Wisata ke Pulau Banyak, Aceh Singkil

Traveling ke pulau banyak

Wisata ke Pulau Banyak, Aceh Singkil – Di tanggal 31 Januari 2020, bertepatan dengan waktu libur semester lalu, saya beserta sepupu dan juga teman saya, kami diajak oleh kakak sepupu saya namanya kak Ima, kami berjumlah enam orang pergi berlibur ke pulau banyak, salah satu destinasi wisata di Aceh Singkil, Provinsi Nangro Aceh Darussalam, nama pulaunya adalah Pulau Banyak.

Pulau banyak ini adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari banyak pulau-pulau besar dan kecil yang letaknya di sebelah barat pulau Sumatra.

Wisata pulau banyak ini banyak dikunjungi dari berbagai wisatawan mulai dari wisatawan lokal dalam maupun luar daerah sampai wisatawan Asing. Dan pastinya ada pemandu wisata untuk membantu para wisatawan yang membutuhkan.

Menuju Pelabuhan Aceh Singkil

Menuju kepulau banyak ada dua jalan yang harus kami tempuh, pertama jalur darat dan kedua jalur laut. Untuk perjalanan jalur darat jaraknya dari rumah saya ke pelabuhan kapal di Singkil itu sekitar kurang lebih 3 jam dan kami menggunakan tranfortasi travel, biaya untuk transfortasinya sebesar Rp 250.000 karena kami perginya berenam jadi untuk perorang biayanya sebesar RP 42.000 kurang lebih, itupun karena kami perginya di hari biasa bukan pada pada hari libur, tapi kalau dihari libur biayanya mungkin bisa bertambah jadi RP300.000 dibagi berenam jadinya perorang Rp 50.000.

Kemudian untuk perjalanan kedua itu penyebrangan jalur laut dari pelabuhan di singkil menuju pulau banyak yang pelabuhannya berada di pulau Balai menggunakan kapal feri, kapal untuk penyembrangan ada di hari rabu, jumat dan minggu, perjalanan sekitar 4 jam lebih.

Biaya Tiket Naik Kapal Feri ke Pulau Balai

Pulau balai adalah ibu kota kecamatan kepulauan banyak, dan biasanya kapal feri dan kapal nelayan tradisional tujuan utamanya ke pulau ini. Untuk harga tikek kapal feri untuk Pelajar biayanya sebesar Rp 25.000 dan biaya barang bawaan sebesar Rp 3000 totalnya Rp 28.000. Jadi kurang lebihnya perjalanan menuju Pulau Banyak dari rumah saya sekitar tujuh jam perjalanan.

Akirnya kami sampai dipulau banyak dipelabuhan pulau Balai jam 18 : 48 wib, setibanya kami di sana kami dikabri dari pihak tempat kami menginap kemudian kami disusul, karna kami ada banyak agar tidak merepotkan jadi berjalan kaki ke penginapan yang ternyata jaraknya lumayan pegal. Kami menginap dipenginapan milik keluarga dari teman kami yang berada di pulau balai nama penginapannya adalah penginapan putri.

Sedikit saran untuk yang hoby ngemil, jadi bawa cemilan makanan dan minuman ringan atau istilahnya jajanan dari rumah atau beli diperjalan saja sebelum menyebrang untuk dikapal atau untuk dipulau nanti, di dalam kapal memang tersedia makanan dan minuman ringan dan dipulau juga pastinya ada tapi harganya bisa lebih mahal dua kali lipat dari harga biasa karna ini dipulau jadi biar gak heran dan sekaligus hitung-hitung menghemat biaya. Tapi untuk biaya makan harganya enggak mahal dan masi terjangkau jadi tidak perlu khawatir.

Setelah kami sampai dipenginapan, kami mandi, shalat dan kami keluar untuk makan malam sekaligus jalan-jalan melihat tempat sekitar setelah itu kami balik ke penginapan, karena yang punya penginapan keluarganya teman kami jadi kami singgah sebentar kerumahnya menyapa dan bebincang sekligus bicara masalah biduk, setelah itu kami kembali ke kamar dan istirahat.

