda “Malin Kundang yang durhaka terhadap Ibunya”.

Batu Malin Kundang itupun juga dijadikan sebagai ikon untuk berpariwisata ke pantai Air Manis.

Lokasi Objek Wisata Pantai Air Manis

Pantai ini terletak kurang lebih 10 km dari pusat kota padang. Lebih tepatnya berada di kecamatan padang selatan, kota padang.

Air Manis  merupakan sebuah pantai dengan garis pantai yang lebar, kontur yang landai, dan berpasir cokelat keputihan. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang kecil serta memiliki panorama yang indah di sisi utaranya.

Untuk menuju Pantai Air Manis bisa menggunakan transporatasi umum seperti : bus. Gunakan bus trans padang dengan rute perjalanan lubuk buaya – pasar raya hingga melewati jalan raya teluk bayur.

Setelah sampai di persimpangan pantai air manis. Wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi pantai air manis dengan menggunakan angkot atau ojek.

Tapi karena kami asal nya dari Medan dan menggunakan kendaraan pribadi dari awal, maka kami ke Pantai Air Manis pun menggunakan kendaraan pribadi.

Biaya Tiket Masuk dan Fasilitas Penyewaan

Harga tiket untuk masuk ke pantai Air Manis juga terbilang murah…

Karena hanya dengan uang Rp 5.000,-/orang kita sudah bisa masuk dan menikmati pantai Air Manis tersebut.

Ada biaya tambahan sebesar Rp 5.000,- untuk biaya parkir mobil dan Rp 3.000,- untuk biaya parkir sepeda motor.

Biaya tersebut relatif murah sehingga kalangan manapun yang ingin mengunjungi pantai ini bisa saja.

Fasilitas yang diberikan tidak ada menurut saya. Karena, apa yang mau kita lakukan disitu atau apa yang mau kita beli disitu ya harus menggunakan uang. Tapi, sebagai tempat liburan pantai ini sangat tidak mengecewakan.

Makanan di pantai ini pun banyak sekali menunya. Mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Penjual nya pun beragama Islam, menggunakan jilbab, dan pastinya ramah-ramah. Sehingga membuat kita tidak ragu untuk membelinya, tentunya sebagai traveller Muslim…

Tapi yang perlu diingat kota Padang terkenal dengan makanannya yang pedas. Jadi, bagi parawisatawan yang tidak suka pedas disarankan sebelum membeli bilang ke penjual agar pesanannya dibuat tidak pedas.

Pada saat di pantai Air Manis saya bersama kedua saudara kandung saya yaitu abang dan kakak saya, menyewa ATV.

“Harga sewanya lumayan mahal pada saat itu yaitu Rp 150.000,-/jam. Berbeda harganya dibandingkan pada saat hari biasa sebesar Rp 25.000,-/15 menit”

Naik motor ATV di pinggir pantai air manis padang
Naik motor ATV di pinggir pantai air manis padang

Tapi lumayanlah untuk menyisiri pantai nya. Supaya tidak capek juga hehe.

Kami tidak sempat mengunjungi batu malin kundang. Karena kondisi yang tidak memungkin dimana ramainya pengunjung yang ingin berfoto di batu tersebut.

Daripada membuang waktu untuk antri, lebih baik kami main menggunakan ATV sekalian berfoto di pesisir pantai sambil bermain air.

Tempat ibadah disana sepertinya tidak ada. Kita harus keluar area pantai baru kita menemukan masjid tapi tidak terlalu susah  kok menemukan masjid nya.

Sebenarnya, masih banyak yang bisa dinikmati seperti : pulau kecil yang terdapat di pantai tersebut. Tapi karena ramainya pengunjung membuat kami lebih memilih menghabiskan waktu di panta Air Manis saja.

Pantai Air Manis salah satu Objek Wisata favorit di Kota Padang

Saran saya pada saat ingin berlibur ke pantai ini lebih baik jangan pada saat weekend atau liburan hari besar. Karena rasa puas tidak 100 persen, terhalangi dengan ramai nya pengunjung. Maklum saja, karena ini adalah salah satu objek wisata yang cukup banyak di kunjungi oleh masyarakat…

Untuk mau foto di pesisir pantai saja harus menunggu orang agar foto yang kita dapatkan hasilnya bagus.

berfoto di pantai air manis padang
berfoto di pantai air manis padang

Dan juga akan lebih baik jika mau menunggu waktu matahari terbenam karena pada saat itu pemandangannya sangat bagus  dan bisa dijadikan angle untuk berfoto.

Tapi sayangnya saat itu saya tidak sempat menunggu waktu terbenamnya matahari karena pantai Air Manis merupakan destinasi terakhir liburan yang dilakukan selama 1 minggu. Kita tidak ada yang tau apa yang akan terjadi kedepannya.

Jadi, kami harus mengejar waktu untuk pulang ke Medan sesuai rencana yang kami siapkan.

Kesimpulan

Terlepas dari itu semua, Pantai air manis, memang memiliki pesona yang mengagumkan. Bahkan, keindahannya membuat semua wisatawan lupa waktu.

Sekian cerita wisata tentang Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang di Padang, baik mengenai biaya, fasilitas dan keindahannya…story by Rizki N.A.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.