Tempat Wisata di Banda Aceh, Biaya Masuk, Lokasi dan Fasilitas

pengalaman mengunjungi tempat wisata di Banda aceh

Cerita Mengunjungi Tempat Wisata di Banda Aceh – Pada waktu itu teman saya yang kuliah di banda aceh sudah pada masuk kuliah sedangkan saya masih liburan. Dengan itu untuk mengisi kekosongan dirumah.

Saya minta izin dengan orang tua untuk ikut teman saya ke banda aceh untuk berlibur. Karena Banda Aceh adalah tempat dimana banyak tempat wisata yang bisa untuk di kunjungi.

Pada hari itu tepatnya hari sabtu malam minggu saya dan teman-teman saya berangkat dari kota Takengon sekitar pukul 20.00 malam dengan mengendarai mobil umum. Perjalanan dari Takengon ke Banda Aceh sekitar 8 jam.

Tempat Wisata di Banda Aceh yang saling berdekatan

Sesampai nya di Banda Aceh sekitar pukul 05.00 pagi. Pada waktu itu saya dan teman-teman langsung ke kost mereka karena  saya juga selama liburan tinggal sama mereka di kos.

Pada hari itu saya cukup untuk istirahat dirumah saja. Karena sudah menempuh perjalanan yang cukup lama dan pastinya terasa capek.

Pada keesokan harinya disitulah saya mulai mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Banda Aceh. Saya mengunjungi nya di mulai dari yang terdekat sampai  jarak yang bisa dibilang jauh walaupun lama nya hanya sekitar 1 jam.

Mau tau gak wisata yang pertama saya kunjungi atau saya datangi?

Pantai Syiah Kuala

Pada saat itu yang pertama saya kunjungi yaitu Pantai Syiah Kuala dan Mesjid Raya Baiturrahman. Saya dan teman-teman untuk mengunjungi wisata nya dengan mengendarai sepeda motor.

Perjalanan dari rumah ke pantai tersebut tidak menghabiskan waktu yang lama kok. Cukup dengan waktu 20 menit sudah sampai di tempat. Karena rute untuk ke pantai tersebut mempunyai jalan tercepat atau sama kayak jalan potong.

Tetapi untuk melewati jalan tercepat pasti harus berjumpa dengan kambing karena di sekitar jalan tersebut banyak kambing-kambing yang berada di pinggir jalan atau berkeliaran di jalan.

Pantai Syiah Kuala, tempat wisata dekat di banda aceh
Pantai Syiah Kuala di kala senja

Biaya Tiket Masuk

Sesampai nya kami di pantai ada syarat yang harus di wajibkan yaitu tiket masuk dan parkir sebesar Rp.5000 per sepeda motor. Ketika sudah di pantai tersebut saya merasa pemandangan nya sangat bagus dan indah dengan air nya yang berwarna biru dan ombak-ombak yang selalu bergelombang.

Tak lama kami disitu matahari  nya mulai terbenam (Sunset) pada saat itulah saya dan teman-teman mulai untuk berfoto sama-sama.

Karena ketika foto saat sunset nya muncul foto nya pasti kelihatan bagus dan cantik. Tak terasa sudah selesai buat foto-foto.ternyata waktu sudah menunjukkan hampir maghrib.

Masjid Raya Baiturrahman

Kami langsung bergegas untuk  lanjut ke masjid Raya Baiturrahman yang berada di tengah kota Banda Aceh tersebut untuk menunaikan ibadah shalat maghrib berjamaah.

Saat saya shalat di mesjid tersebut saya merasa nyaman, khusyuk, hening, dan tidak terganggu dengan keributan yang ada.

Selesai shalat, saya dan dan teman-teman foto di halaman masjid tersebut.

Usai foto-foto kami juga langsung bergegas untuk langsung balik kerumah. Untuk perjalanan balik kerumah dari mesjid tersebut sekitar 15 menit sudah sampai dirumah.

