Wisata Puncak Gundaling Berastagi: Biaya Tiket Masuk dan Fasilitas

  • Wisata Puncak Gundaling Berastagi
  • Harga Tiket Masuk :
    • Biaya Tiket Masuk Ke Puncak Gundaling Rp. 5.000/Orang
    • Tiket Masuk Toilet Umum Rp. 2.000/Orang
  • Fasilitas di Wisata Puncak Gundaling Berastagi :
    • Pondok untuk istirahat/nyantai
    • Musholla
    • Warung
    • Toilet Umum
    • Kuda
    • Delman
  • Indetifikasi Makanan Halal : Rumah Makan Yang Bernuansa Muslim

Ini cerita Wisataku Puncak Gundaling Berastagi

Minggu, 26 Januari 2020, Saya beserta keluarga saya pergi ke suatu tempat untuk mengisi hari liburan. Nama tempatnya itu puncak gundaling, ya dimana tempat itu pastinya sudah banyak diketahui oleh orang banyak dan pastinya orang-orang juga tau bahwa tempat itu sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

Awalnya sebelum saya dan keluarga saya merencanakan untuk pergi berlibur, pastinya dong saya mencari informasi dimana tempat yang cocok untuk di nikmati bersama keluarga dan tidak membosankan. Nah, ada beberapa pilihan tempat yang menurut saya sangat cocok untuk di kunjungi.

Salah satunya ya puncak gundaling. Setelah saya mecari informasi tentang tempat itu, saya sangat tertarik sekali dengan tempat itu. Nih sedikit saya deskripsikan tentang puncak gundaling ya, yang saya tau hanya sekedar dari cerita teman saya dan dari internet. Kalau saya dengar dari teman saya jelaskan,, intinya itu bahwa tempatnya sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga karna jalan menuju untuk ke puncak gundaling tersebut, sangat banyak tempat-tempat yang bisa untuk kita disinggahi.

Nah yang tadi itu kesimpulan dari penjelasan teman saya. Kalau inti dari penjelasaan internet itu menurut saya, pemandangan di daerah sana sangat indah dan cocok untuk selfi-selfi hehe. Semoga gak bosen ngebaca artikel saya ini sebelum saya ceritakan pengalaman saya. Sekarang saya akan menceritakan pengalaman saya waktu pergi ke puncak gundaling dari awal sampai akhir ya.

Saya bersama keluarga memulai perjalanan dari pukul 06.00 wib dan sampai sekitaran pukul 09.15 wib. Dari rumah menuju puncak gundaling sekitar ±3 jam diperjalanan, itupun kalau tidak macet ya. Kalau macet pastinya hampir ±4-5 jam diperjalanan dan itu sangat membosankan apalagi pegel dan capek yakan. Selama dalam perjalanan menuju kesana, saya dapat melihat pemandangan-pemandangan yang sangat begitu indah.

Ketika kita sudah masuk ke daerah sibolangit menuju brastagi. Wuh dingin sekali. Sejuk juga dong pastinya. Apa lagi jalan menuju kesana, berkelok-kelok jalannya. Kita lihat kebawah langsung kelihatan jurangnya. Jadi jalannya itu lumayan menegangkan lah pokoknya tapi seru sih.

wisata di Puncak Gundaling Berastagi
wisata di Puncak Gundaling Berastagi

Biaya Tiket Masuk Puncak Gundaling Berastagi

Nah ketika sudah sampai ke tujuan yang kami tuju, ada tiket masuknya loh agar bisa masuk ke daerah puncak gundaling tersebut. Tiket masuknya itu dijamin tidak menguras kantong masing-masing deh. Tiket masuknya itu harganya cuma Rp.5.000/orang. Wah murah kan? Pastinya murah dong ya.

Jadi kalian kalau mau pergi liburan gak usah mikir kalau bakalan banyak mengeluarkan uang. Ketika sudah sampai di puncak gundalingnya. Pastinya dong kami mencari tempat yang nyaman untuk beristirahat sambil memandang keindahan alam.

Fasilitas di Puncak Gundaling Berastagi

Naik Kuda di Puncak Gundaling Berastagi
Naik Kuda di Puncak Gundaling Berastagi

Fasilitas yang sudah saya sebutkan diatas itulah yang dapat di nikmati. Fasilitas yang pertama yaitu Pondok untuk istirahat/nyantai dimana pondok itu ditawarkan oleh orang-orang yang bekerja disana dan dihargai Rp.50.000 loh per pondoknya untuk disewa.

Pondoknya itu lumayan nyaman pastinya dong. Dipondok itu terdapat tikar untuk bersantai dan terpal untuk menutupi agar kami tidak kena air kalau kehujanan. Tapi kalau kita mau nyewa pondoknya, kita harus melihat kondisi tikar dan terpalnya itu. Kalau tikar dan terpalnya itu sedikit koyak kan gak enak untuk ditempati dan pastinya gak nyaman dong ya. Makanya harus bijak dalam memilih pondok tersebut.

