Wisata Pantai Paris Tigaras, Simalungun

Pengalaman berwisata ke Pantai Paris Tigaras, Dolok Pardamean, Simalungun. Airnya masih berada di aliran danau toba. Pantai paris, layaknya Danau Toba yang memukau, tentunya Pantai Paris memiliki daya tarik tersendiri, yang membuatnya banyak diminati setiap pengunjung.

Pantai Paris juga merupakan pantai yang masih sangat alami sekali. Pantai Paris bersebelahan dengan Pantai Raya. Bahkan jaraknya hanya beberapa meter saja. Jadi saat Anda menikmati Pantai Paris maka Anda bisa langsung mengunjungi Pantai Raya.

Pantai Paris atau yang juga dikenal dengan sebutan pantai Tigaras, dulunya tidak begitu dikenal masyarakat. Namun, berkat perkembangan dan promosi yang baik dari pemerintah setempat, saat ini pantai tersebut menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang banyak diminati dijadikan oleh parawisatawan, terutama  saat liburan.

Hal ini terbukti pada peningkatan  pengunjung dari tahun ketahun, yang begitu signifikan.

Fasilitas yang ada di Objek Wisata Pantai Paris Tigaras

Sebagai salah satu destinasi wisata alternatif di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, pemerintah berhasil mengkondisikan destinasi pantai ini dengan cukup baik, terbukti dengan dibangunnya beberapa bangunan penunjang serta berbagai fasilitas wisata di tempat tersebut.

Selain bisa menikmati pesona keindahan danau toba, kita juga dapat melihat panorama semenanjung atau tanjung Unta dari pinggiran pantai Paris. Panorama tersebut merupakan dayatarik tersendiri yang tentunya sangat mempesona. Selain itu, masih banyak kesenangan-kesenangan lain, yang bisa anda dapatkan disana.

Selain berfoto ria Anda juga bisa memaknai keindahan alam yang diciptakan Allah swt. Pantai Paris bisa dinikmati oleh semua kalangan. Baik orang tua, anak-anak maupun orang dewasa. Masyarakat disana begitu menyambut dengan senang hati setiap pengunjung yang datang.

Dan disana juga keamanan terjaga dengan baik. Walaupun kami tetap tidak berani meninggalkan barang-barang dengan sembarangan. Saat itu saya berkunjung pada hari ahad, dan itu lumayan ramai pengunjung.

Kurang lebih ada sekitar 70-80 orang pengunjung. Buat masyarakat muslim juga tersedianya masjid yang sangat dekat dengan sekitaran pantai. Sehingga waktu azan pun kita dapat melaksanakan salat dengan baik, memiliki petugas kebersihan yang memantau kebersihan masjid.

Jika Anda bosan hanya melihat pemandangan dan ingin melakukan sesuatu yang seru, terdapat cara lain untuk menikmati keindahan pantai Paris ini. Pantai berpasir kerikil khas danau Toba ini menyediakan fasilitas yang dapat memacu adrenalin seperti banana boat.

Anda dapat mencobanya dengan keluarga atau teman agar liburan di pantai Paris semakin berkesan dan menyenangkan.Harga banana boat sendiri kisaran harga 200ribu rupiah.

Anda juga bisa mencoba speedboat untuk melihat sekeliling pantai dari air. Untuk menikmati fasilitas tersebut Anda perlu membayar sesuai dengan fasilitas yang digunakan. Jika ingin menginap, terdapat beberapa hotel yang dapat Anda jadikan pilihan untuk bermalam di kawasan pantai Paris.

Selain hotel ada pula bungalo yang dapat Anda sewa untuk dijadikan tempat menginap. Dan jangan khawatir dengan tarifnya, karena dijamin sangat murah meriah. Yakni ada di kisaran 30ribu rupiah per malam. Tentunya, biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung musim dan kebijakan yang diterapkan pihak pengelola.

Di sekitar pantai, kita dapat dengan mudah menemukan tempat makan, café, dankios souvenir. Untuk saya pribadi, lebih baik membawa bekal untuk menjaga ke-halalan makanan yang kita konsumsi.

Nah, meskipun terdapat pedagang di sekitaran obyek wisata, namun tampaknya keaslian dan kebersihan pantai masih terjaga dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan minimnya sampah yang berserakan serta air pantai yang sangat jernih.

Transportasi Menuju Pantai Paris dari Medan

Untuk dapat menikmati panorama alam pantai Paris dan menikmati segala fasilitas yang ada, Anda perlu datang ke daerah Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Lokasi tersebut tidak sulit ditemukan, karena wisata pantai Paris sendiri sudah populer di penduduk sekitar, sehingga Anda dapat  menanyakan arah dengan mudah pada penduduk.

Untuk akses menuju obyek wisata ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Namun, jika ingin cepat sampai, menggunakan kendaraan pribadi sangat disarankan. Akses jalannnya sendiri sudah cukup baik untuk dilalui.Terlebih lagi jika Anda berkendara dari Medan, Parapat, atau Siantar.

Jika Anda berangkat dari Medan, waktu tempuh dapat berkisaran antara empat sampai lima jam. Waktu ini termasuk lama, namun dengan keindahan alam yang disuguhkan selama perjalanan akan memusnahkan rasa penat anda selama dalam perjalanan. Dan bila Anda berangkat dari Pematang Siantar, waktu tempuh yang diperlukan tergolong singkat yaitu antara satu sampai dua jam saja.

Anda juga dapat menggunakan transportasi darat lainnya seperti motor maupun transportasi umum. Transportasi umum di wilayah tersebut juga cukup mudah di temukan dan cukup memadai bagi traveler yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Rencananya pemerintah juga akan membangun rel kereta api dari bandara Kuala namu menuju Tigaras. Hal ini sangat disambut antusias oleh masyarakat sekitar karena dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung yang pastinya, sekaligus membantu perekonomian masyarakat sekitar lokasi wisata.

Betapa indahnya Allah menciptakan alam semeste ini. Tanda-tanda kekuasaan Allah Azza wa Jalla , yang Ia ciptakan di langit dan di bumi dan di antara keduanya, semua itu tidak diciptakan dengan sia-sia, tetapi mengandung tujuan.

Yaitu untuk kemashlahatan makhluk-makhluk-Nya, sebagai sarana beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, sekaligus membuktikan tentang keesaan-Nya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, yang artinya:

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”. [Ali ‘Imran/3:190-191].

Tittle: TIGARAS – Pantai Paris; Bersih Memukau Aku Jatuh Cinta
shared by Serli A.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.