Wisata Halal di Danau Toba Parapat: Makanan Halal, dan Harga Hotel

Pada tanggal  7 juni 2019  saya dengan keluarga berlibur ke daerah danau toba via parapat, menikmati lokais wisata favoritnya, pengalaman menginap di hotel daerah parapat, menikmati makanan halal dan kami juga singgah di bukit simarjarunjung.

pemandangan danau toba di parapat

Wisata Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit simarjarunjung berlokasi di jl. simarjarunjung, Desa Parik Sabungan, Kecamatan Dolok Perdamean , Kabupaten Simalungun,Sumatera Utara.

Akses jalan untuk menuju bukit simarjarunjung sangatlah mudah karena jalannya yang sudah lebar, bisa dilewati kendaraan roda dua atau empat dengan lancar.

Jika sekiranya pun merasa kesasar, kita bisa menanyakan kepada warga warga disekitar karena nama bukit simarjarunjung sudah banyak diketahui oleh banyak kalangan dan juga warga disekitar sangat ramah.

Sebenarnya bukit indah simarjarunjung ini sudah ramai dan terkenal oleh masyarakat sekitar. Namun, baru akhir- akhir ini mendadak populer dikarekan spot foto yang bisa dikatakan lumayan banyak.

Yang paling menarik kita bisa menikmati pemandangan danau toba yang indah karena memang lokasinya masih sekitaran kawasan danau toba. Simarjarunjung adalah salah satu spot foto terbaik untuk menikmati sunset di kawasan danau toba.

Harga Tiket Masuk Bukit Indah Simarjarunjung

Untuk bisa masuk ke lokasi bukit indah simarjarunjung terakhir saya dan keluarga saya hanya dikenakan uang parkir , untuk sepeda motor Rp 10.000,00 untuk mobil Rp 20.000,00.

Kita hanya dikenakan biaya Rp.5000/orang untuk naik kepohon cinta atau objek foto lainnya kecuali untuk ayunan dikenakan biaya Rp.20.000/orang

Apabila ingin menuju ke bukit simarjarunjung ini saya sarankan agar melihat keadaan cuaca terlebih dahulu. Karena,jika sedang mendung, maka akan berpengaruh terhadap keindahan alam yang lebih bnyak ditutupi oleh awan gelap. 
Juga apabila hujan turun maka akan menjadi kendala. Oleh sebab itu,saya sarankan untuk melihat perkiraan cuaca sebagus bagusnya agar sesampainya di lokasi wisata kalian tidak akan menyesal hehee. Dari ketinggian, kita tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan danau toba saja, kita juga bisa melihat pemandangan alam lainnya sperti perbukitan yang hijau, kawasan persawahan,, dan juga perkebunan teh dan kopi.
Adapun jalan menuju simarjarunjung cukup mudah kok dari medan bisa meleati brastagi menuju ke arah parapat,ataubisa juga menuju samosir. 
Kalian bisa memanfaatkan GPS apabila merasa keningungan ataupun menanyakan kepada warga sekitar.
Perjalanan Wisata ke Parapat Danau Toba

lokasi wisata danau toba parapat – image by liputan6com
Setelah selesai dari bukit indah simarjarunjung sekitar pukul 13.00 WIB  saya dan keluarga saya melanjutkan perjalanan ke parapat danau toba. Perjalanannya memakan waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam dikarenakan macet berhubung sedang liburan lebaran.
Menginap di Hotel daerah Parapat 

