Perpustakaan Besar di Medan, Jam Buka, dan Fasilitasnya

jam buka Perpustakaan wilayah sumut di Medan polonia

Perpustakaan Wilayah Sumut di Medan Maimun – Informasi Lokasi dan Jam Buka Perpustakaan besar di Medan Maimun yang di kenal sebagai Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Utara.

Perpustakaan ini namanya perpustakaan wilayah karena di bawah wilayah kerja pemerintah provinsi sumatera utara, namun keseringan masyarakat kota Medan menyebutnya perpustakaan daerah Medan.

jam buka Perpustakaan wilayah sumut di Medan polonia
Ini foto tampak depan kantor perpustakaan wilayah sumut ketika memasuki area Perpustakaan pertama kali

Jadi ceritanya saya ingin berkunjung ke perpustakaan ini sehingga pagi-pagi sekali saya coba search di google, perpustakaan Medan, dan muncul Perpustakaan daerah Provinsi Sumatera Utara di Jl. Brigjen Katamso pas depan atau seberang jalannya Istana Maimun.

Bila anda kesulitan mencari, ketik saja di google maps “Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Utara” maka muncullah hasilnya.

Lokasi Perpustakaan Daerah Medan

Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Utara
Jl. Brigjen Katamso No. 45 K Sei Mati,
A U R, Kec. Medan Maimun,
Kota Medan, Sumatera Utara

Tepatnya persis di seberang jalan istana maimun

Sangat mudah menjangkaunya dan pas sekali dekat dari tempat tinggal saya di Medan Johor. Jadilah pagi itu saya bersiap dan di Rabu 18 desember 2019 jam 10.48 saya sampai di lokasi perpustakaan.

Jalan masuknya pas seberang istana maimun, dan pintu gerbang yang di buka memang cuma satu sebagai jalur masuk dan keluarnya kendaraan.

Parkiran untuk kendaraan mobil dan motor cukup luas, dan ya namanya perpustakaan memang tempat keheningan dalam menuliskan ide-ide dan mencari referensi buku-buku literatur.

Jam Buka Perpustakaan Daerah Sumatera Utara

Untuk jam buka perpustakaan daerah ini dari

  • Senin sampai Jumat jam 09.00 – 20.00
  • Sabtu Minggu dari jam 09.00 – 15.00.

Begitu turun dari kendaraan, segera saya keluarkan laptop dari tasnya dan masuk ke ruangan. Untuk layanan umum teman-teman bisa langsung naik ke lantai 3, dan siapkan tenaga jalan kaki naik tangga biar sehat he he he.

Begitu masuk ruangan langsung saya menuju ke meja dan mulai membuka laptop, namun tak lupa saya foto dulu sekelilingnya…tampak masih sepi, mungkin karena saya lumayan pagi datangnya.

Fasilitas Perpustakaan Daerah Sumatera Utara

Sangat bagus buat anda mahasiswa, akademisi, penulis dan lainnya untuk datang ke perustakaan ini, banyak buku-buku yang sudah di siapkan dan mencarinya lumayan mudah karena sudah di kategorikan masing-masing sesuai jenis buku yang anda cari.

Banyak meja dan kursi untuk menaruh laptop dan kursinya juga lumayan empuk untuk duduk berlama-lama mengetik tugas dari buku yang tersedia serta ada juga colokan listrik bila laptop atau HP anda lowbat meskipun colokan listriknya terbatas mungkin anda bisa membawa colokan listrik sambug bila anda berkelompok dan itupun jika di bolehkan oleh petugas perpustakaan.

Untuk wifi internet saat saya coba akses saat ini tidak tersedia kalaupun ada sepertinya bersandi. Sehingga untuk membantu saat saya butuh koneksi internet jadilah saya menggunakan hotspot dari handphone saya.

Meskipun saat ini informasi begitu mudah di dapatkan via internet melalui handphone anda, menurut saya mengunjungi perpustakaan ketika hendak menulis unuk saat ini masih di perlukan…minimal menambah semangat anda dalam mengetik tulisan anda. Mungkinkah masih ada meillenial medan yang berkunjung ke perpustakaan ini ?

Benar saja,,sekitar 2 jam saya di ruangan, mulailah berdatangan generasi muda entah dari kampus atau sekolah mana, ada yang sendiri ada yang berkelompok. Cuma sedikit saran dari saya; pelankan sikit suaranya ya dekku he he he… karena tidak semua yang datang ke perpus ini dalam kondisi happy seperti adek-adek semua.

Contohnya saya yang saat ini lagi deadline dan butuh ketenangan ­čÖé dalam menyelesaikan beberapa tulisan termasuk juga di antaranya tulisan di blog mozafir.com ini

Over All layanan perpustakaan bagus dan membantu atau memudahkan bagi pengunjung yang masih setia mendatangi perpustakaan di era digital seperti saat ini.

Ruangan Khusus Layanan Anak di Perpustakaan Daerah Medan Provinsi Sumatera Utara

ruangan belajar anak di perpustakaan daerah prov su
ruangan belajar anak di perpustakaan daerah prov su

Terakhir saya ingin menunjukkan juga bahwa di Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Utara terdapat ruangan khusus untuk “Layanan Anak” seperti anak SD ke bawah untuk belajar ataupun untuk event-event kunjungan sekolah lainnya. Lokasinya berada di lantai 1, pas masuk pintu utama perpustakaanruangannya┬á berada di sebelah kanan.

Menarik dan inovatif sebagai stimulus menambah semangat anak dalam gemar membaca buku atau mendekatkan anak kepada literatur buku atau belajar sejak dini.

ruangan anak di perpustakaan daerah sumut di medan maimun.jpeg
ruangan anak di perpustakaan daerah sumut di medan maimun

Sekian ulasan singkat saya mengenai pengalaman berkunjung ke sebuah perpustakaan daerah yang berada di kota Medan tepatnya Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Utara semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel lainnya.

Salam mozafir

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.