Biaya Tiket Masuk Istana Maimun Terbaru

Info tarif atau biaya Harga Tiket Masuk Istana Maimun atau maimoon terkadang disebut juga Istana Putri Hijau, merupakan istana kebesaran Kerajaan Deli pada zaman dulu.

Istana ini didominasi warna kuning, yang memang indentik sebagai warna kebesaran kerajaan Melayu pada zaman dahulu.

Lokasi Istana Maimun

Jl. Brigjend. Katamso no. 1, Medan Maimun, Kota Medan

(Berseberangan dengan perpustakaan daerah Medan)

Istana Maimun menjadi tujuan wisata bukan hanya karena usianya yang tua, namun juga desain interiornya yang unik, memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia.

Harga Tiket Masuk Istana Maimun

Pada november lalu saya dan teman-teman pergi ke istana maimoon mumpung saat itu jam pulang sekolah cepat.

Kesan pertama saya tempat ini sangat cantik dan kebersihannya masih terjaga, disetiap sudut tersedia tong sampah dan disana banyak terdapat turis-turis berkunjung hanya untuk melihat keindahan istana tersebut.

Pada masa itu jika ingin masuk ke dalam istana kita dikenai harga tiket sebesar

  • Rp.3.000 bagi anak anak,
  • Orang dewasa dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 saja.

Fasilitas Wisata Istana Maimun

Di dalam kita dapat temui orang berpakaian adat khas istana dan kita akan dipandu oleh pramu wisata yang akan menjelaskan sejarahnya Istana Maimoon ini.

Berfoto dengan spot kerajaan, mendengarkan alunan musik dari petugas kerajaan, dan melihat sisa-sisa peninggalan kerajaan maimun salah satu nya yaitu potongan mariam yang dikeramatkan, yang disimpan di dalam sebuah rumah kayu kecil, yang terletak disamping istana.

Menurut sebuah legenda Melayu Deli, potongan mariam ini ada penjelmaan dari Mambang Khayali, adik laki-laki dari Putri Hijau dari Kerajaan Deli Tua, yang merubah dirinya menjadi sebuah mariam sebagai usaha terakhirnya untuk mempertahankan Istana dari serbuan Raja Aceh yang merasa sangat kecewa dan marah karena lamarannya ditolak oleh Putri Hijau.

Mariam itu terus memuntahkan peluru tanpa henti yang membuat larasnya menjadi sangat panas dan akhirnya pecah menjadi dua bagian. Bagian ujung mariam mencelat terbang ke angkasa dan mendarat di Kampung Sukanalu, Kecamatan Barus Jahe, Tanah Karo.

Bagi anda yang ingin pergi ke tempat wisata bersejarah ini, tempat wisata bersejarah ini, anda dapat menggunakan transportasi umum, seperti bis, mobil, sepeda motor atau angkotan umum. Jika bingung, gunakan aplikasi google maps untuk mempermudah perjalanan anda.

Lokasi wisata sejarah ini, tepatnya berada dijalan sultan ma’moen al rasyid no.66, kelurahan sukaraja, medan maimun, kota medan. Lebih lengkapnya, anda dapat melihat lokasi yang tertera di google maps.

Jika kita ingin beribadah untuk menunaikan solat kita bisa berkunjung ke mesjid raya.

Masjid Raya Medan, Dekat dari Istana Maimun

Tak jauh dari Istana Maimun, ada Masjid Raya Medan yang berjarak  hanya 300 meter. Mesjid ini dahulu juga diprakarsai oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyahdan letaknya menyatu dengan kawasan Istana Maimun.  Namun karena pesatnya perkembangan Kota Medan, masjid ini dari kawasan istana dipisahkan oleh jalan dan rumah penduduk.

Masjid Raya dibangun pada 1906 dan  baru selesai di tahun 1909. Gaya arsitekturnya khas Timur Tengah, India dan Spanyol berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat.

Mesjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Medan ini tak hanya menjadi tempat ibadah,tetapi juga menjadi objek wisata religi bagi para pendatang karena arsitekturnya yang cantik dan unik.

Tittle : Tarif tiket masuk ke Istana Maimun Medan
Shared by Syopiah

Add a Comment

Your email address will not be published.