Ziarah Makam Syekh Burhanuddin Pariaman, Wisata Religius Pengingat Kematian

Wisata religi pengingat kematian berkunjung ke makam Syekh Burhanuddin namun sebelum itu ada baiknya kita mengenal profil Syekh Burhanuddin terlebih dahulu.

Makam Syekh Burhanuddin di Pariaman – image by mudawar googlemaps

Profil Singkat Syekh Burhanuddin

Syekh Burhanuddin adalah seorang ulama yang berpengaruh di daerah Minangkabau penyebar Islam di Kerajaan Pagaruyung. Dia dikenal sebagai ulama sufi pengamal Tarekat Shatariyah yang melawan penjajahan VOC.

Lokasi Makam Syekh Burhanuddin Pariaman
Berada di Ulakan Tapakis
Pada Pariaman
Sumatera Barat

Ulama besar yang bernama asli Pono ini lahir di Pariaman. Ayahnya Pampak Sati Karimun Merah bersuku Koto dan Ibunya Cukuik Bilang Pandai bersuku Guci.

Kehidupan sehari hari si Pono kecil tidak ubahnya seperti anak seusianya yang selalu bejajar dan bermain namun ada kekhususan yang setiap malam diajarkan ayahnya yaitu ilmu kebatinan dan pencak silat.

Waktunya banyak dia habiskan di bukit untuk merenung sambil menggembala kerbau dari penggembalaan ini dia mendapat teman akrab bernama Idris.

Sehingga suatu ketika saat menggembala, harimau mengintai untuk memangsanya namun berbekal pelajaran beladiri dari ayahnya si Pono bisa mengusir binatang buas tersebut.

Namun malang baginya urat kakinya putus terkena kuku harimau tersebut. Sehingga akibat peristiwa itu dia menjadi pincang.

Kemudian Pono mendapat kabar ada guru agama di negeri rantau pesisir Minangkabau yaitu seorang ulama dari Mekkah yang terkenal dengan sebutan Tuanku Madinah.

Cerita ini menarik minat Pono maka diutarakanlah niat tersebut pada ayahnya untuk belajar Agama Islam di Tapakis pada Tuanku Madinah.

Melihat semangat anak kesayangannya dan hiba membayangkan anaknya yang selalu diperolok-olok kan temannya karena pincang maka niat tersebut dikabulkan oleh ayahnya untuk pindah sekaligus membuka lapangan usaha di daerah baru.

Ramainya Pengunjung Ziarah ke Makam Syekh Burhanuddin

foto pengunjung Ziarah ke Makam Syekh Burhanuddin Pariaman –  image by antaranews


Makam Syekh Burhanuddin ini dibangun didekat surau gadang syekh burhanuddin di ulakan, kabupaten padang pariaman, Sumatera Barat.

Atas jasa dan perjuangan menyebarkan islam di Sumatera Barat, hingga saat ini makam Syekh Burhanuddin mendapat perhatian besar dari para peziarah terutama oleh para jama’ah Tarekat Shatariyah.

Tarekat Shatariyah adalah aliran Tarekat yang pertama kali muncul di India pada abad ke 15.
Tarekat ini dinishabkan pada tokoh yang mempopulerkan dan berjasa mengembangkannya.

Di makam Syekh Burhanuddin terdapat beberapa lokasi, yaitu musholla, pagar, makam, lokasi kuliner, tempat pemukiman, kantor wali nagari, dan sekolah dasar.

Sekian artikel saya ini, apabila ada kekurangan mohon dimaafkan. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan ayo buruan kunjungi wisata halal salah satunya wisata tokoh islam berkunjung ke Makam Syekh Burhanuddin senantiasa mengingatkan kita akan perjuangannya dan semakin ingat diri kita ini bahwa kita juga akan mati.

Salam mozafir…shared by Aulia R.N.

Add a Comment

Your email address will not be published.