Taman Wisata Iman, Dairi

Taman Wisata Iman atau disingkat TWI merupakan tempat wisata religius karena Taman Wisata Iman ini di dalamnya terdapat tempa-tempat ibadah.

Saya berwisata ke TWI ini bersama kelurga waktu libur semester lalu. Saya dan keluarga memilih liburan ke TWI ini dikarenakan tujuan awalnya itu mengantar kakak saya untuk tes cpns di Dairi.

Untuk mengisi kekosongan waktu, maka kami pergi ke Taman Wisata Iman ini. Sederhananya, liburan ini merupakan liburan yang tak direncanakan. Oke lanjuuutt…

Taman Wisata Iman ini berlokasi di Desa Sitinjo Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara. Rute dari kota Medan menuju Taman Wisata Iman, dimulai dari berangkat menuju Kota Berastagi.

Seperti ini pintu gerbang memasuki lokasinya :

Gerbang Taman Wisata Iman via www.student.unud.ac.id

Setelah tiba di Kota Berastagi kami lanjut menuju Kabanjahe nah nanti kalau ketemu pertigaan yang di Kota Kabanjahe, ambil jalur kanan. Dari pertigaan itu jalan saja terus sampai memasuki kawasan perbukitan. Jalan menuju Taman Wisata Iman ini sebagian besar itu perbukitan dan jurang, jadi hati-hati ya.

Nanti ketika diperjalanan kita akan menemukan air terjun yang berada di pinggir jalan. Air terjun Lae Pendaroh namanya. Dari air terjun Lae Pendaroh itu terus saja sampai ketemu Taman Wisata Iman.

Nah, Taman Wisata Iman ini berada di sebelah kiri jalan jadi jangan sampai kelewatan ya. Bisa dihitung perjalanan dari Kota Medan menuju Taman Wisata Iman bisa ditempuh dengan kurang lebih 4 jam.

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Iman berbeda-beda, untuk dewasa Rp. 10.000,- per orang dan untuk anak-anak Rp. 5.000,. Biaya parkir di TWI ini tidak ada untuk yang di spot bangunan masjid saja ya.

Saya tidak mengetahui bagaimana dengan spot yang lain, kemungkinan ada biaya parkirnya.

Taman Wisata Iman ini sangat-sangat luas dan yang saya suka dari tempat wisata ini adalah kondisi alamnya yang berbukit. Kalau kita ingin menikmati semua keindahan yang ada di tempat wisata ini alangkah baiknya kita berjalan kaki supaya lebih terasa capeknya hehehe supaya bisa menikmati keindahannya.

Taman Wisata Iman ini memiliki bangunan-bangunan yang menggambarkan simbol keagamaan, seperti Ka’bah dan lain-lain. Di Taman Wisata Iman ini terdapat spot yang bisa kita kunjungi yaitu Vihara Saddhavana, Lokasi Perjalanan Salib, Taman Firdaus, Gereja, Bahtera Nabi Nuh, dan Masjid.

Perjalanan saya di Taman Wisata Iman ini hanya mengunjungi Masjid. Jadi saya hanya akan menceritakan spot yang saya kunjungi. Sebelum itu kenapa saya tidak melihat spot yang lain karena keluarga saya tidak mau padahal saya sangat ingin mengunjungi semua spot yang ada.

Alhasil saya terpaksa mengikuti keinginan keluarga. Tetapi saya sarankan buat teman-teman kalau datang ke Taman Wisata Iman kunjungilah semua spot yang ada karena saya sampai sekarang menyesal tidak melihat semuanya.

Jadi, masjid merupakan salah satu bangunan yang ada di Taman Wisata Iman. Bangunan Masjid ini bukan hanya replika tetapi beneran bangunan masjid yang bisa digunakan untuk sholat.

Di sekitar masjid ini juga terdapat replika Ka’bah. Jadi kita bisa sambil berkhayal mana tau suatu saat Allah panggil kita untuk ke Baitullah, aamiin.

Satu lagi, lokasi bangunan Masjid ini berada di paling ujung kalau kita masuk dari gerbang masuk. Bisa dibilang bangunan masjid ini merupakan spot yang paling jauh.

Di Taman Wisata Iman ini sudah terdapat Masjid yang bisa digunakan untuk shalat maka di sini tidak lagi terdapat Musholla. Selain itu terdapat juga toilet dan tempat wudhu.

Untuk fasilitas yang bisa diberikan oleh Taman Wisata Iman ini adalah pemandangan alamnya yang sangat indah ditambah lokasinya yang berbukit yang menambah kesejukan.

Kalau untuk makanan, saya hampir tidak menemukan rumah makan atau orang yang menjual makanan. Jadi apabila teman-teman ingin ke TWI sebaiknya membawa makanan atau bekal sendiri dari rumah.

Karena dengan memakan makanan sendiri di tempat yang sangat sejuk akan menambah kenikmatan liburan.

Foto di atas memperlihatkan pemandangan di sekitar bangunan Masjid. Menurut saya, di sinilah salah satu spot terbaik untuk berfoto.

Di samping itu kita juga dapat melihat pemandangan alam yang sangat indah. Di sini kita bisa melihat pemandangan Kota Dairi, seperti berikut:

Buat kamu yang pertama kali ingin berkunjung ke TWI ini, disarankan untuk pergi pada saat cuaca cerah dan jangan lupa perginya bareng keluarga atau teman-teman terdekatmu, jangan pergi berduaan sama pacar. Okesip… Taman Wisata Iman, Dairi Story by Aulia R., Salam mozafir

 

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.