Sesampainya dirumah saya dan teman-teman langsung beristirahat.

Tempat wisata religius di Masjid Raya Baiturrahman kota Banda Aceh
Tempat wisata religius di Masjid Raya Baiturrahman kota Banda Aceh

Info Fasilitas dan Lokasi Wisata

  • FASILITAS PANTAI: Menyediakan Toilet, Tempat parkir, dan musholla yang bisa untuk shalat.
  • LOKASI: Pantai Syiah Kuala : Alamat: Deah Raya, Syiah Kuala, Banda Aceh City, Aceh, Indonesia.
  • Masjid Raya Baiturrahman: Alamat: Jln. Muhammad Jam No.1 Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.
  • FASILITAS MASJID: Menyediakan Tempat parkir, Toilet, Tempat wudhu,dan fasilitas seperti AC dan Kipas angin.

Museum Tsunami

Keesokan harinya saya melanjuti kunjungan wisata yang kedua yaitu Museum tsunami. Dimana Museum tsunami ini adalah di buat untuk mengenang musibah yang pernah terjadi pada 26 desember 2004.

Museum tsunami juga tidak jauh dari rumah dan rute nya hanya sekitar 20 menit.

Untuk menuju museum tsunami tersebut hanya melewati  jalan yang ramai dan sering dilewati oleh setiap orang.

Museum tsunami ini tempat nya sangat berdekatan dengan masjid Raya Baiturrahaman yang sebelumnya sudah saya kunjungi.

Saya berkunjung ke museum tsunami hanya berdua dengan teman saya.

Museum Tsunami di Banda Aceh, Monumen ini banyak di kunjungi sebagai pengingat kejadian tsunami aceh 2004
Museum Tsunami di Banda Aceh, Monumen ini banyak di kunjungi sebagai pengingat kejadian Tsunami aceh 2004

Biaya parkir dan tiket masuk

Untuk memasuki kawasan nya harus membayar parkir terlebih dahulu untuk tiket parkir sebesar Rp. 2000 per sepeda motor. Dan untuk memasuki ke dalam Museum tersebut hanya membayar tiket dengan seikhlasnya.

Ketika sudah berada di dalam museum tersebut saya teringat ketika kejadian tersebut betapa sedih dan mengerikan saat tsunami itu terjadi.

Ketika di dalam tersebut kita harus melewati jalan kecil dan gelap dengan suara air yang begitu besar seakan kayak suara yang terdengar pada masa tsunami itu terjadi.

Di dalamnya juga diputar video-video saat terjadi nya tsunami.

Serta ada satu ruangan yang tertulis nama-nama yang sudah meninggal terkena tsunami pada saat itu. Serta banyak lagi kisah-kisah yang lain terjadi pada tsunami itu.

Setelah saya menelusuri tempat-tempat yang terdapat di dalam meseum tersebut. Saya dan teman saya foto-foto di tempat tersebut. Tidak lama kemudian waktu sudah ashar dan museum tersebuat sudah tutup.

Kami juga langsung bergegas untuk pulang tapi sebelum pulang kerumah kami terlebih dahulu shalat ashar di masjid. Barulah setelah shalat ashar selesai kami singgah utuk membeli Thai tea dan setelah itu kami langsung balik kerumah.

Fasilitas dan Lokasi

  • FASILITAS: Menyediakan Tempat parkir, Tempat untuk duduk, Toilet, dan lain sebagainya.
  • LOKASI Museum tsunami: Alamat: Sultan Iskandar Muda, Sukaramai,  Kec Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh 23116

Pantai Sunset Surf Lhoknga Beach

Keesokan harinya lagi, saya belum juga bosan untuk terus liburan. Saya melanjutkan wisata lagi yaitu wisata yang ketiga yaitu masih sama seperti wisata yang pertama yaitu Pantai Sunset Surf Lhoknga Beach.

