3 Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat yang Populer

3 Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat yang Populer – Padang menjadi salah satu kota di Indonesia yang mendunia,bagaimana tidak ? ketika kita mendengar kota padang pasti yang ada dibayangan kita adalah masakan padangnya yang begitu lezat.

Karena rumah makan padang memang tersebar diseluruh pelosok nusantara bahkan sampai mancanegara.begitu juga rending nya yang menjadi salah satu jenis masakan yang diakui dunia dan mendapatkan penghargaan sebagai masakan dengan rasa yang enak.

Namun bukan hanya kulinernya saja, tanah padang juga dikenal sebagai salah satu kota dengan panorama alam yang cantik.obyek wisata yang menjadi incaran di antaranya kelok 9,istana pagaruyuang di bata sangka,pulau cubadak,jam gadang,lobang jepang dan banyak lagi.

Berikut 3 Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat yang Populer bisa dikunjungi wisatawan saat berlibur di Sumatera Barat :

1. Wisata Kelok 9, Payakumbuh – Sumatera Barat

Mega kontruksi kelok 9 yang begitu fenomenal ini baru diresmikan pada tahun 2013. Jembatan ini menjadi salah satu ikon megakontruksi sumatera barat dan kebanggaan pariwisata Indonesia.

Kenapa sih jadi destinasi wisata? Karena letak jembatan kelok 9 ini berada di kawasan lembah yang sangat indah, spot yang ditawarkan di sini sangat indah dan keren,banyak orang yang berfoto disana untuk mengabadikan kenangan yang indah disana tanpa dipungut biaya karena tempatnya di pinggir jalan jembatan tersebut.

Fasilitas yang ditawarkan disana adalah jasa foto dan cuci foto yang langsung jadi dengan harga 10.000 per lembar,karena kami membeli 10 lembar,dibonusin jadi 12 lembar dengan harga 100.000 saja,yah mereka masih mau memberikan bonus kepada kami dengan senang hati,dan hasil fotonya juga bagus-bagus,mereka menyambut kami dengan ramah dan bersemangat juga.

Jembatan ini bisa di lewati oleh berbagai transportasi umum maupun pribadi karena jalan jembatan ini cukup luas.jembatan ini bisa dikunjungi bersama keluarga,karena di pinggiran jalan jembatan banyak berjejer kedai kedai tempat orang berjualan makanan dan disitu disediakan tempat cantik untuk mengambil spot foto yang sangat indah dan menampakkan indahnya kelok 9 ini.

Rasa masakannya yang mungkin harus lebih pinter pinter memilih saja,karena mungkin tidak cocok dengan lidah kalian,tapi kalau untuk sate padangnya yah jangan ditanyak lah,mantep!!! dan rata-rata yang berjualan adalah orang islam dan halal,tidak ada masakan yang non halal. Tempat parkir kendaraan disediakan di pinggiran jalan jembatan tersebut dan ada juga juru parkirnya yang akan menjaga kendraan yang kita bawa agar tetap aman.

Pada saat berkunjung kesana kami melihat anak anak touring yang berkendara beramai ramai disana dan mengabadikan foto juga disana,tidak terlalu ramai karena saat itu adalah hari biasa. Karena ini adalah jembatan untuk melintas, maka jauh dari tempat ibadah dan tempat penginapan,bisa memakan waktu 20 menit untuk sampai ke kota dan menemukan tempat ibadah dan penginapan. jaringan disana lumayan lancar lah. Jadi kelok 9 ini cocok menjadi sasaran kunjungan bila ke padang yah guys….

2. Wisata Jam Gadang Bukit Tinggi – Sumatera Barat

Jam gadang adalah nama sebuah menara jam yang terletak di pusat kota bukittinggi provinsi sumatera barat. Lokasinya dikelilingi pasar bawah,pasar atas,plaza bukittinggi dan istana bung hatta.

Di sekitaran jam gadang itu terdapat banyak sekali fasilitas yang dapat di temukan dengan mudah,seperti kendaraan umum,ATM,bank,mall dsb.

Kita bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi untuk menuju kesana dari penginapan menuju menara jam gadang tersebut,menara ini cukup dekat dengan kota jadi jarak yg ditempuh tidak begitu jauh dari penginapan jika penginapanya di kota bukittinggi seperti penginapan kami pada saat itu.

Penginapan disana harganya terjangkau tergantung pada budget masing masing saja mau memilih yang bintang berapa dan disesuaikan.

Ketika sampai di menara jam gadang ini kalian tidak hanya dapat melihat menara jam gadangnya saja,taman bunga yang cantik disekitaran menara,lampu lampu yang indah saat malam dan air mancur warna warni yang mengelilingi menara juga menambah keindahan untuk mengabadikan foto sebagai kenangan disana.

Kalian juga bisa berbelanja di pasar untuk membeli oleh oleh. Tidak hanya itu,di sekitaran menara ada pangkalan delman yang dapat kita naiki dengan membayar 75.000 bila ditawar sedikit tapi yah, dan akhirnya saya dan keluarga menaikinya yeyy….

