Wisata Pantai Gosong, Aceh Singkil

Wisata Pantai Gosong, Aceh Singkil

Wisata Pantai Gosong, Aceh Singkil – Liburan ke alam emang sangat menyenangkan, kita dapat suasana nyaman dan juga tenang. Saya pribadi sangat menyukai hal itu, apalagi kalau sudah libur panjang, tapi kita tidak boleh melupakan akan hal mengharuskan kita untuk  beribadah, maka dari itu kita tidak bisa memilih liburan yang sama sekali tidak ada tempat ibadah nya.

Mendengar kata Aceh, mungkin kita tidak asing karna merupakan wilayah yang bisa di bilang tertib dengan peraturan agama islam, bahkan di sebut-sebut sebagai serambi mekkah. Untuk kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya berlibur ke Aceh, lebih tepat nya ke Aceh singkil. Oh ya, saya tinggal di Sumatera Utara.

Berlibur ke Aceh Singkil

Alasan pertama saya kesana karena memang ada saudara kandung saya (abang) yang bertempat tinggal dan menjadi warga Aceh singkil karena menikah dengan orang Aceh, karena abang saya disana maka saya bisa dapat tempat tinggal gratis dan tidak perlu memikirkan biaya hotel maupun penginapan.

Perjalanan saya di mulai dari kampung saya yang berada di Desa Perk. Aek nagaga, Kab. Asahan, Sumatera Utara. Saya harus menuju ke Medan agar bisa sambung kendaraaan menuju ke Aceh singkil.

Traveling dari Kota medan

Kalau dari kampung saya menuju ke medan bisa saja menggunakan bus, minibus, dan kereta api . karna saya traveling nya sendirian maka saya memilih menggunakan jasa kereta api agar aman, nyaman dan cepat sampai.

Jarak waktu yang ditempuh dengan menggunakan kereta api kurang lebih 4 sampai 5 jam ke medan, kalau naik bus ataupun minibus lain nya bisa sampai 6 jam ke Medan.

Pengeluaran saya untuk naik kereta api sebesar Rp. 90.000 , saat di perjalanan menuju ke Medan menaiki kereta api sembari saya memesan tiket  mobil travel atau biasa disebut mobil carteran sewa antar jemput,  ke arah aceh singkil, agar tiba nya saya di Medan saya bisa langsung nyambung ke Aceh singkil.

Namun semua tak se indah khayalan, karna mobil travel hanya berangkat 2 kali sehari yaitu pagi dan malam. Karna saya sampai Medan sore maka saya menunggu di stasiun sampai malam sampai di jemput oleh pihak travel.

Kebetulan mobil yang saya dapati ialah mobil merk xenia, saya memesan travel tersebut dari no hp yang ada di selebaran kertas yang memang saya sudah punya. Jasa ini biasa melayani pengiriman paket, antar jemput sewa dan juga rental mobil atar medan ke aceh singkil.

Biaya Transportasi dari Medan ke Aceh Singkil

Perjalanan saya dari Medan dimulai pukul 10.00 wib malam, dengan tarif ongkos sebesar Rp. 130.000, karna ini perjalanan yang memakan waktu lama sebagai saran sebaiknya duduk di depan agar tidak bosan dan dapat melihat pemandangan yang indah (kalau berangkat pagi).

Perjalanan dari medan menuju ke arah berastagi, ke merek, dan terus menuju subulusalam. Di perjalanan akan berhenti sekali untuk makan minum dan istirahat supir biasanya di daerah merek ataupun subulusalam.

Karna yang saya tahu menuju ke Aceh singkil dari jalur itu hanya yang ada PT-PT jasa seperti ini saja, ada juga sebenarnya seperti minibus cuman agak sulit mendapatkan nya.

Tiba nya saya di Aceh singkil, lebih tepat nya di kota Rimo pukul 07.00 pagi dan saya pun meminta supir untuk mengantarkan ke alamat rumah abang saya tersebut untuk ber istirahat dan persiapan lain nya.

Berburu Sunset di Pantai Gosong

Wisata Pantai Gosong, Aceh Singkil
Wisata Pantai Gosong, Aceh Singkil

Lalu saya putuskan untuk berangkat menuju pantai pada jam 16.00 agar bisa dapat menikmati sunset, kami ber dua pun berangkat,  perjalanan dari tempat abang saya menuju pantai sekitar 45 menit dengan menggunakan sepeda motor. Jalan yang dilalui juga tidak kalah menarik perhatian, perkebunan sawit, hutan yang masih asri, hutan  mangrove dan juga rawa-rawa yang lumayan indah.

Sesampainya di lokasi pantai kita harus membayar sekitar Rp10.000 waktu itu per sepeda motor.

Sesampainya disana kita langsung disuguhkan dengan pemandangan laut yang sangat luas, warna yang sangat biru , dan juga garis pantai yang panjang.

Tetapi yang menarik disini ialah warna pasirnya yang Hitam, ini lah yang menjadi iconik dari pantai ini makanya di namakan pantai gosong itu karna warna pasir nya yang gelap. Ombak dipantai ini juga tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil maka agak sedikit aman.

Disini pengunjungnya tidak terlalu ramai pada saat saya kesana dan laut nya pun masih bersih,  kalau berangkat sore seperti saya mungkin dapat melihat indahnya matahari tenggelam dan menjadi nilai plus disana.

Disana juga ada mushalah dekat pantai karna pantai nya juga dekat dengan perkampungan, mushallah yang masih clasik dengan kesederhanaan tempo dulu membuat wisatawan muslim tertarik  untuk shalat disana.

Akhir cerita saya pun kembali kerumah abang  saya untuk menginap dan jalan jalan di Aceh untuk menghabiskan waktu liburan dan saya kembali ke kemedan lalu kembali kekampung. Tak lupa dijalan pulang membeli berbagai ole-ole.

Sekian cerita tentang Wisata Pantai Gosong, Aceh Singkil, salam mozafir, story by Teguh F.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.