Kami berangkat dari rumah pukul 16.00 atau habis shalat ashar. Akan tetapi pantai yang satu ini cukup jauh kalau dari rumah kurang lebih sekitar 1 jam.

Kami pergi mengendarai sepeda motor dan jalan menuju ke pantai tersebut hanya melewati jalan yang sedikit bebatuan.

Keindahan Pantai Sunset Surf Lhoknga Beach, tempat favorit wisata laut di banda aceh
Keindahan Pantai Sunset Surf Lhoknga Beach, tempat favorit wisata laut di banda aceh

Biaya Tiket masuk

Sesampainya di tempat terlebih dahulu harus membayar tiket masuk sebesar Rp.3000 per orang. Saat sudah masuk ke dalam saya dan teman-teman terlebih dahulu memesan makanan.

Karena mereka menyediakan makanan dan pondok-pondok buat duduk.

Sambil duduk-duduk di pinggiran pantai saya juga  melihat pemandangan nya lebih terlihat indah serta ombak-ombak yang tak henti untuk mengahampiri pinggiran pantai.

Kalau di banding dengan pantai yang pernah saya kunjungi sebelumnya pantai ini jauh terlihat lebih bagus dan indah.

Sambil menikmati pemandangan yang ada, tak lama kemudian makanan yang kami pesan pun datang dan kami memakan makanan yang ada.

Setelah menghabiskan makanan  kami berfoto-foto dan tidak lama kemudian saat itulah munculnya sunset yang ditunggu-tunggu.

Orang-orang yang duduk di pinggiran pantai bergegas bangun dari tempat duduknya untuk berfoto. Karena orang-orang tersebut banyak yang menunggu sunset nya muncul agar foto yang diambil tersebut sunsetnya kelihatan. Tidak lama kemudian saya dan teman-teman sudah selesai untuk foto.

Setelah semuanya selesai kami segera pulang kerumah. Karena memikirkan perjalanan pulang yang cukup jauh. Ketika di dalam perjalanan kami berhenti sebentar untuk shalat maghrib.

Selepas shalat maghribnya selesai kami melanjutkan perjalanan menuju pulang kerumah. Satu jam kemudian, ternyata sampai juga kami dirumah.

Fasilitas dan Lokasi

  • FASILITAS: Menyediakan Cafe untuk makan,Makanan halal, Parkir, Toilet, dan Mushalla. Dan fasilitas-fasilitas lain yang ada di pantai tersebut.
  • LOKASI Pantai Sunset Surf Lhoknga Beach: Alamat: Mon Ikeun, Kec. Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23371.

Pengalaman Wisata di Banda Aceh Menyenangkan

Setelah banyak saya sudah mengunjungi wisata Banda Aceh dan berhubung sudah agak lama saya disana.

Besok malam nya saya langsung balik lagi ke kampung halaman saya tercinta yaitu Kota Takengon.

Tetapi saya pulang dari Banda Aceh ke takengon sendiri. Karena teman-teman saya tidak balik kerumah lagi karena mereka semuanya kuliah di Banda Aceh.

Untuk perjalanan pulang saya harus melewati perjalanan seperti berangkat ke banda nya juga sekitar 8 jam dalam perjalanan.

Selesai lah cerita wisata saya yang lumayan agak banyak Hehe. Terima kasih.

Saran

Berdasalkan hasil pengamatan yang saya lihat dari tempat wisata tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Perlu adanya perbaikan jalan yang sedikit bebatuan untuk menuju objek wisata Pantai Sunset surf agar memudahkan para wisatawan untuk berkunjung.
  2. Perlu adanya pengelola dalam fasilitas-fasilitas tersebut dengan baik agar wisatawan merasa nyaman berada di objek wisata tersebut.
  3. Harus menjaga kelestarian lingkungan yang ada di tempat tersebut serta menjaga dan memelihara sumber daya alam yang ada.

Tks sudah membaca dan salam mozafir, shared by Fevi M.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.