Pengalaman Wisata ke Pulau Panjang, Air Bangis Sumatera Barat

Pengalaman Wisata ke Pulau Panjang, Air Bangis Sumatera Barat – Pulau panjang adalah suatu Pulau yang berada di Air Bangis Sumatera Barat yang sangat indah dan memiliki jembatan yang indah di dasar perairan laut dengan pasir putih yang menambah keindahannya.

Pulau ini banyak pengunjung yang mendatangi sebagi suatu wisata yang indah baik bagi keluarga atau bagi anak anak remaja yang ingin berlibur…

Air Bangis atau aia bangih terletak di daerah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Pulau ini merupakan suatu pulau atau tempat wisata yang strategis banyak hal yang unik dan indah baik pemandangan dan juga ada beberapa suatu kapal laut kuno yang masih di simpan dan dijaga oleh masyarakat yang ada di pulau tersebut banyak hal yang menarik dari berbagai bangunan bangunan tua yang masih terawat oleh penduduk tersebut.

Pulau ini sangat indah saat hendak ingin menikmati  liburan dengan pasir putih dan jembatan yang indah di tengah laut tersebut.

wisata pantai pasir putih di pulau panjang air bangis

1. KAWASAN WISATA AIR BANGIS

Air bangis adalah suatu wisata yang terdapat di sumatera barat yang banyak di datangi oleh pengunjung yang hendak ingin menikmati liburan. Air bangis merupakan suatu wisata yang dimana memilki berbagai keindahan dan pemandangan yang indah di tepi pantai dan terdapat beberapa wahana yang tersedia di pantai tersebut.

Terdapat batu batu besar di tepi pantai tersebut sehingga dapat menikmati keindahan laut dengan lebih indah dan asri.

Di tepi tepi pantai terdapat beberapa pondok atau tempat untuk bersantai sambil menikmati makanan makanan yang telah disediakan oleh pemilik atau para pedangang yang menjajakan jualannya, terdapat berbagai jenis makanan atau menu yang telah disediakan oleh pedagang tersebut.

Di pantai orangnya sangat ramai apalagi pas menjelang tahun baru atau hari hari libur lainnya, banyak fasilitas yang disediakan di pantai tersebut, misalnya ada mesjid, tempat parkir dan banyak pedagang dan bermacam macam pedagang yang menjajakan jualannya, di tempat ini sering juga dibuat suatu acara atau hiburan dari berbagai kalangan tersebut.

Air bangis ini memiliki beberapa pulau salah satunya yaitu pulau panjang. Dan soal keamanan seperti kendaraan dan barang barang lainnya disana terjamin karena sudah ada penjaga yang bertugas di lingkungan tersebut. Wisata ini cocok untuk di destinasi wisata halal provinsi sumatera barat.

2. WISATA PULAU PANJANG AIR BANGIS

jembatan dermaga di pulau panjang air bangis
Pulau panjang ini terdapat di air bangis, apabila kita hendak mau pergi ke pulau tersebut kita menggunakan kapal atau bahasa daerahnya (bot) seperti pada gambar dibawah tersebut.

Kita memakai bot tersebut dari dermaga  menuju ke pulau,dan tiket yang harus kita bayar dengan jumlah 30.000/orang  tapi  jika lebaran atau tahun baru biasanya harga tiketnya naik bisa mencapai 50.000. Untuk mencapai ke pulau  kita memerlukan waktu setengah jam untuk sampai kesana.

Dalam perjalanan ke Pulau kita bisa menikmati ombak laut yang sangat indah dan berbagai pemandangan yang dapat kita nikmati dalam perjalanan menuju Pulau tersebut.

Di Pulau Panjang Air Bangis tersebut ada banyak pengunjungnya, Pulau Panjang memiliki pasir putih yang indah sehingga kita lebih betah berlama lama menikmati suasana tersebut, di pulau itu juga terdapat  makanan tapi tidak seberapa Cuma jualan kecil kecilan dan ada juga penjual buah buahan.

Di pulau terdapat kapal-kapal kuno dan pembuatan kapal dan kita bisa langsung melihat dan menikmati berbagai fasilitas yang disediakan penduduk setempat. Di pulau tersebut terdapat jembatan yang menuju ke tengah laut atau biasa di sebut dermaga sehingga kita bisa menikmati keindahan laut tersebut, jembatannya cukup panjang dan banyak pengunjung yang hanya ingin untuk melihat jembatan tersebut dan langsung menikmatinya. Dan kita bisa menikmati atau melihat kapal kapal yang sedang berlayar menuju pulau tersebut.

