Wisata Aek Sijorni, Air Terjun Indah di Tapanuli Selatan

Wisata Aek Sijorni, Air Terjun Indah di Tapanuli Selatan
Wisata Aek Sijorni, Air Terjun Indah di Tapanuli Selatan
Wisata Aek Sijorni, Air Terjun Indah di Tapanuli Selatan

Air terjun memilki daya tarik tersendiri bagi traveller yang suka ‘’main air’’ baik bersama teman ataupun keluarga.

Pertama kali mendengar kata ‘’air terjun’’ maka yang timbul di pikiran kita adalah lokasi yang curam dan berbahaya, rute menuju lokasi yang amat memicu adrenalin, dan bebatuan licin disekitarnya serta gemuruh suara air yang sangat menyeramkan.

Lokasi Wisata

Nah, untuk bisa ke air terjun ternyata tidak seburuk yang kita pikirkan karena, ada lokasi air terjun strategis yang berada di Jl. Trans Sumatera Bukittinggi-Padangsidimpuan, Aek Libung, Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Air terjun ini dinamakan Aek Sijorni. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia Aek Sijorni artinya air yang jernih, aek artinya ‘’air’’ dan sijorni artinya ‘’jernih’’.

Tidak hanya air terjun tapi ada banyak wahana air yang natural nan alami di lokasi ini. Jarak tempuh dari pusat kota Padangsidimpuan menuju lokasi ini kurang lebih 30 KM dan memakan waktu perjalanan sekitar 45 menit menggunakan sepeda motor atau naik angkutan umum.

Biaya Tiket Masuk

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi anda akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp.10000 (sepeda motor) dan Rp. 20.000 (mobil).

Sesuai namanya air terjun ini, airnya sangat segar, sangat bersih, indah, asri dan warnanya kebiru-biruan seperti air laut begitu menenangkan. Selain itu, ada juga kolam renang yang cukup luas dimana airnya bersumber dari air terjun sehingga tidak mengandung kavorit.

Diatas air terjun juga ada sungai aliran menuju air terjun yang tidak kalah seru bermain disana. Tinggi air terjun kurang lebih 10 meter yang dikelilingi bebatuan besar nan licin dan pasirnya yang berwarna putih seperti pasir pantai.

Disekitar lokasi, banyak pepohonan khususnya pohon kelapa yang menjulang tinggi sehingga menambah keademan lokasi tersebut dan sangat worthit untuk dijadikan lokasi piknik. Yang unik dari air terjun ini adalah airnya tidak pernah keruh sekalipun hujan deras atau kemarau.

Biasanya para pengunjung yang kelelahan akan duduk diatas batu besar yang di aliri air terjun yang sangat deras untuk mendapatkan sensasi dipijat oleh air.

Saya sudah pernah coba dan ternyata sangat enak dan capek terasa hilang. Jalan menuju lokasi cukup terjal, namun anda akan terbantu dengan adanya tangga anak tangga beton yang sudah dibuat oleh pihak pengelola.

Keindahan Wisata Alam Air Terjun

Wisata legendaris ini sudah lama berdiri, namun pengelolaannya belum selengkap dan semodern sekarang, untuk bisa masuk ke dalam lokasi kita harus menyebrangi sungai besar yang dilengkapi dua jembatan (rambin) yakni, rambin 1 dan rambin 2.

Para pengunjung bebas memilih rambin yang mana yang akan dilewati, disini juga kita akan diminta tarif masuk cukup Rp.2000 perorang saja baik dewasa maupun anak-anak.

Pengunjung akan di uji keberaniannya untuk melewati rambin yang cukup panjang sekitar 15 meter sebagai penyeberangan menuju lokasi.

Uniknya, semakin banyak yang melewati rambin semakin kuat rambin berayun sehingga anda harus berpegangan kuat agar tidak jatuh ke sungai.

Air Terjun 3 Susun

Jika saya misalkan ya, aek sijorni ini ada 3 lantai….

Lantai pertama: kita akan disambut wahana waterpark yang airnya dialiri langsung dari air terjun. Untuk dapat masuk ke wahana ini, kita akan dikenakan tarif Rp. 15000 (anak-anak) Rp. 20000 (dewasa).

Namun, dihari-hari besar seperti libur lebaran dan natal tarif naik Rp.5000/orang.

Fasilitas yang disediakan di waterpark ini antara lain kolam renang, ban-ban, saung, kantin halal (dibuktikan adanya ayat serubu dinar di dinding kantin), musholla, kamar mandi khusus laki-laki, kamar mandi khusus wanita. dan ruang ganti.

