Berwisata ke Pantai Lampuuk, Masjid Baiturrahman dan Museum Tsunami di Aceh

Info lokasi dan harga tiket mamsuk ke objek wisata Berwisata ke Pantai Lampuuk, Ulee Lheue, Lhoknga, Lhok mee, Masjid Baiturrahman dan Museum Tsunami di Banda Aceh.


Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh


Assalamu’alaikum rakan, berkunjung ke kota serambi mekkah atau kota banda aceh pastinya tak lepas dari peradaban dan budaya Islam yang telah lama menaungi bumi Aceh, salah satu yang dapat kita saksikan yaitu Masjid Raya Baiturrahman,

Mesjid ini terletak di jl Moh. Jam No 1, kp. Baru, kec. Baiturrahman, kota Banda Aceh, Aceh.

Mesjid Baiturrahman merupakan arsitektur terindah yang ada di Indonesia, dengan gaya arsitektur mughal. Penampilannya pun kini semakin cantik dengan dibangunnya 12 payung elektrik di halaman mesjid yang menyerupai payung di mesjid Nabawi loh rakan.

Mesjid Raya Baiturrahman juga banyak dikunjungi wisatawan local dan macanegara loh, karena arsitektur masjid yang sangat indah, dan juga mesjid ini mempunyai sejarah tersendiri rakan, rakan pasti tau pasca tsunami yang melanda kota Serambih Mekkah pada tahun 2004 silam, banyak meninggalkan kisah pilu bagi warga serambi mekkah ini.

Mesjid Raya Baiturrahman juga menjadi symbol persatuan warga Serambi Mekkah Saat tsunami 2004 silam dimana Mesid ini menjadi tempat evakuasi bagi semua umat dan golongan.

Alhamdulillah sekarang masyarakat Serambi Mekkah sudah bisa bangkit dari bencana yang melanda mereka. Nah, untuk rakan yang sedang ataupun lagi berkunjung ni ke kota Serambi Mekkah jangan lupa membeli buah tangan untuk kerabat dirumah ya.

Rakan bisa mengunjungi pasar Aceh yang letaknya persis di belakang Mesjid baiturrahman. Karena letaknya dekat ni rakan, rakan bisa berjalan kaki kok, hitung hitung menghemat untuk ongkos trasportasi hehehe.

Oiya apa aja sih yang bisa rakan beli di pasar aceh tersebut ? Rakan bisa membeli apa aja yang rakan mau, mulai dari makan khas Aceh seperti pisah saleh,kue sabang,kopi gayo, baju, tas dengan ukiran khas Aceh dan lainnya rakan.

Kalau rakan berkunjung ke Mesjid ini jangan lupa untuk menyempatkan sholat ya rakan, hehehe. Lanjut ya rakan kita beralih ke Museum tsunami di kota Banda Aceh ya.

Museum Tsunami Aceh

Berkunjung ke Kota Banda Aceh tak lengkap rasanya jika rakan tak berkunjung ke museum tsunami ini. Tempatnya tidak jauh dari Mesjid Raya Baiturrahman yaitu di jl. Sultan Iskandar Muda, sukaramai, kec. Baiturrahman, kota Banda Aceh, Aceh 23116.

Rakan bisa menaikin trans koetaraja yang di sediakan oleh pemerintah setempat. Museum ini di buka pada pukul 09:00 sampai pukul 16:00 dengan harga tiket masuk Rp.3000 per orangnya.

Bagunan rancangan pak Ridwan Kamil ini memiliki dua makna tersendiri loh rakan. Jika rakan melihatnya dari atas maka akan terlihat seperti gelombang tsunami,dan jika diliat dari samping (bawah) maka akan terlihat seperti  kapal penyelamat dengan geladak yang sangat luas.

Mueum tsunami ini memiliki empa lantai dimana lantai tertinggi digunakan untuk tempat penyelamatan.

Jika rakan memasuki pintu masuk utama, rakan akan di sunguhkan dengan lorong gelap pengap dan suara jerita, ditambah dengan arsitektur dinding yang berair menambah kesan seakan rakan ikut merasakan bagaimana dulu ketika terjadinya tsunami yang melanda masyarakat Aceh. Kepanikan dan ketakutan yang tergambar cukup jelas.