Biaya Penginapan di Pulau Balai

Untuk biaya penginapan satu malam itu sebesar Rp 250.000 dua malam Rp 500.000, kami menyewa dua kamar, biaya ini hanya untuk sewa kamar saja. Pasilitas kamar yang kami sewa itu ada AC, ada TV, ada dispencer, kamar mandi didalam dan pastinya ada tempat tidur, kamarnya juga lumayan, tapi kalau mau yang lebih murah dari itu juga ada kamar yang memang pasilitasnya seadanya dan untuk kamar mandinya menggunakan kamar mandi umum.

Penginapannya sederhana dan juga bersih untuk pasilitasnya selain kamar ada kamar mandi umum, ada tempat untuk kita kumpul rame-rame, tempat shalat, dipenginapan juga ada rumah makannya jadi untuk yang gak mau ribet atau malas keluar kita bisa pesan makan disini, tapi kita juga ditanyak sama pemilik penginapan mau makan disini atau tidak agar makanan disiapkan tapi kita enggak bisa milih tergantung sama pemilik penginapan, tenang aja makanannya enggak aneh-aneh kok dan rasanya juga lumayan. Untuk biaya sekali makan dipenginapan perorang itu harganya sekitar Rp20.000 jadi untuk tiga kali makan Rp 60.000 perorangnya, bisa dibayar langsung setelah makan.

Di sana penduduk yang bermukim ada banyak, mayoritas penduduk disana beragama Islam, tentunya ada masjid dan mushalah jadi untuk kita yang beragama Islam gak susah ketika berlibur ibadah kita tetap bisa berjalan lancar, ada beberapa penginapan yang bisa kita pilih, ada beberapa rumah makan, ada banyak penjual kedai atau toko untuk membeli kebutuhan kita, penduduknya juga ramah-ramah kalau mau cari sesuatu atau mau ketempat yang kita enggak tau jalannya kita bisa tanya langsung penduduk sekitar atau mungkin lebih mudahnya tanyak ke pemilik penginapan, ada puskesmas dan lain sebagainya, disana juga aman tapi kita juga tetap harus waspada dan juga jaga sopan santun karna kita orang pendatang jadi gak boleh sembarangan. Juga ada beberapa toko oleh-oleh yang bisa kita bawa pulang kerumah sebagai cendra mata.

Fasilitas Wisata di Pulau Balai, Kepulauan Banyak

Fasilitas wisata di pulau banyak, kita bisa main keberapa pulau yang ingin kita lihat dengan meyewa biduk, dan untuk biduk kia bisa tanya langsung pemilik kepenginapan untuk penyewaannya, untuk perjalanan tiga pulau biaya sewa biduknya seharga kurang lebih Rp 800.000 ini udah termasuk biaya masuk kepulau biduknya juga besar muat untuk 9-10 orang penumpang. Disana kita bisa main banana boat dan donat boat, untuk biayanya banana boat perorang Rp 25.000, nyelam permukaan (snorkelling) biayanya perorang Rp 40.000, nyelam dalam air (diving), berselancar (surfing), menjelajah pulau atau adventure dan pastinya menyaksikan keindahan sunrise dan sunset.

Sebelumnya kami udah nyewa biduk untuk perjalanan tiga pulau, di hari sabtu setelah makan pagi kami berangkat, karena ditiga pulau tidak ada rumah makan untuk makan siang jadi kita bawa makan atau nasi bungkus dan air minum sebelum pergi, kita bisa pesan di tempat kita nginap atau beli ditempat lain, sekalian jangan lupa abang yang bawak biduknya dikasi makan juga, dan sarannya, kan kita pastinya main air, biasanya kalo main air itu bawaannya lapar jadi beli nasinya dilebihin tapi jangan berlebihan nanti mubazir. Dan jangan lupa pake sunblock atau suncream supaya kulitnya gak kebakar mata hari.

