Biaya Tiket serta Lokasi Wisata Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang

Mau berwisata ke pantai air manis sekaligus melihat batu malin kundang?, ini dia cerita dan info lokasi objek wisata terdekat di kota Padang ini.

hamparan pasir di pantai air manis padang

Mengunjungi Wisata Pantai Air Manis (aie manih namanya dalam bahasa minang) 

Lokasi Objek wisata pantai air manis
Berada di kecamatan Padang Selatan
Kota Padang
Sumatera Barat


Pengalaman berwisata ke Padang

Setelah di Bukittinggi, saya dan keluarga bermalam  di kota Padang. Di kota Padang tujuan utama wisata tentu saja pantai dan lautnya.

Kota ini menghadap ke Samudera Hindia yang menurut para warga gempa sangat rawan tsunami karena berada di sesar Mentawai yang aktif bergerak. Mudah-mudahan bencana yang ditakutkan orang Padang itu tidak terjadi.

Ya Allah, lindungilah kota ini dari gempa dan tsunami. Terus terang, sejak isu gempa besar dan tsunami yang diperkirakan para pakar akan terjadi, kota ini terasa agak lengang, terutama di pusat kota (pusat kota terletak di sepanjang pantai).

Banyak warga yang pindah ke pinggiran kota yang lokasinya di atas bukit, bahkan ada yang pindah ke kota lain. Tetapi, banyak juga yang tetap bertahan di pusat kota, mereka terlihat pasrah menunggu takdir dan tidak ikut-ikutan lari ke pinggiran kota setiap kali gempa terjadi.

Kebetulan rumah nenek saya berada di pusat kota yang jaraknya dari pinggir pantai cuma sekitar 3 km.

Kembali tentang jalan-jalan. Saya bersama keluarga saya, jalan-jalan ke pantai yang terkenal dengan cerita yang sudah melegenda yaitu kisah si Malin Kundang anak durhaka.

Cerita legenda ini memang dikisahkan terjadi di Pantai Air Manis, arah selatan kota Padang. Di pantai inilah terdapat batu Malin Kundang yang menjadi obyek wisata andalan.

Lihat juga sekilas video youtube di pantai air manis

Cerita Legenda Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis

berfoto di monumen batu malin kundang di pantai air manis

Berikut sepenggal kisah turun temurun di sebuah monumen batu yang menyerupai sosok yang sedang tersungkur di hamparan pantai air manis, yang di percaya masyarakat sekitar sebagai legenda Malin Kundang.

Dikisahkan Malin Kundang dan ibunya tinggal di desa Air Manis. Mungkin dahulu ada pelabuhan kapal di sana (atau mungkin yang dimaksudkan adalah Pelabuhan Teluk Bayur yang terltak tidka jauh dari Pantai Air Manis).

Malin Kundang kemudian merantau menjadi anak buah kapal. Karena rajin dan jujur bekerja, maka pangkatnya dinaikkan dari semula anak buah kapal menjadi kelasi.

Nakhoda kapal mulai tertarik dengan Malin Kundang. Dia menjodohkan puterinya dengan Malin Kundang, kemudian dia menyerahkan kapal kepada Malin Kundang dan mengangkat Malin Kundang sebagai nakhoda menggantikan dirinya yang ingin pensiun.

Kehidupun Malin Kundang semakin makmur, tetapi dia tetap merindukan ibunya yang dulu dia tinggal sendirian. Malin Kundang pun mengarahkan kapalnya menuju pelabuhan Padang.

Melihat kapal besar memasuki pelabuhan, orang-orang di desa Air Manis berlarian melihat kapal besar yang belum pernah mereka lihat. Ibu Malin Kundang yang sudah semakin tua pun ikut melihat sambil berharap ada anaknya di kapal itu.

Dia sudah sangat rindu melihat Malin Kundang. Sambil berjalan tertatih-tatih dengat tongkatnya, dia menuju pelabuhan.

Setelah kapal bersandar, turunlah nakhoda kapal dengan istrinya yang cantik. Tidak salah lagi, itu adalah Malin Kundang. Sang Ibu pun berteriak sambil berlari menghampiri Malin Kundang.

Malin anakku, ini ibumu, Nak”, katanya.

Melihat ibunya yang sudah tua dan buruk, Malin Kundang merasa malu kepada istrinya.

Malin Kundang membantah bahwa itu bukan ibunya dan cepat-cepat kembali lagi ke kapal lalu memerintahkan anak buah kapal untuk mengangkat sauh.

Hancur hati sang ibu. Sambil berlinang air mata ibu Malin Kundang berdoa kepada Tuhan agar Malin Kundang diberi hukuman karena telah mendurhakai ibunya.

Demikianlah kisah saya dan keluarga berkunjung ke objek wisata pantai air manis sekaligus melihat monumen batu malin kundang di padang selatan, sangat dekat dengan kota padang Sumatera Barat.

Salam mozafir….shared by Fauzi. A.F.S

 

 

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.