Tempat Study Tour di Berastagi: Gundaling Farmstead dan Replika Pagoda Shwedagon…

LOKASI

Gundaling Farmstead Berastagi

Alamat: Jl. Pendidikan, Jaranguda, Simpang pelawi, Kabupaten  Karo, Sumatera Utara 22158

Replika Pagoda Shwedagon

Alamat: Taman Lumbini, Desa Tongkoh, Berastagi, Dolat Rayat,  Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22171

BIAYA

Biaya fieldtrip untuk melakukan perjalan wisata ini tergantung dari penyelenggaranya masing-masing.

Untuk harga tiket nya gratis kita hanya cukup membeli susunya.

Biaya Parkir dan Toilet gratis.

Biaya masuk di Replika Pagoda kebetulan Gratis karena kami datang di peng-ujung waktu mau tutup.

Biaya bus tergantung biaya sewa busnya….

FASILITAS

Fasilitasnya terdiri dari tempat parkir, toilet, dan musholla.

Untuk yang di Replika pagoda tersedia tukang foto, Kantin/kios jualan

JARAK TEMPUH

• Jarak tempuh dari uin ke Gundaling Farm dari Medan sekitar 52 km jauh nya, waktu yang di tempuh sampai ketujuan sekitar 2-3 jam dalam perjalanan tanpa ada kendala.
  • Jarak tempuh dari Gundaling Farm ke Replika pagoda sekitar 6,3 km jauhnya, waktu yang ditempuh sampai tujuan 15-20 menit.

MAKANAN

Makanan di gundaling farm dan replika pagoda semuanya halal. Karena ada label halal nya di botol/kemasannya.

PERJALANAN DAN HASIL KEGIATAN

Tepat pada pukul 7.30 WIB kami berkumpul dikampus d Medan sekaligus naik langsung ke bus. Setelah semuanya sudah naik. Kami sembari melakukan doa perjalan yang dipimpin oleh teman kami, kemudian kami gerak ke tempat tujuan, diperjalanan kami sangat menikmati pemandangan yang indah dan melihat jalan yang berliku tajam.

Singkat cerita kami langsung sampai ke tempat tujuan yaitu peternakan susu sapi gundaling farm.

Kendaraan kami yaitu bus di parkirkan di samping jalan sebelum masuk tugu PT. PUTRA INDO MANDIRI SEJAHTERA PETERNAKAN SUSU SAPI.

Setelah itu kami menuju ke gundaling farms, kami beristirahat sejenak menunggu untuk panggilan fieldtrip kami.

Dengan hati yang sabar kami menunggu sekitar 1 setengah jam lamanya “Luar biasa”.

Setelah di panggil oleh petugas pembimbing kami. Kami disuruh dibagi menjadi 2 grup karena sapi-sapi tersebut tidak suka keributan. Saya masuk grup ke 2 di pembagian tersebut. Singkat cerita grup 1 sudah selesai.

Baru lah giliran grup ke 2 bagian kami, Disitu kami dikasih arahan oleh 2 petugas, dimana petugas pertama yang tugas nya sebagai merawat sapi dan petugas ke 2 sebagai dokter sapinya.

Singkat cerita kami langusng masuk ke dalam kandang sapi. Kami dikasih tau ada sapi yang mengandung anak kembar dan sapi 1 lagi mengandung anak 1.

Lalu kami diajak lagi untuk melihat anak sapi. Dan tempat pemerasan susu sapi. Tapi sayang nya kami tidak bisa melihat pemerasan karena pemerasannya dilakukan 2x di pagi dan sore hari. Pemerasannya dilakukan menggunakan alat tidak secara manual lagi.

Singkat cerita setelah melakukan field trip dilakukan oleh 2 petugas tadi, kami melakukan foto  bareng pertugas yang membimbing kami. Kemudian kami beli susu dengan varian rasa”bagi yang minat beli”.

Setelah itu kami berkumpul menuju ke bus dan melakukan absen dan menuju ke tempat tujuan selajutnya yaitu Replika Pagoda Shwedagon.

Singkat cerita setelah sampai ke tujuan kami cepat-cepat disuruh kosma kami untuk memasuki pagoda tersebut karena katanya pagoda tersebut mau tutup. Sampai di dalam kami berfoto-foto. Kemudian kami langusng pulang.

Semoga bermanfaat infonya…by Ilham S.

Add a Comment

Your email address will not be published.