menginap di hotel niagara parapat danau toba – image by travelingcowcom

Sesampainya di parapat saya dan keluarga saya beristirahat disalah satu hotel yang ada di parapat yaitu hotel Niagara Parapat. 
Hotel Niagara terletak di ketinggian sebuah  bukit yang menghadap ke danau toba. Hotel ini adalah tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi dan menemukan keajaiban dan keindahan danau toba. Dengan staf stafnya yang sangat sangat ramah dan senantiasa selalu memberikan pelayanan yang terbaik.
Untuk biaya yang dikenakan di hotel ini sekitar kurang lebih Rp 1.100.000 / perkamar, permalam. Fasilitas yang bisa kita dapati di hotel ini diantaranya parkir gratis, kolam renang, arena panahan, peralatan bermain anak diluar ruangan, ruang pertemuan, layanan dry cleaning, wifi ,restoran, penyewaan sepeda dan mobil, ruang rapat, pengering pakaian ,dll. Adapun fitur didalam ruangan yaitu pemandangan gunung, tersedia ruang merokok, layanan kebersihan kamar, pembuat kopi atau teh, balkon pribadi, dll.
Menyeberang ke Tomok
Setelah beristirahat semalaman, saya dan keluargga melanjutkan rekreasi kami untuk menyeberang ke tomok, dan ketika ingin menyebrang ke tomok itu menaiki kapal pengangkutan umum dikenakan biaya sebesar Rp 20.000/ orang.  
Saat diperjalanan menyebrang kapal pengangkutan umum tsb akan menyinggahi kita ke tempat terdapatnya Batu Gantung yang mana konon ceritanya batu gantung adalah sebuah cerita rakyat yang berkembang di daerah danau toba di sumatera utara. 
kapal menyeberang ke tomok dan pemandangan batu gantung – image by gobatakcom
Alkisah diceritakan tentang seorang gadis cantik jelita yang ingin dijodohkan oleh ayahnya dengan anak namborunya. Calon suaminya ini bodoh dan dari keluarga yang kaya.
Setelah singgah di batu gantung tsb saya dan keluarga saya sampai di tomok. Tomok adalah salah satu desa yang berada di kecamatan simanindo. 
Biasanya setiap orang yang menyebrang ke tomok adalah untuk berbelanja oleh oleh seperti baju baju,hiasan rumah,dll. Ditomok juga terdapat beberapa objek wisata salah satunya yaitu kayu sigale gale yang bisa menari nari, disini saya dan keluarga saya juga bisa berfoto dengan menggunakan tenunan khas batak sambil menari tor tor.
Ada juga makam raja sidabutar yang terbuat dari batu. Satu lagi adala museum batak yang berisikan benda benda kuno peninggalan budaya batak, mulai dari alat masak, alat perang, pakaian, dll.
Disetiap wisata tersebut akan dijelaskan tiap tiap sejarahnya yang dipandu oleh pemandu wisata yang ada.
Makanan Halal di Danau Toba
Kuliner halal di Parapat menurut saya banyak tersedia. Meski di tanah batak dan mayoritas kristiani namun gado-gado dan sate padang yang halal juga banyak dan gampang didapatkan. 
Bukan hanya makanan halal saja, untuk beribadah bagi umat muslim juga bisa dan gampang didapatkan. 
Masjid raya di parapat, lokasinya cukup strategis dan berada di pintu gerbang masuk wisata parapat yang gampang dijangkau 24 jam. Tidak hanya masjid, musholla musholla kecil pun banyak tersedia.
Jaringan Signal di Danau Toba
Untuk jaringan sinyal di danau toba sendiri sudah bisa dibilang sangat bagus dikarenakan upaya pemerintah menjadikan danau toba sebagai destinasi wisata berkelas dunia. Tidak mungkin wisata berkelas dunia, memiliki kekuatan jaringan yang lemah hehe. 
Isu Wisata Halal Danau Toba ?
Tetapi danau toba belum bisa dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata halal di provinsi dikarenakan danau toba adalah tanah batak  dan  mayoritas kristiani. 
Demikian pengalaman saya saat menikmati wisata yang sangat indah dan bagus, dari sini saya mendapat hikmah dan pelajaran untuk lebih mensyukuri semua karunia dan nikmat yang diberikan oleh allah swt. 
Yang tidak bisa untuk kita hitung banyaknya. Dan selalu ada hikmah dalam segala sesuatu yang diciptakan oleh allah swt. 
Seperti yang telah dijelaskan dalam Qs.Saad : 27 yang artinya “ Dan kami tidak menciptakan  langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya tanpa hikmah,yang demikian itu adalah anggapan orang orang kafir maka celakalah orang orang kafir itu,karena mereka akan masuk neraka.”
Salam mozafir… “ Wisata Danau Toba Sumatera Utara” shared by Aydiny Ummy Nur halim Harahap 

Written by 

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).

Leave a Reply

Your email address will not be published.