Di pulau tersedia mesjid dan ada juga tempat penginapan yang telah disediakan penduduk tersebut, di pulau itu penduduknya lumayan banyak, dan orangnya ramah ramah, dan ada juga bangunan-bangunan yang sudah lama dan pengunjung bisa untuk memasukinya untuk melihat lihat.

Suasana lingkungan nya bersih dan mesjidnya dan juga tempat wudhu , kamar mandi kebersihannya terjaga, Dan mesjidnya luas sehingga kita lebih nyaman menggunakan fasilitas fasilitas yang tersedia tersebut.

Dan ada juga warung warung kecil tempat makan dan banyak pedagang yang berjualan di pinggir pinggir jalan. Dan kebanyakan penduduk tersebut menggunakan bahasa melayu teatapi untuk berbicara kepada para pengunjung mereka menggunakan bahasa indonesia dengan sopan dan layaknya dijamu dengan baik oleh penduduk tersebut.

Masalah jaringan handphone atau sinyal seluler di pulau panjang cukup bagus dan lancar.

Untuk menuju ke jembatan seperti pada foto di atas kita harus menempuh perjalanan lumayan jauh dan sambil jalan menuju ke tempat tersebut kita bisa melihat lihat seperti pembuatan kapal atau kerangka kapal yang belum jadi dan perumahan perumahan yang kelihatannya seperti bangunan bangunan tua.

Untuk menuju kesana kita juga bisa menaiki becak apabila terlalu capek untuk jalan, dan kita juga bisa jalan dari pinggir pantai sambil menikmati keindahan pulau tersebut.

Setelah sampai disana kita bisa langsung ke tempat tersebut jalan melewati jembatan yang lumayan panjang menuju ke tengah laut dan menikmati dengan pemandangna yang lebih asri sambil memandang pemandangan yang indah dengan kapal kapal yang berlayar dengan alunan ombak yang indah menjadikan suasana yang indah dan membuat kita betah dan ingin berlama lama disana.

Dan makanan yang ada di pulau itu adanya nasi dan berbagai sayur dan lauk pauk,ada ikan,ayam dan lain sebagainya,masakan disana enak sama halnya seperti masakan di rumah makan.Dan kami tidak mendapi menu makanan yang di haramkan oleh islam.

Menurut saya pemerintah daerah perlu meningkatkan suatu pembangunan karena terakhir kami kesana pas setahun lewat jembatan yang menuju ketengah laut sudah tidak ada lagi di karenakan rusak dan sudah tidak bisa lagi pengunjung untuk menggunakan dan minat pengunjung pun mulai  berkurang karena rusaknya  fasilitas tersebut.

Karena rata tara pengunjung itu ingin kesana karena ingin melihat jembatan dan langsung kesana dengan menikmati keindahan pulau tersebut.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw  bersabda : lihatlah kepada orang yang lebih rendah dari pada kamu dan janganlah kamu melihat orang yang di atasmu. Maka hal itu lebih baik untuk tidak meremehkan nikmat Allah atasmu. (Muutafaq ‘Alaih)

Bersyukur kepada Allah ta’ala artinya adalah menjalankan ketaatan kepada Allah dengan cara menjalankan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya. Bersyukur kepada Allah ta’ala atas nikmat-nikmat-Nya bukanlah sekedar dengan mengucapkan hamdalah atau bersujud syukur. Akan tetapi ada cara lain yang lebih umum untuk bersyukur kepada Allah ‘azza wa jalla.

Bersyukur dengan hati yaitu dengan meyakini dan mengakui bahwa segala nikmat yang dia dapatkan pada hakikatnya adalah berasal dari Allah subhanahu wa ta’ala semata. Adapun peran manusia yang memberikan suatu kemanfaatan kepada kita, semua itu hanyalah suatu sebab dan perantara yang mana semuanya itu sangat bergantung kepada izin dari Allah ta’ala.

Tittle : Wisata Pulau Panjang, Air Bangis, Sumatera Barat
Shared by Novita T.

Add a Comment

Your email address will not be published.