3 Tempat Wisata sekitar Danau Toba Yang bisa kamu Jajal

Selain pulau samosir, ini destinasi wisata sekitar danau toba yang bisa kamu datangi saat berkunjung ke parapat di antaranya pasar wisata danau, pasar tomok, dan museum silalahi.

Profil Danau Toba

Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara ini tepatnya merupakan salah satu danau vulkanik terindah yang dimiliki negara Indonesia, disebut danau vulkanik karena danau ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik gunung berapi yang termasuk super Vulcan, yaitu Gunung toba yang terletak di Provinsi Sumatera Utara.

Karena letusan Gunung Toba yang sangat besar yang bahkan erupsinya sampai di Amerika ini, beberapa peneliti mancanegara melakukan penelitian mengenai penyebab yang mengakibatkan Danau Toba terbentuk.

Terbentuknya kaldera besar yang terisi air yang sekarang dikenal dengan Danau Toba dan tekanan keatas oleh magma yang belum keluar menyebabkan terbentuknya sebuah pulau ditengah danau yang dikenal dengan Pulau Samosir.

Pulau Samosir memiliki dua danau kecil yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pulau Samosir yang luas kurang lebih hampir sama dengan luasnya Singapura.

Pengalaman wisata ke Danau Toba dari Medan

Saya pergi ke Danau Toba bersama keluarga saya, memang kami sering sekali tiap liburan Danau Toba menjadi salah satu tujuan wisata kami, karena disana banyak tempat wisata yang bisa di datangi selain itupun suhu yang lebih dingin karena jauh dari polusi kota juga menjadi salah satu penyebab banyaknya wisatawan yang memilih berlibur ke Danau Toba.

Bahkan ketika disana bukan hanya wisatawan nusantara  saja yang berkunjung untuk berlibur juga wisatawan mancanegara pun menjadikan Danau Toba menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi.

Pada saat itu saya dan keluarga saya menginap di suatu penginapan yang permalam harganya cukup murah dan di penginapan itu sendiri pemandangan danau tobanya dapat dilihat, beserta langit yang menjadi perpaduan yang indah, apalagi menjelang pagi dengan udara yang segar dan melihat pemandangan matahari yang mulai muncul menambah keindahan alam.

Pemandangan sore-pun tak kalah indahnya dengan langit yang berwarna jingga, sedikit menambah kehangatan di sore hari dengan suhu yang dingin biasanya.

Saya dan keluarga berpelisir menggunakan kapal peyeberangan yang sudah tersedia untuk menuju Tomok, banyak juga wisatawan menggunakan itu untuk menyebrang baik kapal yang untuk pengendara mobil, sepeda motor. Karena banyaknya yang menggunakan kendaraan dan kapal penyebrangan belum cukup banyak, para wisatawan harus mengantri untuk dapat giliran kendaraan yang dibawa untuk masuk ke kapal.

Belanja oleh-oleh Khas Danau Toba di Pasar Tomok

Di Tomok ditempat itu sendiri banyak yang berjualan hal bermacam-macam, seperti baju khas danau toba, gelang ukiran, tas dari bambu maupun tas sulam, sepatu kayu dan banyak lainnya, yang memiliki khas tersendiri.

Jadi karena itu biasanya disitu tempat para wisatawan untuk membeli oleh-oleh atau kenang-kenangan untuk kerabat. Bahkan saya juga banyak melihat wisatawan mancanegara yang berkeliling disekitar Tomok untuk membeli atau berkeliling sekedar melihat-lihat.

Berkunjung ke Museum T. B Silalahi Center Sumatera Utara

Berkunjung ke Museum T. B Silalahi Center di sekitar Danau Toba
Museum T.B Silalahi terletak di Pagar Batu, Balige, Kabupaten Toba Samosir – Karena cuaca saat itu cukup cerah tempat selanjutnya yang saya dan keluarga saya kunjungi yaitu museum TB Silalahi. 

Nama TB Silalahi dikenal sebagai mantan menteri di pemerintahan Indonesia, dan juga seorang Jenderal.

Pertama kali masuk dalam gerbang, terdapat patung seorang anak kecil duduk diatas kerbau, yang menggambarkan kehidupan masa kecil TB Silalahi sebagai pengembala kerbau. Selain itu, juga ada patung TB Silalahi berseragam militer, juga ada helicopter dan tank.

Dan ketika masuk dalam museumnya, saya dapati panel-panel yang menceritakan sejarah hidup TB Silalahi, memasuki lebih dalam ke museumnya saya dapati juga banyaknya lemari kaca yang didalamnya berisi benda-benda milik TB Silalahi seperti seragam, pangkat-pangkat kemiliteran, senjata api, ijazah, juga kendaraannya seperti mobil, sepeda, dan motor.

Masih di dalam museum tetapi di sisi lainnya saya dapati jugak patung patung yang berdiri di dalam lemari kaca, ada patung yang menggunakan pakaian tradisional Batak dan seragam militer. Terdapat juga ruang kerja TB Silalahi ketika menjabat sebagai menteri.

Di dalam museum TB Silalahi tepatnya dilantai atas saya juga dapat melihat pemandangan hijau yang terlihat di bawah.

Potret pemandangan yang dapat saya foto di sekitar museum TB Silalahi.

foto lokasi wisata sekitar danau toba

Selain itu pun sebelum pulang, kami sempatkan ke kebun jeruk. Di kebun jeruk itu kami memetiknya sendiri untuk mendapatkan beberapa jeruk, setelah sudah mendapatkan beberapa jeruk kami beri ke penjual untuk di timbang, berapa total harga semua harga jeruk yang kami ambil untuk dibayar.

Terima kasih sekian dari pengalaman saya ketika berlibur ke Danau Toba dan tempat wisata di sekitarannya. Semoga dengan pengalaman yang saya ceritakan, lebih kurangnya dapat menambah wawasan para peminat wisatawan, maupun pembaca. Dan juga dapat menjadikan Danau Toba sebagai list tempat favorit berwisata yang ingin anda kunjungi.

Hikmah perjalanan : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumu, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharal kami dari siksa neraka.” [QS. Ali-Imran/03: 190-191]

Tittle : Wisata Danau Toba Pulau Samosir Sumatera Utara, Alamnya Kebangetan
Shared by Silvia A.N

Add a Comment

Your email address will not be published.