Wisata Alam Datuk Batubara, Lokasi, Biaya Tiket Masuk dan Fasilitas

Sebelum mengunjungi wisata Alam Datuk saya bersama teman saya berunding terlebih dahulu, sehingga kami memutuskan untuk pergi ke wisata alam Datuk, sebenarnya ini merupakan pantai Datuk hanya saja ini di ubah dengan berbagai spot foto yang eksotis, selain itu lokasi wisata ini dekat dengan perusahaan Inalum.

Lokasi Pantai Datuk

wisata alam datuk batubara

Wisata ini berada di desa kwala tanjung, kec Sei suka, kab Batubara. Untuk menuju wisata tersebut bisa dijangkau oleh tiga jalur,

  1. jika dari Medan maka masuk dari simpang kwala tanjung,
  2. jika dari Pematangsiantar maka masuk dari simpang lima puluh dan
  3. jika dari kisaran maka masuk dari simpang Sei berjangka.

Bila ditempu dengan motor dan mobil sekitar 20 km atau 30 menit, sepanjang jalan kita akan melihat hamparan sawah, tambak dan perkebunan.

Biaya Tiket Masuk dan biaya berfoto

Untuk masuk ke wisata tersebut kita cukup membayar tiket yang tidak terlalu menguras kantong, bayar Rp 10.000,- kecuali anak umur 10 tahun kebawah gratis, biaya itu sudah termasuk biaya parkir untuk semua jenis kendaraan, tapi jika kita ingin berfoto di berbagai objeknya maka akan dikenakan biaya tambahan Rp 5.000,-

Spot wisata di Wisata Alam Datuk

Jam Dinding Kayu besar: Spot foto yang hitz dengan Jam Dinding Kayu besar yang memberikan kesan unik, sehingga pengunjung tertarik untuk berpose eksis.

spot wisata alam datuk

Tak hanya itu saja kita akan menikmati pemandangan hutan mangrove yang luasnya hampir tiga hektar dan banyak Monyet liar menyambut ke datang kita, diatas Sangkar Burung yang dibuat menggantung untuk memudahkan melihat keindahan alam Datuk tersebut.

Rumah Hobbit: yang dibuat kayu dan bambu yang memiliki nilai estetika, layaknyaeperti dalam film The Lord Of The Rings, Di film trilogy tersebut terdapat karakter hobbit, Indonesia mempunyai banyak suku dan budaya maka di wisata alam Datuk ini memberikan spot foto yang mengambil tema Rumah Adat Papua dan kampung Indian yang terdapat ornamen ciri khas tersendiri.

rumah hobit di wisata alam datuk batubara

Perumahan gazebo: yang dibuat dipinggir danau buatan untuk pengunjung yang ingin menikmati angin pantai timur dan ketika menuju ke sana maka akan diantar dengan sampan yang menggunakan dayung, bukan hanya itu saja tempat wisata kali ini juga ada lapangan khusus buat permainan Mototr ATV bagi kita yang ingin memanjakan adrenalin dan jalan yang memicu semangat untuk menaiki motor ATV dialam terbuka.

biaya masuk wisata alam datuk batubara

Kuliner dan Fasilitas

Bagi muslim tempat ini juga menyediakan masjid untuk kita beribadah, toilet umum dan tempat sampah ini yang terpenting agar tetap terjaga kebersihannya, yang memudahkan pengunjung membuang sisa makanan ditempat sampah yang disediakan.

Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan berbagai makanan seafood khas dari Batubara seperti kerang rebut, udang, kepiting dan kita bisa camping dengan kerabat maupun keluarga sambil bakar ikan di gubuk yang disediakan tanpa bayar untuk pengunjung.

Untuk harga seafood tergantung kedai yang kita kunjungi biasanya seporsi kerang rebus tarifnya Rp 10.000,- selain itu kita bisa mencari ikan, kepiting maupun kerang dipinggiran pantai bagi yang berminat.

Tempat ini juga terdapat kolam renang buatan air tawar untuk pengunjung tapi, lebih banyak anak-anak yang mandi disini kerena kolam ini tidak terlalu dalam.

Dan jangan lupa disini kita bisa membeli sovenir khas Alam Datuk yang harganya terjangkau, seperti rumah-rumahan, aksesories, gantungan kunci tersedia di tempat ini. Ini bisa menjadi oleh-oleh khas untuk kita yang tertarik membeli nya.

Sekian cerita tentang Wisata Alam Datuk, Pesona Wisata Pantai di Batubara, shared by Ayu S.

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.