3 Tempat Wisata di Kota Bengkulu

3 Tempat Wisata di Kota Bengkulu yang mudah anda jangkau ketika berlibur yaitu pantai panjang, Fort Marlborough dan Rumah Pengasingan Bung Karno dan wisata religi ke Masjid Agung At Taqwa Bengkulu.

Jarak tempat-tempat yang saya sebutkan sangat berdekatan sehingga memudahkan ke satu tempat ke tempat lainnya. Semua wisata di Bengkulu yang saya sebutkan adalah wisata favorit saya, tapi jika boleh memilih, spot favorit saya yaitu pantai panjang.

1. Wisata Pantai Panjang Bengkulu

wisata ke pantai panjang bengkulu, foto by pedomanbengkulucom

Pantai panjang terletak di Jalan pariwisata kota Bengkulu. Diberi nama pantai panjang karena pantai ini memang terbukti memiliki garis pantai yang sangat panjang, dari informasi yang saya baca garis panjang yang dimiliki pantai panjang yaitu 7 kilometer. 
Dengan panjangnya pantai, kita bisa menikmati pesona alamnya. Di pantai juga kita dapat melihat pohon cemara dan pinus yang tersusun disekiar pantai yang menambah suasana menjadi lebih sejuk dan asri.

Lokasi pantai panjang juga strategis, dimana letaknya sangatlah dekat dengan pusat kota. Dengan lokasi pantai yang mudah dijangkau dan tidak jauh dari pusat kota, tidak heran tempat ini menjadi tujuan utama liburan.

Di pantai panjang failitasnya sangatlah lengkap, mulai dari tempat parkir, kios-kios yang menjual souvenir atau cendramata, wahana permainan seperti banana boat, dan dari yang saya lihat kita juga bisa menyewa sepeda untuk mengintari pantai, ada juga tempat makan yang dapat ditemukan di pinggiran pesisir pantai yang tertata rapi dan teratur sehingga tidak terkesan kumuh atau kotor dan juga banyak menjual makanan khas Bengkulu dan juga yang terpenting adalah ada banyak penginapan disekitar pantai panjang.

2. Benteng / Fort Marlborough dan Rumah Pengasingan Bung Karno

Benteng / Fort Marlborough Bengkulu

Fort Marlborough merupakan benteng peninggalan yang juga menjadi bukti kekuasaan Inggris di tanah Sumatera, di dalamnya kita dapat melihat bangunan-bangunan yang kuno tetapi kokoh dan kuat. Dari informasi yang saya baca, benteng ini dibangun dalam rentang tahun 1731-1719 dan merupakan benteng terbesar ke-2 buatan Inggris di Asia.

Fasilitas wisata yang ada di fort marlborough kita disughkan dengan bangunan kuno yang kuat, prsasti-prasasti kuno,kita dapat melihat peninggalan sejarah seperti deretan meriam dan tersedia juga museum, ruang sel tahanan, dan terowongan.

foto Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu, merupakan tempat Soekarno menjalani hukuman pengasingan sebagai tahanan politik. Dari halaman depan kita dapat melihat rumah tersebut tampak sederhana.

Fasilitas wisata di rumah pengasingan Bung Karno kita dapat melihat isi dari rumah Soekarno, sepeda ontel beliau, dan buku-buku beliau yang masih bisa kita lihat.

3. Masjid Agung At-Taqwa Bengkulu

Masjid Raya Akbar At-Taqwa Bengkulu, Image by Singgahkemasjidcom

Masjid Raya Akbar At-Taqwa Kota Bengkulu terletak di Jl. Soekarno Hatta, Anggut Atas, Kec. Ratu Samban. Masjid ini juga dijadikan ikon kota Bengkulu yang membuat para pengunjung juga ingin mengunjungi masjid agung ini dan pastinya juga untuk beribadah.

Masjid ini dibalut warna putih yang menjadikan masjid ini tampak megah dan kokoh. Dari informasi yang saya baca, masjid ini resmi berdiri pada tanggal 1 juli 1989 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Fasilitas wisata di Masjid Agung At-Taqwa pastilah fasilitas yang tersedia yaitu tempat wudhu, kamar mandi, peralatan shalat dan pastilah kita mendapatkan kenyamanan didalamnya.

Transportasi ke 3 Lokasi Wisata Bengkulu dari Jambi

Untuk dapat menikmati berwisata atau berlibur yaitu pantai panjang, Fort Marlborough dan Rumah Pengasingan Bung Karno dan wisata religi ke Masjid Agung At Taqwa Bengkulu. Saya dan keluarga saya menempuh perjalanan dari Jambi ke Bengkulu menggunakan mobil yang menghabiskan waktu kurang lebih 9 jam. Untuk menuju ke tempat wisatanya pun saya dan keluarga menggunakan mobil.