Traveling ke Pulau Palambak

keindahan pulau palambak di pulau banyak aceh singkil

Pulau pertama yang kami kunjungi namanya pulau palambak, perjalannya 1 jam lebih dari pulau balai, pantainya yang indah dan lautnya yang berwarna biru cerah pasirnya yang putih dan bersih, Masya Allah  ini czntik banget, rasa capek selama perjalan terbayarkan apa lagi waktu lihat air laut nya gak sabar pengen nyebur tapi karena masi pagi dan ada dua pulau yang belum kami kunjungi, jadi kami cuma main dipinggir aja, disini jugak ada penduduknya jadi gak perlu takut, dan ada tempat kayak podok-pondok kecil untuk kita beristirahat.

Disini kami gak terlalu lama kurang dari satu jam, mungkin karena bukan hari libur jadi pengunjungnya gak banyak. Setelah itu kami pindah kepulau selanjutnya.

Traveling ke Pulau Rangit

foto yang saya ambil dari atas puncak menara mercusuar di pulau rangit

Kemudian pulau kedua yang kami kunjungi namanya pulau rangit, jaraknya sekitar setengah jam dari pulau palambak, disini gak ada penduduknya hanya ada pulau depenuhi dengan tumbuhan pepohonan dan menara mercusuar, dan lagi Masya Allah disini juga gak kalah cantiknya dari pulau palambak, laut yang berwarna biru pasir yang berna putih dan bersih, ada beberapa pulau kecil di sekitarnya, untuk melihat keindah dua kali lipat kita harus sampai diatas puncak mercusuar, tanpa pikir panjang kami langsung naik sampai kepuncak melewati banyak anak tangga secara memutar, hati-hati ketika naik dan turun tangga karena ukuran pijakan anak tangga yang kecil dan agak tinggi kalau gak hati-hati ini bahaya apa lagi kalau sebelumnya hujan anak tangga jadi licin.

berfotodi depan menara mercusuar di pulau rangit

Tentunya ini tu pasti capek banget tapi ketika udah sampai diatas dan melihat pemandangan yang begitu indah dari atas sejauh mata memandang, walaupun sangat capek ketika melihat keindahan pemandangan yang ada semua rasa capek dan lelahmu hilang terbayarkan.

Traveling ke Pulau Panjang

keindahan pulau panjang

Setelah rasa capek kami hilang, kami turun dan kembali ke biduk kemudian kami lanjut ke pulau yang ketiga yaitu pulau yang terakir namanya pulau panjang, ini gak jauh dari pulau balai tempat kami menginap, Masya Allah disini juga gak kalah cantik dari dua pulau sebelumnya, ada banyak tempat untuk kita bersantai dan istirahat, ada tempat buat kita shalat, ada kamar mandi umumnya, ada penduduk yang tinggal,

disini juga ada penginapan untuk yang ingin menginap dipulau panjang, tapi harus hati-hati jangan sembarangan masuk karena penginapannya ada anjing galak yang jaga dan ada tanda batas peringatan kalo ngelewatin tanda batas kita bisa dikejar sama anjing seperti yang di alami sepupu dan teman saya mereka berdua enggak sadar melewati tanda batas dan akirnya dikejar-kejar sama anjing penjaganya, ternyata sampai batas anjingnya berhenti dan kembali Alhamdulillah mereka berdua selamat.

Setelah itu kami makan siang jangan lupa abang biduknya di ajak makan juga. Dan disini juga ada yang berjualan makanan dan minuman tapi jangan heran kalau harga nya lebih mahal dua kali lipat dari harga biasa karna kita dipulau.

Karena masuk waktu siang matahari mulai terik sambil menunggu kami istirahat dan bersantai, kalau bukan karena terik matahari yang panas dan air laut yang asin kami pasti gak sabar untuk nyebur karena warna lautnya sangat memikat. Setelah matahari mulai reda dari teriknya akirnya kami mandi dan snorkelling, awalnya saya gak berani dan gak mau ikut snorkelling karna saya gak pandai berenang dan ini pertama kalinya saya berenang langsung dilaut jadi sedikit ada rasa takut, tapi karena terus diajakin sama yang lain dan udah terlanjur bayar akirnya saya mau ikut.

