Pulau salah namo, Wisata bahari di Batu bara

indahnya pulau salah namo

Pulau Salah Namo adalah sebuah pulau kecil di Selat Malaka, lepas pantai sumatera, yang memiliki panjang sekitar 500 m dan lebar 250 m.

Route untuk ke lokasi harus terlebih dahulu kepelabuhan tanjung tiram di Batu bara, selanjutnya harus menggunakan speedboat atau jetsky dengan waktu sekitaran 45 menit sampai satu jam untuk bisa sampai kelokasi Pulau Salah Nama.

Adapun masyarakat lokal yang ingin berpergian kepulau tersebut biasanya hanya menggunakan kapal nelayan. Dan dengan waktu kurang lebih satu setengah jam.

Sepanjang perjalanan, hamparan laut biru akan memanjakan mata. Jika beruntung, anda kita dapat menikmati lumba-lumba dan ikan terbang.

indahnya pulau salah namo
indahnya pulau salah namo

Kawasan perairan pulau salah nama menjadi lokasi wisata sekaligus kawasan mencari rezeki para nelayan tradisional.

Biaya kapal menuju pulau salah namo
Speedboat atau jetsky  = Rp. 700.000 –  Rp. 1.000.000

Sewa kapal nelayan:
Besar : Rp. 4.000.000 dengan kapasitas penumpang 50 orang
Kecil : Rp. 1.500.000 dengan kapasitas 10 – 15 orang.

Tiket masuk  : Gratis dan tidak dipungut biaya

Karena lokasi tersebut tidak bisa langsung dinaiki dengan kendaraan beroda, maka apabila anda yang datang dengan menaiki mobil atau kereta anda bisa menitipkan kendaraan anda diparkiran pelabuhan tanjung tiram.

Fasilitas :

  • Musholla

Bersih dan terjaga, pastinya tersedia tempat wudhu yang sangat layak.

  • Puskesmas darurat

Guna untuk membantu apa bila ada nelayan yang melintas butuh pertolongan kesehatan, dan untuk membantu apa bila ada pengunjung yang cedera dalam melakukan kegiatan wisata kepulau tersebut.

  • Toilet

Layak digunakan dan bersih.

  • Pondok atau rumah

Guna untuk beristrirahat bagi tamu penting, dan tidak semua pengunjung boleh beristrirahat disana.

  • Spot mancing.

Disana hanya terdapat 1 warung untuk menjual makanan ringan dan minuman bagi wisatawan. Karena biasanya wisatawan yang berkunjung kesana membawa makanan masing masing, ataupun mereka memasak makanan dari hasil pancingan yang mereka dapatkan.

Atau bagi pengunjung yang tidak memiliki alat pancing atau makanan, mereka bisa membeli ikan dari nelayan-nelayan yang lewat melintasi lokasi tersebut sebelum nelayan tersebut pulang dan membawa ikan hasil tanggakapan mereka.

salah satu wisata bahari yang patu di kunjungi yaitu pulau salah namo di batu bara
salah satu wisata bahari yang patu di kunjungi yaitu pulau salah namo di batu bara

Tetapi warung yang ada disana juga menjual atau menerima jasa masak bagi wisatawan yang ingin makan tanpa harus repot-repot. Dan warung yang ada dipulau tersebut dijamin halal.

Saran saya untuk pengembangan wisata pulau salah namo yaitu :

  • Dibenahi dan dilengkapi sarana transportasi khusus berupa kapal pariwisata untuk memudahkan wisatawan menuju lokasi wisata pulau salah namo.
  • Pemerintah harus mengambil peran penting dalam objek wisata tersebut, agar harga transportasi yang diterapkan jelas nominalnya. Agar memudahkan wisatarwan mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk kepulau tersebut.
  • Pemerintah harus menyediakan rumah singgah bagi wisatawan yang ingin berkunjung kepulau salah nama dengan menginap.
  • Dan pemerintah bisa melakukan pengenalan kuliner khas daerah pesisir Batubara kepada wisatawan dengan menggunakan warung yang ada disana, agar wisatawan luar tau gimana masakan khas daerah tersebut.

Pulau salah namo, Wisata bahari di Batu bara, story by Roni L.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.