9 Info Wisata Lembah Harau Payakumbuh

7 Info Wisata Lembah Harau Payakumbuh yang perlu anda ketahui – Berwisata ke sumatera barat memang banyak sekali spot yang sangat memukau, selain kota Padang yang tak mau jauh-jauh meninggalkan kota, tentu ada juga Bukti Tinggi dengan jam gadangnya, kemudian ada Painan dengan wisata pantai di Pesisir Selatan.

lembah harau payakumbuh image by limapuluhkotakabgoid

Ada banyak lagi kota-kota Indah di sumatera barat, satu di antaranya adalah Limapuluhkoto. Tahukah kamu di payakumbuh, limapuluh koto ada spot wisata mantab, namanya Lembah harau.

Yuk kita simak info singkat tentang spot-spot indah di lembah harau sumatera barat, siapa tau bisa menjadi salah satu tujuan wisata kamu saat berkunjung ke sumbar, oh ya Sumbar saat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata halal dunia loh…makin bangga kan jadi anak sumbar.

Admin sendiri sudah 2 kali berwisata ke sumbar, dan keduanya tetap ke spot yang sama yaitu di painan pesisir selatan.

Mengtip dari wikipedia bahwa, Lembah Harau adalah sebuah ngarai dekat kota Payakumbuh di kabupaten Limapuluh Koto, provinsi Sumatra Barat. Lembah Harau diapit dua bukit cadas terjal dengan ketinggian mencapai 150 meter berupa batu pasir yang terjal berwarna-warni, dengan ketinggian 100 sampai 500 meter.

Wisata lembah harau mungkin bisa dijadikan spot wisata unik di Indonesia, karena cukup jarang spot wisata lembah di Indonesia, dan salah saunya ada di kota payakumbuh ini.

Foto wisata lembah harau, image by wisato.id

1. Lembah harau punya Air yang jernih

Air yang jernih dan alirannya tenang tentu mengundnag selera untuk segera berenang dan mandi dengan sepuasnya, bila kamu termasuk yang tak pandai berenang, maka jangan takut karena ada alternatif lainnya yaitu naik sampan yang cukup murah disewa tanpa perlu berbasah-basah dan dengan mudah mengambil spot berfoto sepuasnya.

2. Spot Lembah Harau Menguji adrenalin Petualang

Bila anda merasa darah kamu mengalirnya kurang deras, ha ha ha maka di jamin saat kamu mencoba spot panjat di tebing-tebing yang menjulang tinggi ini maka darah kamu akan lancar tanpa sumbatan….yeaiiiii itu penting sobat, namanya wisata adrenalin petualang. Tips; selalu berpegangan pada tali ya demi keselamatan dan jangan takabur, ikuti pemandu atau guide lokal.

3. Air terjun Lembah harau yang memukau

Lembah yang cukup luas dan aliran air yang sejuk disaat panoramanya mengenai mata maka seketika anda akan mau melompat masuk sambil menikmati jatuhnya air dari ketinggian, tetap hati-hati ya ini air terjun meskipun indha banget, tapi tetap harus waspada…

4. Penginapan di sekitar lokasi wisata lembah harau

Banyaknya tawaran penginapan di sekitar spot wisata membuat anda bingung pastinya, mungkin bingungnya itu adalah biaya, dan pilhannyayang mana. Admin bisa mengusulkan pilihlah yang dekat air terjun agar kamu bisa menikmati keindahan malam dengan warna-warni keindahannya di malam hari. Dan tambah lagi sejuknya pagi hari dari semburan hawa dingin air lembah, tentu sesuaikan juga budget anda ya sob mozafir.

5. Spot foto indah di lembah harau

Mulailah setiap langkah anda mulai dari saat transportasi untuk mengabadikan dengan foto atau video wisata anda. Infokan ke website atau social media, seperti facebook, instagram, dll.

Banyak spot instagrammable di lembah harau, sangat pas kaum millenial…jangan lupa di lokasi juga da musholla, manfaatkanlah itu untuk sholat mengagumi ciptaan Tuhan yang luar biasa.