Untuk semua fasilitas yang disediakan bebas digunakan pengunjung alias tidak dipungut biaya apapun. Dihari besar lebaran dan natal waterpark ini akan menyediakan hiburan dari artis-artis Tapanuli Selatan.

Wisata Aek Sijorni, lokasi favorit berfoto
Wisata Aek Sijorni, lokasi favorit berfoto

Masuk ke lantai 2: dihari biasa kita tidak akan dipungut biaya apapun untuk dapat masuk ke lokasi ini. Namun, dihari lebaran pengunjung akan dipungut biaya Rp.2000/orang.

Dilokasi ini kita akan dimanjakan dengan indahnya air terjun yang mengalir deras, jernih nan segar. Lokasi ini juga merupakan spot foto terindah di Aek Sijorni.

Air terjun yang berundak-undak membuat daya tarik air terjun semakin terllihat memesona, bagi anda yang suka ber swafoto view foto anda akan semakin terlihat menarik dan instagramable.

Sensasi segarnya air menghanyutkan rasa lelah dan letih kita. Kita juga bisa menenangkan pikiran di bawah air terjun yang mengalir deras.

Fasilitas yang ada di lokasi kedua ini ialah kantin halal (dibuktikan adanya surah yasin di dinding kantin), kamar mandi ganti, musholla, saung, kamar mandi umum dan ruang ganti.

Disini juga tersedia jasa pemotretan. Bagi anda ingin hasil foto yang terbaik anda bisa menyewa jasa fotografer yang ada disekitar lokasi untuk mengambil foto anda dan langsung dicetak, namun anda harus mengeluarkan biaya Rp.10000-Rp.20000 tergantung ukuran foto.

Masuk ke lantai 3: Di lokasi ini kita akan disambut sungai yang sangat jernih mengalir tenang ke hilir, sampai batu dan pasir yang ada didasar tanah sangat jelas terlihat.

Di tepi sungai berjejer saung berbagai jenis ukuran mulai dari 3×3 meter sampai 5×4 meter. Jika kita singgah di saung maka kita akan dikenakan biaya Rp.10.000/ saung.

Selain itu, dilokasi ini paling banyak didapati kantin halal, hampir di sepanjang sungai ada kantin halal. Untuk menambah keseruan anda ketika mandi di sungai, anda bisa menyewa ban yang boleh didapatkan pada kantin-kantin halal yang ada disana dengan harga, Rp. 5000/ban kecil dsn Rp. 10000/ban besar.

Anda bebas menggunakan ban nya jika sedang sepi dan jika ramai anda akan di beri waktu beberapa jam saja. Fasilitas yang di sediakan disini hampir sama dengan fasilitas yang disediakan pada lantai 1 dan 2 , musholla, saung dan ruang ganti, ban-ban dan kantin halal. Ini juga menjadi spot foto menarik dan hits bagi anak muda zaman sekarang.

Lokasi ini recommended sekali bagi anda pemburu spot foto yang natural dan alami…

Wisata favorit di Tapanuli Bagian Selatan

Itulah dia lokasi-lokasi yang ada di Aek Sijorni, lokasinya yang asri menarik perhatian masyarakat khususnya masyarakat TABAGSEL (Tapanuli Bagian Selatan).

Karena ini merupakan salah satu kekayaan alam yang harus dijaga, dilestarikan dan dikelola dengan baik. Jika masyarakat dan pemerintah saling bekerja sama untuk tetap menjaga asset berharga ini bisa jadi objek wisata ini akan menjadi destinasi wisata yang go Internasional.

Ini adalah salah satu objek wisata Sumatera Utara yang paling recommended buat kamu yang suka traveling.

Saran pengembangan

Saran: saya untuk objek wisata Aek Sijorni adalah agar mengecilkan biaya parkir karena menurut saya, itu masih kemahalan apalagi hanya beberapa jam disana, jembatan menuju lokasi hendaklah diperkokoh untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pungli yang terjadi pada pengunjung khususnya dihari-hari besar agar dikurangi atau bahkan di dihilangkan. Yang paling penting adalah kepada pengelola agar tidak mengeksploitasi Aek Sijorni menjadi modernisasi seperti pembuatan waterpark agar keasrian dan kenaturalan Aek Sijorni tetap terjaga.

Dan saran saya kepada pemerintah setempat agar dibuat kebijakan yang berkaitan dengan pengelolaan dan pengembangan objek wisata halal khususnya Aek Sijorni umumnya tempat wisata di TABAGSEL (Tapanuli Bagian Selatan).

Thanks for sharing….Salam mozafir, by Khoirul Y.H.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.