Tempat Liburan Study Tour Sekolah di Padang

Di awali liburan di kota padang kepantai air manis. Pantai air manis berkaitan erat dengan legenda malin kundang di Sumatera barat yang terletak dibilagan padang selatan,lokasi tepatnya berada di jalan pantai air manis,kelurahan air manis, kecamatan padang selatan, kota padang,propinsi sumatera barat.

Lokasi pantai air manis ini berada di sebelah selatan dari pusat kota padang lokasinya berada disisi belakang atau sisi sebelah barat dari bukit air manis atau gunung rasak yang sisi sebelah selatannya adalah pelabuhan teluk bayur.

Pantai air manis ini dari kampung saya yaitu yang terletak di panyabungan untuk menuju ke pantai air manis jauh perjalannya memerlukan waktu hanya 12 jam saja ,kami berangkat jam 9.00 wib dan sampe di tempat tujuan ke pantai air manis jam 8.00.wib, inih bisa juga cepat sampe soalnya dengan kami lamanya sampe itu tergantung dari mobilnya,jika mobilnya gak bermasalah kami bisa cepat sampe gak pala memerlukan waktu selama 12 jam..

Kata guru kami banyak tempat yang menarik di sekitaran pantai air manis salah satunya yaitu: Batu malin kundang,makam siti nurbaya,meriam tuan jepang,Pulai pisang gadang,Pulau pisang ketek. memang banyak disitu yang dapat di kunjungi tapi sayang sekali semuanya gak bisa di jelajahi yang kami jelajahi cuman lihat batu malin kundang ,soalnya waktunya gak banyak,karena kami lama sekali nyampenya.

Dan ada banyak juga kegiatan yang bisa dilakukan di pantai air manis salah satunya yaitu:Berenang ,naik kendaraan pantai,parasid,foto-foto dan banyak lagi.Yang kami lalu Cuma ini ajah ,sayang sekali soalnya waktunya tidak memungkinkan udah terlalu malam sampe ketujuan.

Di dekat pantai itu juga banyak sekali yang jualan salah satunya ada jualan pakaian,tas, topi dan kerajinan lainnya,dan ada juga beberapa kios yang menjual kerajinan yang terbuat dari batu karang, dan masih banyak lagi pokoknya yang berhubungan dengan perlengkapan pantai,dan ada juga yang jualan makanan di pinggir pantai itu yaitu,kripik,sate tusuk,dan masih banyak lagi yang kami belik Cuma sate tusuk yang satu porsi harganya Rp30.000 mahal sekali . setelah siap makan kami semua foto”di dekat pantai dan juga kami foto-foto sama orang bule, tapi sayang sekali foto-fotonya udah hilang sekarang cuma tinggal sikit lagi.

Setelah itu hari mulai gelap disitu kami bergegas pulang di tegah perjalanan kami cari penginapan yaitu di danau sikarak di sini penginapannya gak bayar (gratis) ,cuman disitu kita harus pesan makan gitu,di penginapan ini ada 2 lantai di atas tempat ber istirahat dan di bawah tempat untuk makanan,di sini makanannya mahal”sekali harganya itu Rp 40.000 ke atas, dan disini juga kalau mau ke kamar mandi sama mau cas hp bayar dimana kalau cas hp Rp10.000 sampe full baterainya,dan kalau mo ke kamar mandi Rp 2.000 sekali masuk di tempat penginapannya itu dingin sekali karena di belakang penginapannya itu ada danau yang namanya danau singkarak.

Setelah menjelang pagi kami semua sarapan pagi setelah itu foto-foto karna di pagi pemandangannya indah sekali ,apalagi memandang ke danau itu pagi-pagi gitu banyak sekali para nelayan-nelayan yang bergegas bekerja untuk nyari ikan dan semacam lainnya.di pinggir danau itu suasananya dingin sekali,.setelah itu hari sudah agak kesiangan kami pun melanjutkan perjalanan kami di mana disitu di tegah perjalanan kami singgah di istana panguyuran,dimana disini pemandangannya cantik sekali dilihat dari luar.

Pas masuk pun kedalam istana itu juga isinya sangat cantik ,di dalamnya itu terdapat alat-alat yang ber sejarah ,eehh lupa pas masuk disitu ada peraturannya dimana kalau kita masuk sandal ataupun sepatu kita di masukkan loh ke dalam palstik besar untuk menjaga kebersihan,kami kira mau di apain gitu hehehehe,ehh ternyata Cuma disimpan doang keren sekali.

