Air terjun Sigala – gala: Wisata Indah di Madina

Wisata air terjun Sigala-gala lokasinya di Desa Pagaran Sigala-gala, Panyabungan Selatan, Mandailing Natal (Madina ), Sumatera Utara di renovasi tahun 2017.

Air terjun Sigala-gala jelas cantik berfoto-foto dan juga bisa mandi di arus airnya yang tenang dan sangat jernih. Inilah cerita saya…. baca terus ya

Tempat wisata ini tidak jauh dari rumah saya, cuma beda satu kampung dari rumah . Tapi saya jarang ke sana karena agak jauh kedalam untuk mencapai tempat wisata nya hehehe  dan saya agak pemalas keluar rumah orangnya. Untuk menuju kesana hanya menggunakan kereta saja karena sangat suram bila menggunakan mobil dan tidak memungkinkan karena perbukitan yang akan di tempuh.

Air terjun dengan ketinggian 40 meter, sangatlah memanjakan mata yang melihatnya. Selain air terjun yang indah , disekelingginya masih diselimuti hutan yang masih alami seolah tanpa sentuhan tangan manusia. Di setiap perjalanan ke tempat wisata dikelilingi oleh sawah dan perkebunan warga sekitar.

Dan dalam perjalanan ke tempat wisata ada 2 sport pemberhentian yaitu parkiran dan pemberian karcis .

Biaya Tiket Masuk Wisata Air terjun Sigala – gala

Harga karcis yang ditawarkan yaitu Rp. 5ribu per kepala dan harga memarkirkan kendaraan kerata Rp.3 ribu. Diperkirakan hanya Rp.10 ribu sudah bisa puas berwisata.

Dulu awal dibuka tempat wisatanya setiap jalan menuju air terjun masih tanah tetapi lambat laun banyak yang datang ke sana ada kebijakan dari pemerintah memperbaiki jalan tersebut.

Dari narasumber  Kepala Desa Pagaran Sigala-gala yaitu Sadat, pembangunan jalan ke objek wisara Sigala-gala bertujuan untuk pengembangan infrastruktur ke lokasi wisata tersebut, sehingga lebih mudah dijangkau oleh para pengunjung dan diperkirakan pengunjung air terjun bisa mencapai 500-700 rang perminggu.

Akses ke Lokasi Air terjun Sigala – gala

Wisata Air terjun Sigala – gala Madina
Wisata Air terjun Sigala – gala Madina

Akses ke tempat wisata nya dengan menggunakan kereta karena tempat wisata nya jarak dari desa ke lokasi air terjun sekitar 1,3 km, sampai saait ini jalan yang terealisasi sudah sepanjang 700 meter, untuk tahun 2020 ini kita akan bangun sepanjang 1 kilometer. Sadat ingin memajukan desa yang ditempatinya,dimana sarana dan prasarana ke air terjun Sigala-gala agar segera rampung.

Dan semakin banyak peminat agar banyak pemasukan atau pendapatan terhadap desa Pagaran Sigala-gala. Objek wisata ini pernah di tutup karena banyak dari pengunjung melakukan hal yang tidak sewajarnya di sana. Tetapi lambat laun dibuka lagi dan sangat ketat penjagaan nya.

Sekian informasi singkat saya tentang Air terjun Sigala – gala: Wisata Indah di Madina – Mandailing Natal ..Salam mozafir, shared by Khoirunnisa

Add a Comment

Your email address will not be published.