6. Kota Terdekat dari Lembah Harau

Kota payakumbuh adalah kota terdekat dari lembah harau. Lokasi lembah harau berjarak sekitar 18 km dari kota payakumbuh, wisatawan bisa menggunakan jalur transportasi darat untuk menuju lembah Harau. Jika menggunakan sewa mobil biaya yang dapat Anda keluarkan kisaran Rp 400.000.

Telah di sediakan tempat camping, penginapan, musholla, dan toilet untuk kebutuhan para wisatawan, kebersihan temapat tersebut akan tetap bersih apabila pedagang atau pengunjung yg datang tetap menjaga sampahnya masing-masing agar tempat wisata tersebut tidak tercemar dengan banyaknya sampah yg berserakan.

Selain itu pengunjung juga bisa menemukan beberapa warung dengan harga yg terjangkau untuk tempat makan dan minun sembari menghilangkan penat setelah mengexsplore menikmati keindahan pesona lembah harau yg dingin dan sejuk.  Bicara soal makanan, kebanyakan pedagang yg berjualan di sana rata-rata orang muslim penduduk asli sumbar dan makanan atau minuman yg di jual sudah pasti halal dong.

7. Harga Tiket Wisata Lembah Harau

Pengunjung yang datang ke obyek wisata akan dikenakan tarif tiket sebesar Rp 3.000/orang untuk anak-anak. Untuk orang dewasa Rp 5.000/orang. Sedangkan untuk jam operasionalnya, buka dari jam 09.00 hingga jam 20.00.

8. Harga penginapan di lokasi wisata Lembah Harau

Berbagai macam harga penginapan / homestay yg ada di lembah harau mulai dari harga Rp 50.000 per kamar hingga mencapai harga Rp 2.000.000 an lebih per kamar.

Respon masyarakat sekitar di lembah harau selama ini positif karna tempat mereka menjadi suatu ikon yg dapat menarik perhatian orang banyak baik masyarakat daerah sekitar, pelancong dari luar daerah maupun luar negri.

Wisata tersebut cocok untuk kalangan manapun baik itu orang dewasa atau anak-anak sekali pun, karna objek tersebut berada di daerah sumatra barat jadi para pemandu objek atau pengurus menggunakan bahasa minang mix indonesia yg mana masih dapat di menggerti bagi pelancong yg datang berkunjung.

9. Lembah Harau, Indahnya Tiada dua – Bikin Pingin Balik Lagi…

Tiap harinya selalu ada saja pelancong yg berkunjung, puncaknya tempat wisata tersebut banyak pengunjung saat weekand tiba, karna para pengunjung hendak merefleksikan sejenak semua beban fikiran yg tiap harinya bekerja maupun sekolah.

Sembari berjalannya waktu, semakin hari lembah harau di hiasi tambahan wahana agar pengunjung dapat menikmati berbagai macam objek yg di sediakan. Penambahan objek baru tersebut atas dukungan pemerintah daerah agar destinasi semakin menarik perhatian pelancong yg berkunjung kesana.

Destinasi lembah harau tersebut menjadi salah satu tempat yg saya sarankan bagi pelancong untuk memanjakan mata sejenak melihat keindahan lembah tersebut dan layak di nobatkan sebagai destinasi wisata halal di Sumbar.

Dan yg terakhir, puji syukur kepada allah yg mana kita hamba-hamba nya di beri kenikmatan untuk melihat pemandangan alam yg sangat luar biasanya dan tak henti-henti nya memanjatkan puji syukur atas nikmat yg di berinya kepada kita semua para ummat manusia. Seperti halnya dalil yg berbunyi {“fa bi`ayyi ālā`i rabbikumā tukażżibān“ yg artinya: Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? } (Q.s ar-rahman)

Sekian. Terima kasih

Tittle: Wisata Lembah Harau  Payakumbuh Sumatera Barat
Shared by Shofiya H. dan editing admin mozafir.com

Add a Comment

Your email address will not be published.