Fasilitas kedua yaitu Musholla dimana suatu tempat yang paling dicari-cari orang Muslim untuk menjalankan perintah Allah SWT. Di puncak gundaling itu sangat mudah mencari musholla karna orang-orang yang bekerja disana itu sudah menyediakan satu musholla dan keadaan musholla nya bersih. Seperti yang sudah saya lihat. Jadi bagi orang Muslim sangat mudah untuk menjalankan perintah Allah SWT yaitu sholat.

Jadi jangan khawatir deh kalau pembaca artikel ini mau pergi kesana juga. Yang ketiga yaitu warung. Dimana pastinya kami mencari warung yang menjual makanan halal untuk dimakan. Ke empat yaitu toilet umum, dimana fasilitas ini salah satu yang sering di datangi sama orang-orang yakan.

Dipuncak gundaling sangat banyak toilet umum. Jika kita mau masuk ke toilet itu kita wajib membayar Rp.2.000. Jadi, jangan khawatir deh kalau mau pergi ke tempat ini karna alasan sulit mencari toilet karna faktanya saya sendiri udah ngalami bahwa sangat mudah mencari toilet.

Dan yang terakhir yaitu kuda dan delman, dimana para penunggang kuda dan delman ini menawarkan kepada siapa pun agar kita itu mau naik kuda dan delman itu. Kalau kuda yang akan kita tunggangi itu harganya Rp. 40.000/orang untuk mengelilingi puncak gundaling dan di kawal oleh seseorang yang menawarkan kuda tersebut kepada kita.

Awalnya saya takut sama kuda karna kalo deket- deket tu kuda bisa nunjang. Itu pemikiran saya aja sih sebenarnya. Ternyata setelah saya tau dari abang-abang yang tukang kuda itu. Dia bilang “kalau kita pegang bokonganya atau ekornya, kita bakal di tunjang nya. Tapi kalau kita pegang kepalanya, dia gak bakal mau nendang karna kalau kita pegang kepalanya kuda itu merasa kalau dia itu lagi di sayang-sayang”.

Ternyatau kuda tau juga juga ya kalau lagi di sayang-sayang hehe. Dan delman, dalam satu delman hanya boleh 4 orang yang naik. Harganya Rp.20.000/orang.

Puncak Gundaling Berastagi
Puncak Gundaling Berastagi

Jadi, kalau kalian para pembaca mau pergi kesana. Gak usah khawatir deh bakalan bosen karna disana itu terdapat fasilitas yang lumayan cocok untuk kita nikmati walaupun harus mengeluarkan uang yakan hehe. Dan yang terakhir perihal makanan nih.

Makanan Halal di Puncak Gundaling Brastagi

Untuk mencari tempat makanan halal di daerah sana itu cukup mudah, tidak terlalu sulitlah kalau dibilang. Kalau untuk didaerah puncak gundalingnya gak usah takut untuk mencari makanan yang halal karena disana ada 3-4 warung itu makanan bernuansa halal. Nah muncul pertanyaan dari pembaca. Darimana kita bisa tau kalau makanan yang diwarung tersebut itu halal ? Nah ini saya certain deh apa yang udah saya alami tentang bagaimana bisa saya tau bahwasannya makanan diwarung tersebut itu halal.

Kebetulan nih, ketika saya sampai di puncak gundaling, gak sengaja nengok seseorang yang dalam pikiran saya kok mirip ya sama kawanku sd. Eh ternyata setelah saya Tanya rupanya bener. Alhamdulillah ekan jdnya bisa nanya-nanya apa gitu kedia tentang daerah sana. Jadi yang saya tanyakan pertama kali kepada dia itu, bener gak sih itu warung yang judul warungnya sesuai dengan makanannya ? contohnya seperti WARUNG MUSLIM.

Kalau secara logika tu warung namanya aja ada muslim-muslimnya gitu jadi terlintas dipikiran kan sudah pasti makanannya halal semua ekan. Jadi setelah saya tanyakan itu kepada dia. Dia jawab, “ya halal lah makanannya karena tukang masak di warung itu tetanggaku sendiri dan langganan tempat makan ku juga”. Jadi saya sama keluarga sih gak ragu untuk makan di warung itu.

Nah jadi para pembaca gak usah takut kalau gak bisa makan karna alasan sulit mencari makanan halal disana karena bisa di bilang kalau daerah sana itu kebanyakan orang batak atau non muslim gitu. Jadi intinya itu gak usah khawatir deh. Pokoknya tempat ini (puncak gundaling) cocok banget untuk siapapun yang mau liburan.

Nah cukup terperinci lah ya cerita dari pengalaman saya tentang Wisata Puncak Gundaling Berastagi: Biaya Tiket Masuk dan Fasilitas – salam mozafir, shared by Gustina R.

Add a Comment

Your email address will not be published.