Setelah melewati lorong tersebut rakan bisa melihat foto terjadinya tsunami Aceh dengan monitor berjumlah 26 dan kuranglebih terdapat 40 foto didalamnya, ruang ini disebut dengan ruang kenangan.

Lanjut, rakan akan berjalan melewati nama-nama korban yang terkena tsunami yang dinamakan dengan sumur doa. Lalu rakan akan melewati lorong keputusasaan dan kebingungan, dimana jalanya berkelok dan sedikit menanjak, dinding yang dirancang dengan tinggi bermakna keputusasaan dan kebingungan rakyat Aceh pada saat itu. Setelah melewati lorong tersebut rakan akan melewati jembatan yang bermakna masyarakat aceh sudah bisa bangkit dari keterpurukan.

Lanjutnya lantai dan tiga penuh dengan meda edukasi. Seperti alat peraga, perpustakaan, dan panel edukasi. Jika rakan beruntung saat berkunjung bersama orang besar (pejabat) maka rakan bisa melihat tari rapai yang di lakukan oleh penari laki laki. Lantai bawah museum tsunami ini sengaja di rancang seperti rumah tradisional Aceh.

Pantai Lampuuk, Ulee Lheue, Lhoknga, Lhok mee – Aceh

Setelah berkunjung ketempat sejarah seperti mesjid Baiturrahman dan museum tsunami Aceh rakan bisa mengunjungi beberapa pantai yang ada di kota Serambi Mekkah ini, seperti pantai Lampuuk, ulee lheue, pantai lhoknga dan pantai lhok mee.

Pantai- pantai ini memiliki keelokan tersendiri loh rakan. Jika Rakan Berkunjung kunjung kesalah satu pantai tersebut rakan bisa menempuhnya melalui jalur darat.

Jika rakan berkunjung kepantai lampuuk kurang lenih berjarak 16km dari kota banda aceh, sekitar 30 minit kuranglebihnya rakan. Akses jalan menuju kesana pun bagus rakan.

Lokasi Pantai Lampuuk Aceh

Nah, untuk rakan yang suka banget dengan surfing wajib banget nih kesini. Tebingnya yang menawan dengan perpaduan pasir putih menambah indah pantai lampuuk, dan dilokasi ini rakan bisa mengambil foto dengan baik.

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”

Lokasi Pantai Ulee Lheue Aceh

Nah kalau foto yang di atas itu sunset di pantai ulee lheue, bagus ya rakan. Jika rakan ingin kesini jaraknya cukup dekat kok rakan cumin 3km dari kota banda Aceh. Akses menuju kesana juga cukup mudah.

Pantai ulee lheue tempat yang cukup bagus untuk menikmati senja.

Lokasi Pantai Pasir Putih Lhok Mee Aceh

Jika rakan berkunjung ke kota Serambi Mekkah ini atau kota Banda Aceh rakan tidak akan kesulitan untuk mencari tempat tinggal selama berlibur di kota religious ini pasalnya banyak juga terdapat penginapan atau hotel di kota tersebut, dan juga banyak terdapat cafe atau warung makan.

Untuk transportasinya juga tidak terlalu sulit karena pemerintah juga menyediakan trans koetaraja, atau pun rakan bisa memilih naik angkutan umum lainnya. Oiya di kota Serambi Mekkah ini juga sudah terdapat ojek online dimana rakan akan lebih mudah dong perihal transportasi.

Bagaimana rakan, Apakah rakan tertarik untuk mengunjungi kota religious ini? Sekian deskripsi tentang wisata halal di kota Banda Aceh ya rakan. Terimong ganaseh, Saleum anak Naggroe.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Semoga bermanfaat info Berwisata ke Pantai Lampuuk, Ulee Lheue, Lhoknga, Lhok mee, Masjid Baiturrahman dan Museum Tsunami di Banda Aceh.

Salam mozafir…shared by Wika L.S.

Add a Comment

Your email address will not be published.