Kami kesana saat soren menjelang malam dan disana sangat rame pengunjung dan sangat padat,sehingga susah untuk mencari tempat parkir akhirnya mobil kami parkirnya jauh sekali dari menara jam gadang tersebut, tetapi tetap aman karena disana diawasi beberapa polisi dan tentara yang siap siaga apabila terjadi kerusuhan,sehingga anak anak dapat terlindungi dan aman tapi juga harus dengan awasan penuh orang tua yah karena ramai banget percayalah apalgi kalau sudah malem.

Tak ketinggalan soal kuliner di sekitar menara tersebut,jangan ditanya lagi lah kalau ini,disana tersedia rumah makan besar yang maknannya enak enak dan di dalam rumah makan tersebut disediakan mushollah,masjid juga dekat kok tenang aja karena di padang ini kental akan agama islamnya,jarang sekali bahkan saya rasa gadak tu gereja,jadi untuk pelancong muslim aman terkendali lah kalau kesini apalagi menginap disini di hotel hotel yang disekitarnya.

Karena sudah wilayah kota kita gak akan kesulitan soal masalah susah signal. Orang orang disekitaran menara jam gadang ini ramah ramah,apalagi yang jualan dan abang tukang delmanya,mereka senang jika kudanya diajak foto dan di elus elus.

Berdasarkan pengalaman yang saya lewati disana,sedikit saran saya yaitu lebih di perluaskan lagi tempat parkir untuk berbagai kendaraan umum atau pribadi agar tidak susah mencari parkir dan berantakan akhirkan menyebabkan kemacetan dijalan karena mobil mobil yang parkir menghalangi jalan. itu saja, yang lainya udah top dah, rekomendasi banget kalau kalian ke padang yah guys..

3. Istano Basa Pagaruyung, Tanjung Emas, Batusangkar – Tanah Datar Sumatera Barat

Sesuai dengan namannya, istana ini mengabadikan kemegahan arsitektur dari pusat pemerintahan kerajaan. Istano basa pagaruyuang dahulu merupakan kediaman raja alam, sekaligus pusat pemerintahan dari sistem konfederasi yang dipimpin oleh triumvirat(tiga pemimpin)berjuluk ‘rajo tigo selo’.

Untuk sampai ke istana ini memakan waktu kurang lebih 2 jam dari bukittinggi atau kota,perjalanannya cukup panjang dan jalanya banyak kelokan tajam,jarang ada kendaraan umum yang bisa sekali naik langsung sampai kesana, lebih gampang kalau naik mobil pribadi.

Ketika sampai disana kalian akan disambut oleh beberapa tukang parkir dan tempat parkirnya cukup luas,aman dan nyaman,disekeliling istana ini terdapat banyak orang orang yang berjualan makanan,berbagai macam makanan yang halal pastinya, dan tukang jualanya juga baik dan ramah ramah loh.

Ketika sampai disana kalian sudah disuguhkan pemandangan istana dan bukit yang sangat indah membuat mata yang memandangnya pun merasa aman damai dan tenang deh pokoknya,tes lah kalo gak percaya hehehe

Itu masih awalnya saja yah,ketika kalian masuk ke wilawah istananya,bisa dijumpai beberapa badut seperti mama malin kundang,anak daro,dan sebagainya yang akan menyapa dan bisa diajak foto,tapi mereka minta tip seikhlas hati kalian yah. Disana orang orang ramai sekali berfoto foto dan menikmati pemandangan,tak ketinggalan pula baju adat khas orang minang yang banyak diminati oleh wisatawan disana,pokoknya ramai sekali.

Disana tidak disediakan mushollah terdekat,jika ingin sholat kita bisa berjalan atau berkendara sedikit lebih jauh saja agar sampai yah guys. Oh ya kalau masalah jaringan disana kurang yah,agak susah sinyal disana,jadi kalau mau pakai jaringan yang kuat yah seperti telkomsel.

Berdasarkan pengalaman saya disana, yang saya rasakan yah memuaskan pastinya,tempat ini bisa dijadikan tempat rekomendasi yang harus kalian kunjungi bila liburan kesini inget yahh jangan sampai lupa pokoknya.

Tapi ada beberapa hal yang mungkin harus diperbaiki,seperti diadakanya mushollah terdekat dan jaringan untuk orang yang memakai paket XL, IM3 dsb.

3 Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat yang Populer

Selesai sudah cerita pengalaman saya di 3 Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat yang Populer ini sangat menyenangkan dan bisa dijadikan kenangan indah dan juga cerita menarik untuk teman teman sekalian.

Q.S ar Rahman ayat 13 yang artinya “Maka nikmat tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?”

Dari ayat ini kita bisa mengambil hikmah bahwa semua nikmat yang ada bumi ini di berikan oleh allah kepada kita, kita yang menikmati ini sudah seharusnya banyak banyak bersyukur dan tak lupa pula menjaganya bukan merusak.

Terimakasih yang sudah membacanya sampai akhir ya 🙂

Tittle : OBYEK WISATA SUMATERA BARAT, si cantik yang tersembunyi di Sumatera Barat
Shared by Nurul RL.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.