Pantai Natal, Sikara-Kara, Batu Ruso, dan Galon – 4 Objek Wisata Pantai di Madina

Mandailing natal adalah nama Kabupaten yang terletak di Sumatera Utara.  Ibu kota Kabupaten Mandailing Natal adalah Panyabungan. Mandailing natal mempunyai nama popular yaitu Madina.

Pantai Sikara-Kara, Madina

Madina ternyata menyimpan beragam pesona wisata yang belum terjamah wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Wilayah Mandailing Natal banyak didominasi oleh.dataran dan pegunungan.

Meski sedikit pantai yang ada di Madina, tapi masing-masing memiliki daya tarik tersendiri sehingga layak didatangi.Salah satu pantai yang menjadi tempat favorit masyarakat Madina untuk  menghabiskan waktu libur adalah Pantai Natal. Terlebih mereka yang tinggal di sekitar pesisir barat Sumatera Utara.

Berikut ulasan saya ketika berkunjung ke destinasi terbaik wisata pantai di Madina :

1. Pantai Natal 

sunset di pantai natal, madina

Pantai yang memiliki hamparan pasir putih ini terletak di bagian barat Kabupaten Mandailing Natal dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Pantai Natal merupakan pantai laut paling panjang di Sumatera Utara. Di Pantai Natal, para wisatawan akan disuguhi pemandangan indah laut dengan hamparan pasir yang luas. Sapuan angin laut yang sepoi-sepoi serta udara sejuk juga bisa dinikmati langsung oleh para pengunjung.

Berada di Pantai Natal dari pagi hingga sore sepertinya tidak akan membosankan dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Selain menikmati pantai dengan deretan pohon cemara di sepanjang bibir pantai, wisatawan juga boleh berenang di sini.

Karena Pantai Natal memiliki ombak yang terbilang kecil sehingga cukup aman untuk mengajak anggota keluarga bermain air, juga berolahraga.

Sewa Perahu di Pantai Natal

Para pengunjung di Pantai Natal juga dapat menikmati keindahan lautnya dengan menyewa perahu nelayan. Dengan membayar Rp5.000 per orang, para pengunjung bisa menyewa perahu untuk berkeliling berkeliling ke dekat pulau yang ada di sekitar pantai selama 20 menit.

Pilihan kegiatan berlibur di Pantai Natal masih beragam lagi. Seperti memancing ikan atau menunggu saat perahu-perahu nelayan tradisional menepi dan membawa hasil tanggapan menjadi pilihan kegiatan bersantai saat di Pantai Natal.

Belanja Ikan Segar

Pengunjung pun bisa langsung memilih hasil tangkapan dari nelayan dan meminta untuk dimasak. Menu ikan bakar bisa langsung disantap di tempat.Atau membeli makanan di warung di sekitar Pantai dengan aneka kuliner khas pesisir, karena sudah banyak warung dan restoran di sekitar Pantai Natal yang harganya pun sangat terjangkau, jadi kalian tak perlu khawatir kelaparan.

Kalian tidak perlu takut karena makanan sekitar Pantai Natal ini dijamin halal. Karna saya sudah membuktikannya sendiri.

Wisatawan yang datang dari daerah jauh dengan mudah akan menemukan penginapan yang ada disekitar lokasi wisata.

Menikmati Sunset di Pinggir Pantai

Menutup hari libur di Pantai Natal, Anda bisa menikmati keindahan matahari pantai barat mulai terbenam di ufuk barat dengan cahaya kuning kemerah-merahan.

Fasilitas yang dapat kita jumpai yaitu, tempat latar foto, lesehan yang bisa digunakan buat kumpul bareng keluarga, teman, kerabat, dll. Maupun tempat santai lainnya. Akses yang dapat kita gunakan yaitu, sepeda motor, jika dari rumah saya, karena tidak terlalu jauh dari lokasi.

Masyarakatnya yang sangat ramah tamah, jadi jika kita berlibur ke Pantai Natal ini bersama keluaraga baik tua atau anak-anak maupun dewasa kita akan disambut dengan hangat. Pokoknya tempat wisata yang satu ini cocok buat keluarga deh. 

Kalian bisa berlibur kapan saja, karena tempat wisata ini selalu banyak pengunjungnya. Tetapi kalau kalian ingin lebih tepat lagi datanglah pada hari libur seperti hari minggu, atau hari selasa juga bisa karena tepat pada pekannya Natal. Atau kalian kepingin lebih ramai lagi, kalian bisa datang pada saat hari natal yang sebentar lagi akan tiba.

Pantai Natal juga menyediakan tempat ibadah yang tak jauh dari lokasi, masjidnya yang bersih. Dan kita juga tidak akan terkendala dengan signal seluler.

Bukan hanya Pantai Natal, ada beberapa tempat wisata lainnya juga yang sempat saya singgahi, diantaranya…

2.  Pantai Sikara-Kara

Pantai Sikara-Kara, Madina

Pantai Sikara-kara terletak di desa Sikara-kara Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal. Pantainya begitu indah karena air laut yang jernih dan ombak laut yang kecil jadi bisa berenang sampe ke tengah lautan. Di tepi pantainya juga terdapat pepohonan yang cocok untuk berteduh sambil menikmati angin yang sepoi- sepoi.

3. Pantai Batu Ruso

Pantai Batu Ruso, Madina
Pantai Batu Ruso terletak di desa Tabuyung kecamatan Muara Batang Gadis. Pantai dengan ombak yang kecil dan karang yang banyak dan juga indah sehingga pengunjung bisa berjalan ke tengah lautan. Pantai Batu Ruso ini dekat dengan perumahan warga. Jadi dengan mudah kita bisa membeli makanan atau minuman di sana.

4. Pantai Galon

pantai galon, madina
Pantai satu ini pantai yang lebih dekat dengan Pantai Natal. Sepanjang pesisir pantai ini terlihat sangat indah dan selalu ada pengunjungnya.. Juga dekat dengan perumahan warga. Cocok juga buat menikmati matahari tenggelam.
Demikianlah pengalaman saya berkunjung di destinasi wisata pantai di mandailing natal, seperti pantai natal, pantai sikara-kara, pantai batu ruso, pantai galon. Semoga bermanfaat ya….
Salam mozafir….shared by Friska O.S

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.