Biaya Pengeluaran ke 3 Spot wisata di Kota Bengkulu

Saya dan keluarga saya menginap disalah satu hotel (saya lupa namanya) berada did ekat ketiga fasilitas objek wisata tersebut. Untuk harga penginapan yang saya tau berkisar Rp. 250.000 per-kamar.

Untuk harga tiket masuk ke pantai panjang itu gratis, tidak dipungut biaya tetapi ketika kita hendak menaiki wahana, kita harus membayar, seperti banana boat.

Untuk harga tiket masuk benteng / fort marlborough membayar Rp.5000/orang.

Untuk harga tiket masuk rumah pengasingan Bung Karno membayar Rp.3000/orang.

Sedangkan harga makanan disekitar pantai harganya cukup terjangkau tergantung kita membeli makanan apa.

Karena letaknya yang strategis yaitu dekat dengan pusat kota, jarak dari pantai panjang ke terminal berkisar antara 22-25 menit sedangkan jarak pantai panjang ke bandara hanya berkisar 25-30 menit.

Masyarakat Bengkulu menyambut baik para pelancong yang berkunjung dikarenakan Kota Bengkulu juga banyak dikenal memiliki ragam wisata. Wisata di Kota Bengkulu benar-benar cocok untuk anak-anak maupun dewasa dimana kita bisa menikmati keindahan alam, belajar tentang sejarah dan beribadah.

Untuk keamanan di setiap lokasi wisata di Kota Bengkulu menurut saya cukup aman. Saya berkunjung ke Bengkulu sebelum tahun baru sekitar tanggal 24 desember dan untuk keraiaman di pantai panjang sangat ramai ketika siang menjelang sore tetapi masih sunyi ketika pagi.

Untuk fort marlbourough itu pengunjung sangat ramai, dan rumah pengasingan Bung Karno bisa dikatakan cukup ramai. Dan untuk masjid agung At-Taqwa sangat ramai terutama orang beribadah.

Makanan yang saya dan keluarga saya makan kebanyakan hidangan laut, seperti kepiting, udang dan lain sebagainya sehingga terjamin kehalalannya. Untuk mengetahui restoran disana halal, kamimwlihat label halal pada restorannya dan pastinya menu yang dijual didalamnya.

Selama disana saya tidak pernah melihat makanan non-halal disekitar tempat wisata. Untuk tempat ibadah di tempat wisata yaitu pantai panjang, fort marlborough, dan rumah pengasingan Bung Karno saya tidak menemukan mushola didalam tempat wisatanya tetapi saya menemukan masjid di sekitaran tempat wisata tersebut, yang jaraknya berdekatan.

Jadi, itu juga memudahkan pengunjung jika ingin beribadah dan untuk kebersihannya juga lumayan terjaga.

Jika kita ke rumah pengasingan Bung Karno, itu sangat dekat jaraknya dengan masjid agung At-Taqwa. Untuk penginapan, ketika dalam perjalanan menuju pantai panjang saya melihat hotel yang berlabelkan syariah di sekitar pantai panjang.

Kondisi signal seluler di sekitar tempat wisata sangat bagus, hal ini dikarenakan letak tempat wisata yang sangat dekat dengan pusat kota. Dan lokasi wisata sudah cukup ramah untuk wisatawan muslim.

Saran untuk tempat wisata di bengkulu, di pantai panjang fasilitas yang harus di tambah yaitu toilet karena pengujung di pantai panjang banyak apalagi di hari besar sudah selayaknya toilet di tambah untuk kenyamanan pengunjung dan juga untuk pantai panjang dan fort marlbough kondisi kamar mandi yang kotor juga seharusnya lebih diperhatikan.

Kebijakan pemerintah yang harus dilakukan terhadap tempat wisata, lebih diperhatikan lagi kebersihan pantai dan menjaga agar tempat-tempat wisata tetap indah dan terawat.

Menurut saya wisata-wisata di kota Bengkulu ada peluang untuk dinobatkan sebagai wisata halal, namun mungkin ada beberapa syarat yang belum memenuhi wisata-wisata tersebut sebagai wisata halal, namun wisata-wisata di kota Bengkulu sudah termasuk wisata ramah muslim.

Itulah pesona wisata di kota Bengkulu, tempat-tempat wisata di kota Bengkulu membuat kesan tersendiri untuk para pengunjungnya. Keindahan alamnya, mengetahui tempat bersejarahnya serta beribadah di masjid agung At-Taqwa adalah pengalaman yang takkan terlupakan dan akan menjadi kenikamatan tersendiri.

“ Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?” (Q.S Al-Mulk : 3)

Tittle : Keindahan Wisata Alam, Religi dan Tempat Bersejarah di Kota Bengkulu yang Menarik Perhatian
Shared by Lisa C.T.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.