Dan MasyaAllah ternyata ketika snorkelling sumpah ini pemandangan dalam laut yang cantik banget bisa lihat trumbu karang, ikan-ikan hias laut yang banyak macamnya juga ada bintang laut dan makhluk laut lainnya walaupun masi dipermukaan tapi ini udah secantik dan seindah itu kalian pasti gak akan mau keluar dan gak akan puas rasanya kalau cuma sebentar dan pastinya saya akan sangat meyesal kalau gak ikut snorkelling, kita udah di laut tapi gak lihat isi laut gak lengkap dong jadinya. Tapi gak perlu takut karena kita manggunakan pelampung, snorkel dan pastinya dipandu dan dijagain sama abang biduk kita. Dan ada penjaga pantainya jadi kita tetap di awasi.

Setelah berjam-jam snorkelling kami lanjut main wahana banana boat ini seru banget dan menegangkan setelah dua kali putaran kami akirnya dijatuhkan Alhamdulillah dijatuhin dipinggir enggak ditengah laut. Hari mulai sore kami berpindah tempat kebelakang pulau menyaksikan keindahan sunset, ini yang enggak boleh dilewatkan sembari menunggu mata hari tenggelam kami bermain dan bersantai dan berjemur di pasir pantai akirnya sunset pun tiba, setelah menyaksikan keindahan sunset sampai habis kamipun lanjut pulang kembali ke pulau balai ditempat kami menginap.

Di bawah ini foto yang saya ambil pada saat di pulau panjang.

Jangan lupa bawa kembali barang yang kalian bawa jangan sampai ketinggalan. Setelah sampai pun jangan lupa barang yang ada dibiduk jangan sampai ketinggalan. Intinya jaga barang bawaan anda.

Setelah kami sampai di penginapan, kami mandi, bersih-bersih, beres-beres, melakukan kegiatan lainnya, makan malam setelah itu barulah kami beristirahat dari rasa lelah sehabis bermain dan berkunjung kebeberapa pulau sekaligus. Dan besoknya dihari minggu selesai mengemas semua barang bawaan kami kami pamit kemilik penginapan untuk kembali pulang, setelah memesan tiket di jam 2 siang kami berangkat menyebrang menggunakan kapal feri, selama lebih 4 jam perjalan yang panjang kami pun sampai di pelabuhan Singkil. Alhamdulillah selama kami berlibur cuaca harinya bagus jadi tak ada kendala selama kami berlibur dan juga diperjalanan kami, dan kami sampai ketujuan dengan selamat.

Untuk perjalanan selanjutnya tak jauh dari pelabuhan ada beberapa loket transfortasi yang bisa kita pilih untuk perjalanan pulang kerumah, ada mobil travel dan ada tranfortasi lainnya, kami pulang menggunakan mobil travel, dan biayanya masi sama dengan harga diawal berangkat yaitu sebesar Rp 250.000 untuk 6 orang.

Dan ingat ketika sampai dipelabuhan ada banyak orang yang akan menanyakan tujuan kita pulang dan mengaku sebagai supir transfortasi untuk mengantar kita ketujuan, tolong untuk jangan sampai langsung percaya kalau bisa ditinggalkan secepatnya untuk menghindari dari penipuan, kalau memang belum ada transfortasi untuk pulang lebih baik langsung ke loket agar kita lebih aman.

Ini adalah salah satu pengalam liburan yang tak akan terlupakan bagi saya, mulai dari keberangkatan sampai kami pulang semua ada kisah dan ceritanya yang akan selalu diingat. Dilain waktu ada rezeki dan umur yang panjang saya pribadi ingin datang lagi ke pulau banyak karena masi ada banyak tempat yang belum kami kunjungi dan jelajahi.

Demikian cerita perjalalanan saya Wisata ke Pulau Banyak, Aceh Singkil… salam mozafir. shared by Chaliza M.

Written by

Assalamualaikum...Anda memiliki info wisata daerah, cafe, restoran, hotel, penginapan, dll yang ingin di kenalkan pada dunia, boleh share kepada kami untuk di publikasikan. Mozafir managed by travel blogger (halal traveller).