Taman Buah Lubuk Pakam: Info Fasilitas Wisata dan Biayanya

Gerbang taman buah lubuk pakam deli serdang

Taman Buah Lubuk Pakam adalalah Tempat wisata ruang terbuka hijau di Deli Serdang. Lokasinya mudah dijangkau, di dalam Kompleks Kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Taman Buah buka setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Suasana tempat wisata ini Sejuk, Nyaman, Asri, Serta dilengkapi taman yang indah, didalamnya ditanami aneka macam buah-buahan dan yang bikin menarik wisatawaan dapat menikmati buah gratis dari pohon yang tumbuh di area Taman itu.

Akses ke Taman Buah dengan menggunakan sepeda motor bisa juga dengan mobil. Dari ibu kota kecamatan Galang (Galang merupakan salah satu kelurahan yang ada di kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang) ke Taman Buah memerlukan waktu 30 menit. Saya biasa ke taman ini karena taman buah ini dekat dengan tempat tinggal saya atau tempat lahir saya di kota Galang.

Lokasi Taman Buah ini berada di dalam Kompleks Kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang. Bagi warga sekitar Lubuk Pakam pastinya sudah kenal dengan Kompleks Kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang ini. Sehingga tidak akan sulit untuk menemukan lokasi Taman Buah ini.

Jika kamu dari kota Medan, kamu bisa melewati jalan Lintas Sumatera Medan-Lubuk Pakam lalu masuk dari jalan Karya Utama samping Kantor Bupati Kabupaten Deli Serdang lalu melintasi Kantor Samsat menuju jalan pintas ke Galang. Atau kamu juga bisa naik Bus Mebidang dan turun tepat di depan Kantor Bupati Deli Serdang. Kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki sebentar sekitar 20 menit. Jika tidak sanggup, kamu bisa naik becak disimpang Kantor Bupati tersebut.

Biaya masuk Gratis, karena taman ini merupakan taman kota yang dikelola oleh pemerintah, tapi ada biaya parkir sebesar Rp. 2.000/Kereta.

Makanan yang ada disana kebanyakan Gorengan, Pop Mie, Bakso bakar, Siomay, Nasi Goreng, Minuman Botol, dan lain-lain, tapi sekarang sudah ada penambahan penjualan seperti Pita rambut, Kucir rambut, dan alat-alat perempuan lainnya.

Fasilitas di Taman Buah Lubuk Pakam: ada Musholla untuk Ibadah, Tempat untuk Ibu yang menyusui (ASI), Toilet, Warung atau tempat makan, Lahan parkir, dan Area bermain anak.

Berfoto di wahana Wisata Taman Buah Lubuk Pakam
Berfoto di wahana Wisata Taman Buah Lubuk Pakam

Taman Buah Lubuk Pakam terdapat juga area bermain untuk anak-anak: seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan permainan lainnya. Taman buah juga sering digunakan masyarakat untuk tempat jogging dan gym karena tempatnya luas.

Para warga sering berlari sambil memutari area taman buah pada pagi dan sore hari. Bukan hanya sekedar bersantai dan berjogging saja, tetapi banyak yang berfoto-foto bagus di Taman Buah Lubuk Pakam ini, termasuk saya hehehe.

Salah satu yang menjadi favorit objek latar belakang berfoto adalah patung yang menyerupai buah-buahan dengan ukuran yang besar. Buah-buahan tersebut ada mangga, jambu, belimbing, jambu air, sawo, durian, manggis, duku, kueni, nanas, kelengkeng dan juga macam-macam bunga. Wisatawan juga bisa foto dengan latar taman yang indah berhiasan payung warna-warni yang tergantung diatas.

Jika kita mengunjungi Taman Buah Lubuk Pakam pada hari Minggu, kita akan menemukan badut lucu-lucu yang siap untuk menghibur pengunjung dengan cosplay animasi anak-anak seperti Doraemon dan Marsha. Kita juga bisa foto dengan badut-badut tersebut dengan gratis.

