Berwisata ke Pantai Pasir Jambak, Kota Padang

6 Tempat Wisata Favorit di Sumbar

Perjalanan saya dimulai ketika libur semester telah tiba. Pada hari kamis tanggal 9 januari 2020 saya akan melakukan perjalanan bisnis serta liburan di kota PADANG SUMATERA BARAT. Dari kota medan saya berangkat pukul 12.50 menaiki kereta api tujuan kisaran (kampung halaman saya). Setelah tiba dikisaran saya bermalam di rumah orang tua saya karena orang tua saya rindu dengan anaknya. Pada esok hari tepat dihari jumat jam 4 sore saya pergi ke loket untuk melakukan pemesanan tiket bus tujuan Kota PADANG.

Naik Bus NPM ke Padang

Naik bus NPM ke padang
Naik bus NPM ke padang

Saya berangkat pukul 7 malam setelah sholat magrib menaiki bus P.O NPM, rute perjalanan yg dilalui yaitu KISARAN – PEKAN BARU – KELOK 9 – PAYAKUMBUH – BUKITTINGGI – PADANG dengan waktu tempuh sekitar 26 jam. Diperjalanan saya mendapat sedikit kendala yaitu di labuhan batu utara, dikarenakan hujun turun sangat lebat dan jalan yg licin karena bekas banjir bandang yg baru baru aja terjadi hingga menimbulkan kemacetan, tapi untung saja kejadian itu tidak terlalu lama dan kami melanjutkan perjalanan. Pada pukul 2 pagi kami bus berhenti makan di daerah kandis, terus jam 5 kami berhenti lagi di kota pekan baru untuk melaksanakan sholat subuh.

Pemberhentian selanjutnya yaitu di rumah makan kelok 9 payakumbuh pada jam 2 siang untuk makan siang dan sholat dzuhur, disini kami berhenti cukup lama dan ada pengamen yg menaiki bus kami saat mulai perjalanan lagi. Pada jam 5 sore kami tiba di terminal aur bukittinggi untuk menurunkan penumpang dan melanjutkan perjalanan ke kota PADANG yang memakan waktu kurang lebih 3 jam. Dikarenakan jalanan macet dan akhirnya saya tiba dikota padang pada hari sabtu malam minggu pukul 9 malam.

Berfoto di Jembatan kelok 9 payakumbuh

berfoto di kelok 9
berfoto di kelok 9

Sesampainya di terminal Kota Padang, saya langsung dijemput oleh kakak perempuan saya dan abang ipar menggunakan mobil, sebelum pulang kerumahnya kami berhenti dan makan dirumah makan BEBEK SAWAH. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan kerumah kakak perempuan saya yang bertempat tinggal di ASMIL Yonif 133 Yudha sakti ,karna abang Ipar saya adalah seorang prajurit TNI.

Selama berada di kota padang saya menginap di rumah kakak saya selama tiga minggu. Disana saya sambil mempromosikan bisnis saya, yaitu MJ Perfume kepada angota-anggota TNI dan mahasiswa yang berada di kota padang. Selama berada di Kota Padang ada banyak destinasi wisata yang saya kunjungi seperti pantai pasir jambak, Jam gadang, lembah harau, kelok sembilan, pulau mande, pantai malin kundang.

Berwisata ke Pantai Pasir Jambak, Kota Padang

Berwisata ke Pantai Pasir Jambak, Kota Padang
Berwisata ke Pantai Pasir Jambak, Kota Padang

Pada tanggal 13 Januari 2020 Saya dan keluarga kakak saya pergi ke pantai pasir jambak. Kami berangkat dari Asmil pada pukul kurang lebih 4 sore. Pantai pasir jambak terletak 17 KM dari ibukota Sumatera Barat, Padang. Dengan waktu tempuh kurang dari setengah jam dari Kota Padang, pantai ini masih berada dijalur utama Padang – Bukittinggi. Di pantai ini kita bisa menikmati pemandangan sunset yang indah. Pantai yang bersih dengan pasir putih kekuningan dan berlatar belakang pepohonan pinus yang membuat pemandangan dipantai ini semakin asri. Untuk masuk kepantai ini kita hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp. 5000 saja sudah termasuk parkir dan sebagainya.

Menikmati Indahnya Lembah Harau, Lima puluh kota

Lembah harau
Lembah harau

Pada tanggal 23 Januari saya melanjutkan perjalanan wisata saya ke Lembah Harau. Lembah Harau merupakan lembah yang subur terletak dikecamatan Harau, kabupaten Lima puluh kota Sumatera Barat. Saya berangkat dari kota padang pada pukul 7 pagi dan tiba di lembah harau pada pukul 12 siang, setibanya disana saya langsung menuju air terjun lembah harau dan istirahat makan siang. Disana ada banyak air terjun dan pertunjukan tarian khas Minang kabau.

Setelah itu saya melanjutkan perjalanan ke kelok sembilan Payakumbuh, dari lembah harau menempuh waktu setengah jam untuk sampai ke kelok sembilan. Kelok sembilan adalah ruas jalan berkelok yang terletak di sekitar 30 KM sebelah timur dari kota payakumbuh, Sumatera Barat menuju Provinsi Riau. Jalan ini memiliki tikungan yang tajam dan lebar sekitar 5 meter, berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua pebukitan diantara dua cagar alam yaitu, cagar alam air putih dan cagar alam harau. Sekarang kelok sembilan dibangun sedemikian rupa sangat indah sehingga menjadi tempat destinasi wisata, disana juga disediakan tempat untuk berfoto seperti foto saya dibawah ini. Disini saya menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk berfoto dan duduk santai sambil menikmati keindahan pemandangan kelok sembilan.

Panorama Jam Gadang di Bukit Tinggi

berfoto di depan jam gadang
berfoto di depan jam gadang

Kemudian setelah itu saya melanjutkan lagi perjalanan menuju jam gadang Bukittinggi, waktu yang ditempuh dari payakumbuh ke jam gadang sekitar 3 jam. Disana saya melihat lihat bangunan jam gadang, disekitar jam gadang banyak terdapat pedagang pedagang yang menjual oleh-oleh ciri khas bukittinggi.

Kemudian saya kembali kekota padang dimana saya menginap. Hari-hari berikutnya saya banyak mengunjungi tempat wisata yang berada di Sumatera Barat.

Pesona pantai malin kundang

pantai malin kundang
pantai malin kundang

Berfoto di lokasi favoritkawasan wisata Mandeh

lokasi foto favorit di kawasan wisata mandeh
lokasi foto favorit di kawasan wisata mandeh

Meskipun liburan semester belum berakhir tapi saya harus kembali pulang ke kota medan pada tanggal 30 januari 2020 karena saya harus mengikuti tes CPNS dan saya tiba dikota kisaran tanggal 31 januari 2020 kemudian pada tanggal 2 februari saya kembali kekota Medan.

Itulah perjalanan selama liburan semester sekian dan terima kasih. Salam mozafir..shared by Arif T.

 

About the author

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger Medan (halal traveller) yang bercerita tentang pariwisata daerah Sumut, Aceh, dan Sumbar.