4 Tempat Wisata di Kota Jogja Yang Lokasinya Berdekatan

4 Tempat Wisata di Kota Yogyakarta, Lokasinya Berdekatan – Dijuluki sebagai kota Istimewa karena pernah menjadi Ibu kota Indonesia meskipun dalam kurun waktu yang singkat dan sistem pemerintahannyapun masih dalam bentuk sistem kesultanan.

Menurut saya pribadi Kota Yogya ini memiliki suasana yang begitu berbeda dengan kota lainnya. suasana damai, aman dan tentramnya begitu terasa, ditambah lagi dengan masyarakatnya yang begitu ramah dan santun kepada siapapun serta kebersihan kota ini pun sangat terjaga dari yang namanya sampah.

Pada lebaran tahun lalu kami sekeluarga berlibur ke kampung halaman tepatnya di Yogyakarta. Tak lupa kami memanfaatkan momen tersebut untuk bernostalgia mengunjungi tempat-tempat favorite ataupun tempat pariwisata yang berada di lingkungan Yogyakarta dan sekitarnya.

Adapun tempat Wisata di Kota Yogyakarta yang bisa anda kunjungi ketika berwisata ke yogyakarta :

1. Wisata Malioboro di Kota Yogyakarta

Nama Malioboro sangat familiar di kalangan para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Letaknya yang berada di jantung kota membuat Malioboro menjadi salah satu daftar tempat kunjungan yang tak kentinggalan tuk dikunjungi. Malioboro merupakan nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Yogyakarta.kalau main-main ke Malioboro jangan lupa mampir di Pasar Beringharjo yang letaknya bertepatan di jalan Malioboro.

Pasar Beringharjo merupakan pasar tertua di Yogyakarta yang menyediakan baerbagai macam barang-barang mulai dari kain batik, aksesoris pria dan wanita, barang pecah belah, cendra mata bahkan makanan khas Yogyapun tersedia, pokonya lengkap dehh…

Barang-barang yang dijualpun memiliki harga yang terjangkau mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, bila harga kurang cocok dikantong bisa kokk ditawar sama ibu penjualnya J, disepanjang pinggiran jalan Malioboro banyak banget penjual makanan dan minuman jadi gak perlu khawatir kelaparan. Uniknya lagi disini tuh ada yang ngejual sate gapake gerobak melainkan lesehan (lucu aja gitukan kalo dipikir-pikir nyate sambil duduk 🙂

2. Wisata di Alun- Alun Kidul Yogyakarta

Alun-alun merupakan lapangan terbuka yang sangat luas yang biasa digunakan sebagai kegiatan masyarakat yang beragam. Yang saya kunjungi kali ini adalah Alun-Alun Keraton kidul (selatan)yang berada dibagian belakang Keraton Yogya, untuk Alun-alun Utara berada di bagian depan Kraton.

Pada bagian Alun-alun kidul ini terkenal dengan pohon beringin kembar dan ritual “Laku Masangin” yaitu latihan konsetrasi dengan berjalan diantara pohon beringin yang berada di tengah Alkid (Alun-alun Kidul) dengan mata tertutup menurut mitos yang dipercayai turun-temurun, barang siapa yang berhasil melakukan masangin maka orang tersebut hatinya bersih dan permohonanya akan terkabul.

Jadi difoto ini tuh saya ama adek-adek pada nyobain “Laku Masangin” taulah gimana rasanya jalan sambil tutup mata jadinya kayak ngambang-ngambang gitu. Dan diantara kami ber-enam tidak ada yang bisa ngelewati jalan antara pohon beringin tersebut.

Bagi siapapun yang ingin mencoba”Laku Masangin” bisa langsung datang ke Alun-Alun Kidul ini karena untuk masuknya tidak dipungut biaya hanya biaya parkiran saja sebesar Rp.3000-Rp.5000/Mobil(kendaraan).

3. Wisata di Pantai baron Yogyakarta


Pantai Baron merupakan salah satu pantai yang terletak di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Untuk transportasi ke lokasi tujuan saya menggunakan mobil pribadi dengan menempuh perjalanan kurang lebih 1/5 jam dari kabupaten Bantul.

Pantai Baron ini menawarkan pemandangan yang sangat bagus, dimana ketika sampai ke Pantai Baron kita disuguhkan dengan berbagai macam pedagang mulai dari Rumah Makan sefood, Ikan hias, Ikan hasil tangkapan Laut, Ikan dan seafood yang sudah dikeringkan, cendra mata hingga peralatan untuk memancing pun ada disini. Pantai Baron ini beda sama di Medan, kalo di Medan begitu nyampe di lokasi langsung kelihatantuh pantainya tapi kalo di Baron kita harus jalan dulu kedalam sekitar 700m lumayan bukan.

Pantai Baron terkenal dengan pemandangan air laut dan air sungai di tepi pantainya keren bukan!!! Untuk menyebrangi sungainya kita bisa menyewa kapal milik nelayan dengan IDR Rp.10.000/PP, tapi juga bisa disebrangi dengan ceker kaki karena sungainya tidak terlalu dalam.

Bisa dilihat ombak di Pantai Baron ini juga tidak kalah besar dengan Pantai Parangtritis. Dijamin ga nyesal dehh kalo kemari 🙂

4. Berburu Oleh-oleh khas Yogyakarta

Kalau pergi ke Yogya belum lengkap kalo gak beli oleh-oleh khas Yogya. Saya punya saran nih kalo mau beli oleh-oleh sekaligus jalan-jalan sekitaran Yogyakarta bisa dicoba dengan menaiki Andong(Delman) dari depan Alun-Alun Keraton.why??

Karena bila kita naik delman dari sana kita udah bisa milih paket jalan-jalan gitu ke sekitaran Yogja dengan rute lokasi yang dikunjungi dari Alun-alun – Toko Baju” (cendra mata) – Pabrik Bakphia lumayan bukann jalan-jalan + beli oleh oleh.

Cukup membawa uang Rp.500.000 kalian sudah bisa menikmati semuanya (naik Andongnya+Beli Baju+  Beli Bakpia.

Beneran kan Kalo Yogya itu” Never Ending Asiknya”  sangking Asiknya jadi susah ngeLupainnya :-).

Tittle :  “YOGYAKARTA, suasana Kotanya bikin susah MoveOn” – 4 Tempat Wisata di Kota Yogyakarta, Sekali Jalan Berdekatan
Shared by Faizatun N.

Add a Comment

Your email address will not be published.