Taman Buah Lubuk Pakam ini selalu ramai pengunjung terutama saat akhir pekan, hari libur, dan pada saat musim buah. Kenapa? Karena pada saat musim buah para pengunjung diperbolehkan untuk memetik buah-buahan yang ada disini untuk dinikmati.

Namun banyak sekali para pengunjung tidak sabaran dalam memetik buah buahan tersebut. Mereka mengambil buah-buahan dengan sesuka hati tanpa memikirkan pengunjung lainnya, mereka juga akan memetik buah yang masih muda ini bisa menyebabkan gugurnya pohon. Sekarang sudah tidak bisa lagi sembarangan memetik buah dan memakannya karena sekarang taman buah sudah dijaga dan dirawat dengan ketat.

Taman buah ini sudah terkenal di daerah mana saja karena tempatnya yang begitu bersih, nyaman, dan asri. Disana juga terdapat banyak makanan yang enak dan murah, tapi kalau sekarang katanya makanan disana mahal-mahal karena banyaknya pengunjung yang datang ke Taman Buah membuat para penjual makanan dan minuman menaikkan harga makanan yang biasa murah menjadi mahal.

Pengunjung Taman Buah ini bukan berdatangan hanya dari Lubuk Pakam dan Galang saja, tetapi juga berdatangan dari Tebing Tinggi, Rampah, Perbaungan, Medan, Belawan, Binjai, Gunung Meriah, Batang Kuis dan kota lainnya.

Taman Buah ini bukan hanya untuk bersantai saja maupun berswafoto tetapi taman buah ini juga bisa digunakan untuk tempat belajar. Taman buah ini diapresiasi banyak sekolah TK di Lubuk Pakam. Setiap hari Jum’at dan Sabtu, selalu ada Rombongan murid TK yang mengunjungi Taman ini, yang dikawal oleh guru-guru dan Orang tua murid.

Gerbang taman buah lubuk pakam deli serdang
Gerbang taman buah lubuk pakam deli serdang

Kedatangan murid-murid TK ini bukan hanya untuk bermain tetapi mereka juga belajar untuk mengenal lebih dekat segala jenis tumbuh-tumbuhan, buah-buahan yang terdapat di taman buah ini dan sekaligus menanamkan rasa cinta dan peduli terhadap setiap tumbuh-tumbuhan dan lingkungan yang baik yang sangat berguna bagi manusia.

Taman Buah Lubuk Pakam memang tak sekedar taman pada umumnya, tempat ini telah di desain pemerintah dengan baik. Taman kebanggaan Kabupaten Deli Serdang ini, kini benar-benar jadi objek wisata idaman bagi para masyarakat dan para siswa, taman buah ini salah satu tempat rekomendasi untuk dikunjungi karena tempatnya yang begitu nyaman dan dekat dengan wilayah kota.

Di Lubuk Pakam bukan hanya wisata Taman Buah saja tetapi ada wisata lainnya seperti, Kolam Renang Deli Serdang yang besar dan bersih, tempatnya pun tidak jauh dari Taman Buah dan juga Mesjid Al-Ikhlas yang berada di samping kantor DPRD Deli Serdang yang begitu luas, besar dan indah.

Saran saya untuk Pariwisata Taman Buah ini adalah sebaiknya memberikan Lahan Parkir khusus Mobil supaya tidak macet dijalanan pada saat hari minggu, mungkin itu saja saran saya karena semuanya sudah bagus dan nyaman. Saya menyarankan Jika kalian sedang suntuk atau sedang stress sesaat, sebaiknya kalian mengunjungi taman buah ini untuk menyegarkan pikiran. Pokoknya, fresh kali lah !

Demikian cerita singkat saya tentang Taman Buah Lubuk Pakam: Info Fasilitas Wisata dan Biayanya, semoga bermanfaat, salam mozafir, story by Putri M.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.