Setelah kami masuk kedalamnya masyaallah di dalamnya rapi dan banyak barang-barang bersejarah sepeninggalan kerajaan yang di pamerkan di istana, paguruyung inih terdapat tiga lantai di mana lantai pertama ada barang-barang seperti patung yang berpakaian adat minang, alat music seperti gong, alat-alat untuk melakukan suatu tradisi,obat-obat tradisi minang dan masih banyak lagi.

Di lantai pertama inih juga ada cctv dimana didalam cctv itu ada gambar-gambar di dalam istana maupun gambar-gambar yang ada di sekeliling istana, tujuan dari cctv itu untuk memudahkan kita ketujuan yang kita tuju. ada juga banyak peti-peti yang tertutup di lantai inih tapi sayangnya kami tidak membuka petinya.dan kalau di lantai dua dan tiga ada benda-benda seperti keris,cincin peralatan dapur meja rias,dan juga tempat duduk raja ataupun lebih enak di dengarnya yaitu singgasana untuk raja.

Pemandangan istana paguruyung sangat indah dilihat dari jendela-jendela besarnya. Apalagi dilihan pemandangaanny dari lantai tiga indahnya luar biasa dan anginnya pun sangat kencang.setelah melihat di dalam istana kami pun melihat pemandangan di sekeliling istana panguruyung ,dimana disitu ada terdapat rumah-rumah adat yang kecil di sekeliling istana,tempat untuk beribadah,orang yang berjualan pun banyak di depan istana salah satunya jualan( makanan ,gelang kacamata gitu) ,dan ada juga orang yang berpakaian kek badut-badut gitu hehheh lucu nengoknya.dan ada juga patung kerbau di samping istana panguruyung.

Setelah selesai dari situ hari pun udah mau menjelang sore nah disitulah kami melanjutkan perjalanan kami dimana di tegah perjalan kami singgah di suatu tempat untuk beli oleh-oleh nama tempatnya saya udah lupa dimana di tempat inih banyak yang berjualan ,jualannya itubermacam-macam salah satunya ada jualan pakaian ,jualan makanan kek kripik gitu dan masih banyak lagi.disini pakaiannya serba Rp.35.000 disinilah kami berbelanja pakaian dan kripik khas padang.

Setelah siap berbelanja beli oleh-oleh kami pun lanjutkan perjalanan kami di mana di tegah perjalanan kami singgah lagi di kota bukittinggi dimana disitu ada Jam Gadang (Menara jam) sebutan bahasa minangkabau yaitu Jam Besar ,yang terletak di pusat kota bukittinggi provinsi sumatera barat jam Gadangnya terdapat di keempat sisi menara tersebut yang berdiameter cukup besar yaitu 80 cm.

Lokasinya di kelilingi oleh pasar bawah,pasar atas,plaza bukittinggi,dan istana Bung Hatta, disini banyak kali pemandangan yang indah-indah.pas sampe disini kami beli sarapan dimana sarapannya disini mahal-mahal dimana satu porsi sate Rp 15.000 kan kalau di kampung satu porsi bisa Rp.5.000 (goceng ) perhitugan kali ya namanya juga jalan-jalan yakan ya pasti mahal layah, anak akutansi sih jadi perhitungan kali hehehe.

Setelah kami siap makan kami pigi jalan-jalan melihat pemandangan yang indah dimana disitu kami melihat patung presiden ir soekarno,Bung Hatta,dan masih banyak lagi.disini juga banyak yang berjualan yang bermacam-macam seperti pakaian yang murah-murah tongsis, assessoris pun banyak yng jualan kek gelang yang ada gambar jam gadang dan masih banyak lagi.

Setelah selesai dari sini kami pun melanjutkan perjalanan kami ,setiba di panti kami singgah di rumah makan yang makannya disini mahal sekali Rp.30.000 per porsi kalau gak salah heheh, soalnya udah lama .sehabis makan kami pun melanjutkan perjalanan kami untuk pulang.

Demikian cerita saya berwisata ke Pantai Air Manis dan Batu Legenda Malin Kundang…salam mozafir, shared by Juriah

Add a Comment

Your email address will not be published.